Sponsors Link

10 Pengertian Kepribadian dalam Psikologi Komunikasi

Sponsors Link

Kepribadian memiliki arti yang luas dan juga penting, terutama untuk seorang individu. Dimana pengertian kepribadian memang bisa diartikan dalam berbagai hal. Sedangkan untuk psikologi komunikasi sendiri cukup banyak membahas mengenai cara berkomunikasi manusia dengan diri sendiri atau dalam sebuah kelompok.

ads

Cabang dari psikologi sendiri ada banyak, mulai dari psikologi perkembanganpsikologi olahragapsikologi sosialpsikologi faalpsikologi forensikpsikologi industri dan organisasipsikologi pendidikanpsikologi eksperimen  dan psikologi lainnya.

Psikologi dan komunikasi merupakan bidang yang berkaitan satu sama lain, keduanya juga sama-sama melibatkan manusia. dimana Komunikasi merupakan kegiatan betukar informasi yang dilakukan manusia sedangkan psikologi membahas mengenai perilaku dan komunikasi secara keseluruhan.

Pengertian Kepribadian

Ada beberapa pengertian kepribadian jika berdasarkan pada pengertian psikologi komunikasi, apa saja ?

1. Menurut Gordon Allport

Gordon Allport,menjelaskan bahwa merumuskan kepribadian adalah sebuah organisasi yang bersifat dinamis dan juga tersistem yang ada dalam diri individu seseorang. Selain itu diri individu yang bisa menentukan karakteristik perilaku baik pikiran maupun perilakunya.

Gordon ingin menjelaskan bahwa elemen kepribadian bisa dikatakan cukup penting dalam individu. Kepribadianlah yang bisa menentukan banyak hal dan tidak aneh jika hal baik atau hal buruk bisa datang dari hal tersebut.

2. Alfred Adler

Selanjutnya adalah kepribadian dari sisi komunikasi, dimana manusia memang diciptakan sebagai makhluk yang hanya memikirkan diri sendiri. Menurut Teori ADler, invidualis merupakan pandangan yang penting dan juga sudah tertanam dalam manusia. Sehingga hal inilah yang menyulitkan manusia untuk tidak bisa berkomunikasi secara bebas dan dimana saja.

Rasa rendah diri, gaya hidup dan prinsip merupakan hal yang sering membuat banyak orang bermasalah. komunikasi ini yang membuat banyak orang menjadi bertengkar atau berselisih.


3. Karen Horney

Selanjutnya adalah pengertian kepribadian menurut Horney dimana ia populer sebagai seseorang ahli psikologi menyatakan bahwa kepribadian orang sangatlah menangis.

Menurutnya neurosis merupakan masalah kepribadian yang cukup berhubungan dengan kehidupan sehari-hari jelas termasuk cara komunikasi manusia juga. Dengan begitu ketika manusia menjalani hubungan juga mengalami masalah yang cukup mempengaruhi cara hidup dan kepribadian manusia tersebut.

Horney sendiri telah menemukan ada 10 bentuk kebutuhan orang neurotis yang berhubungan dengan kepribadian. Kebutuhan-kebutuhan tersebut antara lain adalah:

  • kebutuhan akan kekuasaan
  • kebutuhan akan memonopoli orang lain
  • kebutuhan menanggung hidup orang lain
  • kebutuhan akan prestise
  • dll

Baca juga:

4. Erich Fromm

Selanjutnya adalah manusia seringkali melarikan diri dari sebuah kebebasan yang menyebabkan manusia tidak bisa dipisahkan dari sebuah alam dan hubungan atau komunikasi dengan orang lain.

Seringkali beberapa orang berpikir semakin bebas mereka maka tidak akan kesepian dan mencapai kepuasan. Jika membicarakan hal tersebut maka berbeda konsepnya dengan komunikasi.

Adanya orang lain justru menghilangkan kesepian dan memberikan kepuasan. Menurut Fromm ada dua cara untuk bisa memperoleh rasa kebersamaan dan juga memberikan bentuk atau wujud komunikasi yang baik, yakni : pertama mencapai kebebasan secara positif tanpa harus mengorbankan kebebasan dan integritas pribadi serta bisa Memperoleh rasa aman dengan meninggalkan kebebasan.

Baca juga:

5. Carl Gustav

Selanjutnya adalah pengertian dari Carl Gustav, dimana kepribadian menurut Carl adalah ada beberapa kepribadian yang bisa dijelaskan yakni Personality Function, Psyche dimana ada gabungan dari keseluruhan isi mental, emosional serta rasa spiritual seseorang.

Selain itu adanya self atau kepribadian total baik rasa kesadaran maupun bawah sadar. Mereka hanya memandang manusia sebagai salah satu sifat yang unik dan begitupun kepribadian.

Kaitannya dengan komunikasi, adanya perbedaan kepribadian maka menjelaskan adanya cara orang dalam menggunakan sebuah komunikasi disesuaikan dengan kepribadian dan juga rasa yang orang tersebut miliki.  Tak ayal Carl Jung sendiri menggambarkan komunikasi dan kepribadian manusia sebagai salah satu yang tidak bisa digeneralisir atau disamakan, masing-masing ada kelebihan dan perbedaannya.

6. George Herbet Mead

Selanjutnya membicarakan mengenai kepribadian dari ahli George Herbert menyatakan bahwa tingkah laku dari manusia merupakan sebuah perkembangan diri dimana perkembangan kepribadian dalam diri seseorang jelas aakan berlangsung seumur hidup.

Selain itu manusia cenderung sulit untuk menjelaskan apakah orang tersebut atau masalah tersebut akan berkaitan dengan kepribadiannya. Menurut George efek yang dilakukan ketika memiliki masalah bisa jadi dari kepribadian mereka.

Itu juga yang akan timbul ketika memiliki masalah komunikasi yang bermula dari sebuah kepribadian. Tidak terasa baik buruknya anda dalam melakukan berbagai kebutuhan namun kenyataanya cukup banyak orang komunikasi dengan cara yang buruk karena kepribadiannya yang buruk begitupun sebaliknya.

7. Theodore M Newcomb

Pandangan Theodore M. Newcomb mengenai kepribadian sangatlah bagus dimana Theodore menjelaskan bahwa suatu kelompok memiliki sikap yang juga dimiliki seseorang dari latar belakang dan juga perilakunya. Hal ini bertujuan untuk menunjukan kelompok bertingak sebagai sebuah alasan, motif, dan juga sumber atau faktor.

Misalnya saja sebuah keadaan di lingkungan sekitar menjadi kacau bukan karena seluruh lingkungannya, namun bisa jadi karena kepribadian satu orang saja yang bermasalah.

Selain itu anda bisa  merasakan dengan secara khusus apabila sedang berhubungan dengan orang lain ataupun menghadapi sebuah masalah dan juga keadaan.

8. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren kepribadian merupakan sebuah kelompok dengan faktor psikologis, biologis dan sosiologis yang akhirnya berpengaruh pada cara berkomunikasi seseorang.

Biasanya faktor biologis menjelaskan watak, seksual, sistem saraf dan lainnya sedangkan psikologis dari apa yang ia alami dan lingkungan atau cara komunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain masuk kedalam sosiologisnya. Terdengar masuk akal terutama jika sudah pernah terjadi masalah yang melibatkan ketiganya.

Kaitan Kepribadian dan Komunikasi

seringkali orang merasa tidak bermasalah dengan dirinya kemudian timbul masalah dan barulah sama-sama mempermasalahkan hal yang mereka anggap benar. Mungkin kita berpikir itu hanya masalah kepribadiannya saja, sebagian berpikir itu hanya masalah komunikasinya saja mengingat komunikasi orang berbeda.

Ada yang bisa menyatakan suatu hal dengan baik namun sisanya menyatakan suatu hal dengan kendala. Karena itulah mengapa komunikasi dan juga kepribadian dijelaskan memiliki kaitan. Terkadang bukan karena orang tersebut tidak bisa menyampaikan dengan baik.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :