Sponsors Link

7 Contoh Percakapan Untuk Memulai Pembicaraan Dengan Orang Lain

Sponsors Link

Saat Anda bertemu dengan orang baru dikenal, tentunya merupakan satu hal yang menyenangkan. Bisa berjumpa kenalan baru, cerita baru dan pengalaman baru. Namun, jangan sampai Anda mengenal orang baru Anda terkesan ingin tahu atau banyak bicara. Nah, setiap perkenalan tentulah akan membawa kepada arah pembicaraan yang santai atau serius. Berikut kiat dan cara membaca karakter seseorang dengan tepat.

ads

Untuk itulah ada beberapa etika dan juga contoh percakapan untuk memulai pembicaraan dengan orang lain yang bisa Anda ketahui. Hal ini untuk menghindari adanya persepsi negatif mengenai Anda dan juga arah pembicaraan. Berikut contoh dan penjelasannya:

1. Mulailah Dengan Pembicaraan Yang Santai

Saat Anda bertemu dengan orang baru, seringnya dimulai dengan kalimat sapaan atau memberikan senyum. Umumnya memulai pembicaraan mengungkapkan kalimat santai dan ringan. Seperti hai, permisi, atau maaf. Hal itu yang sering diungkapkan, jika Anda ingin memulai pembicaraan, maka tanyakan mengenai kalimat sapa kemudian arahkan pembicaraan ringan seputar sekitar Anda. Contoh cara mudah adaptasi di sekolah baru untuk anak Anda.

2. Bertanya Mengenai Tujuan 

Berikutnya contoh percakapan untuk memulai pembicaraan dengan orang lain yaitu dengan menanyakan hal seputaran saat Anda bertemu. Jika Anda bertemu saat melakukan perjalanan, maka Anda bisa bertanya tujuan orang tersebut. Setelah itu perbincangan bisa diteruskan dengan obrolan seputar hal menarik seperti isu, tempat, dan sebagainya.

3. Ajukan Pembicaraan Dengan Nada Yang Ramah

Jika Anda ingin mengenal dan bersikap ramah dengan orang lain, maka utarakan pembicaraan dengan nada yang ramah dan sopan. Hal ini merupakan kesan pertama agar orang lain tertarik dan juga menghargai Anda sebagai orang yang ramah. Utarakan pertanyaan dengan kalimat yang umum, dan juga sopan. Dengan demikian Anda bisa membuat suasana jauh lebih rileks dan menyenangkan. Ketahuilah cara agar tidak overthinking menurut Psikologi.

4. Berikan Pujian Jika Mendengar Hal Yang Baik

Contoh percakapan untuk memulai pembicaraan dengan orang lain yaitu dengan memberikan pujian apabila orang tersebut melakukan hal baik atau bercerita mengenai kesuksessan. Dengan begitu Anda akan mengarahkan perbincangan ke arah yang lebih santai dan juga menyenangkan.

Baca juga :

5. Hindari Memancing Pembicaraan Mengenai Hal Pribadi

Satu hal yang harus dihindari saat melakukan perbincangan dengan orang baru dikenal yaitu membahas mengenai hal pribadi. Jangan sekali – kali Anda membuka kalimat pemancing, terkecuali orang tersebut yang memulainya. Karena tidak semua orang menyukai perbincangan masalah pribadinya di ungkap. Jadi Anda harus cukup peka untuk mengetahui gestur dan juga tipikal orang lain dari cara ia berbicara. Contoh bentuk terapi aktivitas kelompok untuk sosialisasi.

6. Carilah Topik Yang Menarik

Selanjutnya contoh percakapan untuk memulai pembicaraan dengan orang lain yaitu dengan memilih topik pembicaraan yang menarik. Contoh seperti dunia pendidikan, isu sosial, ekonomi ataukah pengetahuan. Hal ini justru akan membuat orang lain tertarik, selain menambah kenalan juga bisa menambah ilmu baru. Pilih topik yang Anda ketahui dan berbicaralah apa adanya agar tidak terkesan Anda memaksakan pembicaraan padahal Anda sendiri tidak tahu akan hal itu.

7. Berikan Kesan Jika Anda Orang Yang Welcoming

Kesan pertama merupakan hal penting saat Anda berkenalan dengan orang baru. Salah satunya dengan memberikan kesan jika Anda adalah orang yang terbuka atau welcoming. Berikan senyuman, dan sapaan yang sopan, dengan begitu orang lain akan menyukai Anda sebagai pribadi yang ramah. Boleh sedikit jaim, namun jangan berlebihan, jadilah orang yang apa adanya dan terkesan low profile. Simak bagaimana cara menghadapi kritikan dari orang lain.

Nah, dengan demikian Anda akan menjadi orang yang asyik di mata orang lain. Demikianlah contoh dan penjelasan mengenai contoh percakapan untuk memulai pembicaraan dengan orang lain. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,