Sponsors Link

13 Cara Melihat Karakter Seseorang Menurut Psikologi

Sponsors Link

Dalam kehidupan sehari hari mungkin kita senantiasa berusaha untuk memahami karakter diri sendiri sebagai usaha untuk perbaikan diri dan mencari tahu apa saja yang kurang atau harus ditingkatkan, namun ada kalanya kita juga perlu untuk mempelajari karakter orang lain sebab hal itu akan dibutuhkan karena sepanjang hari kita membutuhkan untuk berinteraksi dengan orang lain.

ads

Dalam kehidupan sosial seperti di lingkungan sekolah, masyarakat, dan lingkungan pekerjaan pun kita harus bisa memahami karakter orang lain sehingga dapat memberikan tanggapan atau respon yang tepat dan dapat meminimalisir masalah, caranya tentu dapat diketahui secara psikologi selengkapnya dalam artikel berikut, 13 cara melihat karakter seseorang menurut psikologi.

1. Wajah

Setiap manusia tentu diciptakan unik dan memiliki wajah yang berbeda beda untuk mengekspresikan banyak cerita atau sesuatu hal, cara melihat karakter seseorang menurut psikologi dapat dilihat dari tampilan luar wajah orang tersebut sebab unsur unsur pada wajah ialah sesuatu yang membangun diri seseorang. (Baca juga mengenai tahapan perkembangan memori pada anak).

Misalnya ialah orang yang beralis tebal di ujung atau awalnya menandakan karakternya yang dapat memulai pekerjaan dengan baik atau orang yang memiliki alis tebal secara keseluruhan menandakan bahwa ia memiliki karakteristik yang selalu menilai segalanya dengan cara yang matang dan penuh dengan perhitungan untuk mencapai hal terbaik secara mendetail. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam dunia teologi).

2. Psikoanalisis

Ialah mengetahui karakter seseorang melalui sejumlah pertanyaan, tentu kita sering melihat kuis psikologi yang nantinya akan memberi kesimpulan mengenai karakteristik, begitulah salah satu cara melihat karakter seseorang menurut psikologi, psikoanalisis selalu diterapkan dalam lingkungan pekerjaan untuk mencari seseorang dengan karakter yang tepat sesuai dengan bidang pekerjaan yang dituju. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam ergonomi).

3. Kondisi Mental

Cara ini hampir sama dengan psikoanalisis yang juga dilakukan dengan cara memberi sejumlah pertanyaan, dari pertanyaan tersebut akan dilihat gambaran mental dari jawaban yang diberikan yang sesuai dengan responnya hingga bahasa tubuhnya dalam menjawab pertanyaan tersebut sehingga dari hal tersebut secara langsung dapat diketahui bagaimana karakteristiknya oleh penilai. (Baca juga mengenai peran metode kualitatif dalam analisis psikologi).

4. Tulisan Tangan

Cara melihat karakter seseorang menurut psikologi dapat dilihat dari tulisan tangan orang tersebut, sebab itu dalam dunia kerja umumnya diutamakan untuk melamar kerja dengan CV atau surat lamaran yang ditulis langsung sebab menjadi penilaian bagaimana karakteristik orang tersebut sehubungan dengan minatnya dan keseriusannya dalam pekerjaan. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam strategi pemasaran produk).

5. Tanda Tangan

Bentuk lain sebagai cara melihat karakteristik seseorang menurut psikologi juga dapat dilihat dari tanda tangan, yakni besar dan kecilnya, arti dari tanda tangan tersebut seperti berhubungan dengan namanya atau tidak, dan bentuk lain yakni garis, tanda bulat, dan sebagainya ialah gambaran atau cermin dari karakteristik orang yang membuatnya.

Sponsors Link

6. Psychodrawing

Diantara kita mungkin juga sudah pernah mengalami ketika melamar sebuah pekerjaan diminta untuk menggambar sesuatu, hal itu dikenal dengan psycho drawing yakni penilaian karakteristik seseorang berdasarkan bentuk yang ia buat, misalnya ialah ketika diminta untuk menggambar pohon sesuka hati, maka pohon yang digambar itulah yang menjadi cermin dari karakteristik seseorang.

7. Aura

Cara melihat aura ialah dengan meditasi, dari aura tersebut akan diketahui karakter seseorang, hal itu dapat dilakukan dengan cara mengfokuskan diri di hadapan cermin dan melihat garis terluar dari tubuh, awalnya akan terlihat putih transparan namun lama kelamaan akan berubah dan meluas menjadi warna yang dibedakan dan menjadi karakteristik dari orang tersebut.

ads

8. Jabat Tangan

Cara berjabat tangan juga bisa menjadi cara melihat karakteristik seseorang menurut psikologi, cara itu dilihat ketika bertemu dengan orang baru atau yang belum pernah dikenal sebelumnya. Orang yang lemah ketika berjabat tangan menandakan bahwa orang tersebut pemalu dan kurang suka menerima tantangan yang diberikan.

Begitu juga sebaliknya, orang yang berjabat tangan dengan kuat dan tegas disertai dengan ekspresi wajah yang sesuai ialah orang yang percaya diri, ekspresif, dan mampu menerimaa tekanan atau bersedia melakukan sesuatu di bawah tekanan, sebab itulah ada kalanya dalam wawancar kerja, pelamar diminta untuk berjabat tangan terlebih dahulu sebelum mengenalkan dirinya secara lebih lanjut.

9. Warna

Warna favorit juga menunjukkan karakter seseorang secara psikologi, misalnya penyuka warna biru ialah orang yang cenderung stabil dan sensitif serta kadang suka mencari perhatian orang lain. Sedangkan orang yang menyukai warna kuning ialah orang yang ceria dan memiliki karakteristik sebagai orang yang kreatif.

10. Waktu

Cara seseorang memperlakukan waktu ialah cara melihat karakteristik seseorang menurut psikologi, orang yang tepat waktu umumnya orang yang memiliki target kuat dalam hidup dan menghargai orang lain, sedangkan orang yang suka terlambat ialah orang yang memiliki karateristik suka meremehkan orang ain dan pemalas.

11. Perlakukan Terhadap Pelayan

Cara memperlakukan orang yang lebih rendah seperti pelayan dan karyawan jelas menjadi karakteristik dari seseorang, orang yang menghargai orang lain dan menghargai sebuah proses tentu akan bersikap baik pada siapa saja termasuk pada pelayannya atau pada karyawannya, sedangkan orang yang berkarakter sombong akan memperlakukan bawahannya dengan kalimat dan sikap yang negatif.

12. Cara Komunikasi

Orang yang dalam berkomunikasi sering membicarakan mengenai dirinya sendiri artinya orang tersebut berkarakter keras kepala, egois, dan susah berbagai. Sedangkan jika lebih sering membicarakan hal umum atau sedikit saja tentang diri sendiri artinya ia orang yang ramah, rendah hati, dan suka berbagi pada orang lain sebab ia tidak selalu berusaha menonjolkan dan mengunggulkan dirinya sendiri.

13. Respon

Cara melihat karakteristik seseorang menurut psikologi ialah dari respon ketika diajak berbicara atau ketika sedang berada dalam suatu perkumpulan, jika orang tersebut lebih banyak membiarkan atau tidak mendengarkan seperti terbiasa sering mengecek dan bermain handphone ketika ada pembicaraan serius atau ketika seseorang tengah berbicara dengannya maka dapat diambil kesimpulan bahwa ia memiliki karakteristik yang tidak menghargai orang lain dan susah diatur atau tidak berminat.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami oleh anda dan dapat menjadi wawasan yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbarui ilmu anda dengan membaca artikel artikel mengenai dunia psikologi di website kami. Terima kasih. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial