Sponsors Link

10 Contoh Mini Riset Psikologi Komunikasi

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa macam contoh mini riset psikologi komunikasi yang bisa menjadi ide tersendiri, terutama bagi mereka yang tertarik untuk melakukan penelitian di bidang psikologi komunikasi. Cakupan dari ilmu psikologi yang luas memang salah satunya membuat pengembangan ilmu ini juga tidak terbatas. Salah satunya adalah cabang ilmu psikologi yang berupa psikologi komunikasi. Psikologi komunikasi lebih berfokus pada pengamatan pola perilaku tentang bagaimana orang-orang dalam berinteraksi. Tidak jarang melalui kajian ilmu psikologi komunikasi ini, ditemukan banyak hal terkait dengan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang berkaitan dengan psikologi komunikasi.

ads

Baca juga:

Mini riset sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan ilmiah berupa penelitian dalam durasi yang cukup singkat dan cakupannya tidak terlalu luas. Kegiatan penelitian tersebut tentu saja berlandaskan oleh hal-hal yang sifatnya ilmiah, dengan di dalamnya juga mencakup berbagai macam literatur yang relevan. Mini riset pada umumnya juga menggunakan subjek yang tidak terlalu banyak. Oleh karenanya, banyak pula yang menganggap bahwa mini riset paling tepat digunakan untuk membuat laporan yang cepat.

Mini riset dalam psikologi komunikasi juga banyak sekali yang bisa diterapkan. Ada beberapa macam inspirasi yang bisa dilakukan untuk menguji suatu teori yang sudah ada dan membuktikan apakah teori tersebut masih berlaku, ada perubahan, berkembang atau bahkan sudah tidak berlaku sama sekali. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari ide mini riset yang bisa dicoba terutama dalam bidang psikologi komunikasi:

  1. Kemampuan Komunikasi dan Atraksi Interpersonal

Mini riset terkait dengan kemampuan berkomunikasi dengan atraksi interpersonal bisa dicoba dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keterampilan seseorang dalam berkomunikasi, dengan cara ia dalam mengaktualisasikan diri. Kita bisa menemukan apakah aktualisasi diri seseorang sangat berkaitan dengan cara ia dalam berkomunikasi atau tidak.

  1. Hubungan Tingkah Laku Asertif dan Komunikasi Interpersonal

Penelitian lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui mengenai hubungan tingkah laku asertif dengan komunikasi interpersonal. Tingkah laku asertif merupakan salah satu tingkah laku yang baik, dimana seseorang akan berusaha menyampaikan sesuatu tanpa harus menyakiti atau membuat orang lain merasa kecewa. Hubungan antara perilaku asertif dan komunikasi interpersonal ini bisa diamati untuk mengetahui adakah keterkaitan yang signifikan atau tidak di antara keduanya.

  1. Komunikasi Orang Tua dan Anak

Mini riset yang menarik lainnya adalah tentang bagaimana pola komunikasi orang tua dan anak. Bagaimana pun juga, konflik dalam keluarga salah satunya bisa disebabkan oleh cara komunikasi yang ada di dalamnya. Pola-pola komunikasi yang ada bisa diteliti secara singkat untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya pada perkembangan anak. (Baca juga: Cara mengatasi konflik dengan orang tua)

  1. Cara Komunikasi Remaja

Selain pola komunikasi orang tua kepada anak, cara komunikasi remaja juga bisa diteliti untuk mengetahui adakah masalah-masalah psikologi tertentu yang juga berhubungan dengan pola komunikasi tertentu. (Baca juga: Penyebab keluarga tidak harmonis)

  1. Efek Hate Speech dalam Komunikasi Media Sosial

Untuk contoh mini riset psikologi komunikasi selanjutnya, kita bisa melihat fenomena yang ada saat ini terkait dengan hate speech yang seringkali tercetus pada era media sosial saat ini. Banyak sekali individu yang mudah berkomentar dengan hal-hal bernada negatif. Ini bisa dikaji lebih jauh untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab, motivasi dan lain sebagainya.

  1. Pengaruh Komunikasi Media Massa dengan Gaya Hidup

Iklan, promosi dan lain sebagainya saat ini juga seringkali bisa mempengaruhi gaya hidup seseorang. Oleh karenanya, ini bisa menjadi bahan mini riset psikologi yang menarik juga untuk dicoba untuk dilakukan.


  1. Pola Komunikasi Guru dan Murid

Jika tadi kita membahas mengenai pola komunikasi orang tua dan anak, maka kita juga bisa mengamati mengenai bagaimana komunikasi guru dan murid. Kita bisa melihat beberapa macam fenomena dimana sering juga terjadi konflik antara guru dengan murid. (Baca juga: Peran guru dalam proses pembelajaran)

  1. Penelitian tentang Komunikasi Kerja

Komunikasi kerja memiliki pengertian sebagai bagaimana pola interaksi yang ada pada suasana kerja antara karyawan. Hubungan karyawan dengan atasannya, termasuk pola komunikasi saat berkoordinasi, bisa menjadi bahan mini riset yang menarik.

  1. Keterampilan Komunikasi dan Karir

Masih ada kaitannya dengan komunikasi kerja, pengamatan antara keterampilan komunikasi dengan pengembangan karir juga dapat diperhatikan untuk mengamati apakah ada faktor tertentu yang bisa saling terkait di dalamnya.

  1. Penelitian tentang Jenis-jenis Komunikasi

Bahan lain yang juga bisa menjadi topik dari mini riset psikologi selanjutnya adalah mengenai jenis-jenis komunikasi. Ini bisa digunakan terutama untuk mengetahui apakah penerapannya sudah sesuai atau belum.

Demikian beberapa macam contoh dari topik mini riset yang bisa menjadi ide menarik untuk diterapkan. Kita bisa mencari lebih banyak inspirasi lagi dengan mengamati fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita. Mudah-mudahan contoh mini riset psikologi komunikasi ini bisa membantu dan nantikan posting menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :