Sponsors Link

12 Fungsi Psikologis Warna Dalam Psikologi

Sponsors Link

Di dalam kehidupan, kita mengenal beberapa elemen atau jenis warna yang memang cukup dominan dalam kehidupan sehari- hari kita, dan perlu kita ketahui juga jika setiap warna ternyata memiliki arti, makna dan juga fungsi dalam ilmu psikologis. Hal ini juga bisa dibuktikan dalam beberapa pengertian dari para ahli dimana menurut ilmu psikologi, warna juga bisa menentukan memiliki pengaruh makna dalam psikologis manusia dan menjelaskan mengenai karakter, sifat dan juga hal- hal yang berkaitan dengan kepribadian.

ads

Karena setiap individu tentu memiliki warna kesukaannya masing- masing. Pengaruh warna dalam psikologi anak juga memiliki banyak arti. Warna juga bisa menimbulkan berbagai persepsi dan juga emosi, dimana dalam warna- warna tersebut kita bisa menunjukkan adalah sebuah perasaan, cahaya, objek, mata dan juga otak yang di dalamnya terlibat dengan adanya sebuah persepsi yang cukup kompleks.

Salah satunya hal yang diuraikan oleh J.Linschoten dan Drs. Mansyur yang menyebutkan bahwa warna merupakan sebuah gejala yang bisa kita amati dengan mudah, dimana dalam hal ini juga bisa sangat mempengaruhi berbagai aspek kelakuan dan juga memiliki peranan yang sanagt penting.

Kita juga dengan mudah melihat warna- warna yang disukai oleh setiap individu dimana akan sangat mempengaruhi penilaian estetis dari suatu benda. Berikut fungsi psikologis warna dalam psikologi.

1. Warna merah

Warna merah merupakan salah satu jenis warna yang memiliki aura sangat kuat, dimana dalam warna ini terdapat sebuah gairah dan juga energi yang bisa membuat kita melaksanakan berbagai suatu tindakan.

Baca juga :

Khususnya dalam psikologi warna, dimana warna merah memiliki simbol dari adanya keberanian, energi dan juga kekuatan. Namun bisa berarti juga adanya sebuah tindakan dan langkah kegembiraan. Warna merah juga bisa menggambarkan warna yang hangat dan memiliki kekuasaan serta romansa.

2. Warna hijau

Anda penyuka warna hijau? Nah, warna yang satu ini merupakan salah satu jenis warna yang memiliki representatid dari alam. Dimana di dalamnya memiliki arti kesuburan, kedamaian dan juga kesegaran. Tidak hanya itu saja, warna hijau juga bisa dijadikan sebagai pertanda kebosanan, ambisi, kelemahan dan juga sebuah rasa terperangkap.

Namun sisi positif yang dimiliki jenis warna ini bisa menurunkan stress, dapat mendorong adanya rasa empati, dan juga dapat melambangkan sebagai sebuah penyembuhan. Selain itu warna ini juga bisa dijadikan sebagai warna yang membuat seseorang dalam keadaan tertekan menjadi lebih seimbang emosinya.

3. Oranye

Untuk jenis warna oranye ini sebenarnya bukanlah warna tunggal. Karena oranye merupakan perpaduan atau kombinasi dari warna kuning dan juga warna merah. Untuk fungsi dari warna ini bisa membuat kita lebih bersemangat dalam hal berpetualangan, memiliki sikap yang optimis dan juga lebih percaya diri. Warna ini juga merupakan pemberi efek yang hangat dan juga kuat.

Oranye juga memiliki sifat tenang dan hangat dalam sbeuah jalinnya hubungan. Apalagi untuk warna yang satu ini juga bisa diartikan sebagai sebuah keindahan dan juga nuansa seperti layaknya matahari terbenam, dan memiliki kualitas dari hidupnya sendiri. Orang-orang yang menggunakan warna oranye juga seringkali dikaitkan dengan sebuah  kenangan manis.

4. Warna kuning

Warna kuning merupakan salah satu jenis warna yang sangat cerah dan juga terang. Dimana fungsi dari warna ini bisa memberikan kesan ceria, hangat dan juga rasa bahagia serta optimis untuk si penyukanya. Nah, untuk anda yang suka menggunakan warna kuning untuk sebuah ruangan, ternyata warna ini sangat cocok dipakai untuk memberikan kesan nyaman bagi si penghuninya.


Baca juga :

Selain itu dapat merangsang aktivitas dan membuat otak mental menjadi lebih seimbang. Fungsi psikologis warna dalam psikologi, seperti warna kuning ini, ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan analisis seseorang.

Untuk mereka yang menyukai warna kuning juga bisa dikayakan memiliki sikap yang lebih bijaksana, kecerdasan dalam akademis yang baik, sifat yang kreatif dan juga sangat piawai dalam sebuah inovasi dan juga ide. Namun ada juga yang menyatakan bahwa warna ini memiliki resiko kecemasan yang cukup tinggi, rasa gelisah dan juga sulit konsisten.

5. Warna Biru

Para penyuka warna biru bisa dicirikan bahwa mereka memiliki sikap atau sifat yang sangat tenang. Dalam hal ini juga mereka mampu mengatasi adanya rasa insomnia dan juga tekanan darah tinggi serta migraine. Warna biru juga biasa disebut dengan corporate dalam sebuah bisnis dan biasanya digunakan untuk para perusahaan sebagai warna utama.

Hal ini juga bisa dikatakan bahwa dengan warna tersebut bisa lebih mengesankan adanya sebuah kepercayaan dan juga kesan yang professional, dimana terdapat symbol kekuatan yang baik. Untuk ilmu psikologi, warna ini memiliki rangsangan pikiran yang jernih dan meningkatkan konsentrasi dengan baik.

6. Warna hitam

Mereka yang menyukai warna hitam merupakan perlambangan dari keanggunan (elegance) kecanggihan (sopiscated) dan juga penuh misteri. Adanya warna hitam juga bisa dikatakan sebagai penemuan jati diri dan mencerminkan sikap keberanian yang dimiliki oleh orang- orang.

Selain itu makna warna hitam dalam simbiolisme psikologi, dimana penyuka warna hitam biasa dijadikan sebagai pusat perhatian dan memiliki ketenangan serta dominasi, keteguhan dan hati yang teguh. Penyika warna hitam juga terkesan lebih cuek dalam mengatasi segala macam hal.

7. Warna ungu

Warna yang satu ini memiliki makna sisi misterius. Dimana seringkali dipresentasikan sebagai sebuah warna yang dipersepsikan dengan adanya imajinasi, spiritual yang dianggap seringkali menarik perhatian. Kesan lain yang ditimbulkan dari warna ini adalah adanya ambisius dan juga kemewahan, namun penyuka warna ini juga memiliki sisi negatif yaitu lebih senang menyendiri.


Baca juga :

8. Warna coklat

Warna coklat merupakan jenis warna yang masuk dalam kategori netral. Dalam hal ini juga berhubungan dengan stabilitas dan juga kehangatan. Dimana untuk warna ini bisa disandingkan dengan warna hijau, dan dapat memberikan rasa nyaman dan juga keakraban dan rasa aman, namun penyuka warna ini bisa memiliki sisi negatif seperti pesimis, kolot dan tidak memiliki perasaan.

9. Warna putih

Warna putih selalu di ibaratkan dengan kesan suci, dimana warna ini dapat memberikan kesan rasa terbuka dan juga kebebasan. Namun sisi negtaif yang bisa di dapatkan adalah dapat menimbulkan mata menjadi lelah dan  juga sakit kepala.

10. Warna abu- abu

Untuk jenis warna yang satu ini merupakan percampuran antara warna hitam dan juga putih. Dimana warna abu- abu juga seringkali dibuat sebagai warna yang netral, dan memiliki makna kemandirian, kestabilan dan juga kesan seseorang yang memiliki tanggung jawab baik.

11. Warna merah muda

Warna merah muda atau pink merupakan percampuran antara warna putih dan juga merah. Kebanyakan para wanita memang lebih menyukai warna pink ini, dimana aura yang bisa ditampilkan adalah feminim, lemah lembut dan juga romansa.

12. Warna gold atau emas

Untuk warna emas memiliki fungsi sebagai pemberian prestasi dan juga kesuksesan. Dimana dalam psikologis warna, untuk penyuka warna emas ini melambangkan adanya sebuah kemakmuran, rasa kemenangan dan juga sesuatu yang berharga.

Itulah 12 fungsi psikologis warna dalam psikologi yang bisa mempengaruhi seseorang.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Warna