Sponsors Link

11 Fungsi Tes Psikologi Dalam Dunia Kerja

Sponsors Link

Tes psikologi atau hal yang biasa disebut sebagai sebuah hal yang cukup menakutkan untuk sebagian pekerja. Apalagi untuk hal- hal yang berhubungan dengan seleksi penerimaan kerja. Untuk beberapa perusahaan biasanya melakukan berbagai seleksi untuk melakukan penerimaan seleksi pekerja atau ketika mengambil calon karyawan.

ads

Untuk berbagai penyeleksian penerimaan karyawan memang dilakukan berbagai seleksi atau tahap-tahap dan salah satunya yang dilakukan adalah tes psikologi. Sehingga tidak heran jika para calon karyawan biasanya mencari kisi- kisi agar bisa mendapatkan jawaban atau tes psikologi yang tengah dilakukan.

Secara definisi tes psikologi diartikan dalam beberapa pengertian, untuk Kerlinger, 2000 yang menyatakan bahwa tes merupakan sebuah prosedur yang dilakukan secara sistematik, dimana dalam hal ini bisa menggambarkan sebuah respons secara individu pada sebuah konstruksi. Untuk adanya respons yang diberikan berupa kuantifikasi terhadap atribut yang dapat diukur.

Anne Anastasi, 1982 yang mengatakan bahwa tes merupakan alat ukur yang terstandar dan objektif tentang sampel perilaku individu. Karena dalam mengukur sampel perilaku, ia melalui item-item nya, sehingga haruslah mengandung arti bahwa alat tes haruslah berisi sebuah hal penting yang hendak diukur agar representative.

Baca juga :

Adapun fungsi tes psikologi dalam dunia kerja tersebut ditentukan dalam beberapa aspek bagian.

1. Perekrutan karyawan yang lebih efektif

Ketika sebuah perusahaan mengadakan rekrutmen atau melakukan seleksi dalam penerimaan karyawan memang biasanya dilakukan tes psikologi. Dengan tes tersebut bisa membantu perusahaan untuk bisa mendapatkan dan memilih karyawan atau sumber daya manusia yang terbaik.

Dimana dalam hal ini dapat juga meminimalisir untuk terjadinya ketidaksesuaian pada bidang karyawan yang dipilihnya. Dengan menggunakan tes tersebut juga nantinya kita bisa mendapatkan sumber daya manusia yang bagus juga. Hal tersebut juga berkaitan dengan adanya aplikasi ilmu psikologi dalam kewirausahaan.

2. Dapat mengukur potensi dan juga kecerdasan dari calon karyawan

Yang namanya kecerdasan tentunya akan berhubungan dengan tingkat intelegensis eseorang, nah, dengan diadakannya tes psikologi yang satu ini tentunya bisa mengukur adanya potensi yang diberikan, selain itu dapat pula mengukur kecerdasan emosi dan spiritual seseorang.

Apalagi jika posisi yang akan ditempati tersebut termasuk ke dalam posisi yang tinggi atau memiliki jabatan yang bagus seperti manager, dengan hal ini tentu akan sangat dibutuhkan tes psikologi yang bisa mengetahui kecerdasan emosi dan juga spiritualnya. Dimana peran psikologi dalam manajemen sumber daya manusia juga bisa kita dapatkan dengan baik.

3. Dapat mengenal kepribadian karyawan

Fungsi tes psikologi dalam dunia kerja yang dalam penyeleksian kerja, khususnya ketika melakukan tes dalam penerimaan karyawan memang dilakukan beberapa tahap, yang pertama adalah wawancara kemudian tes psikologi. Nah, untuk tes wawancara ini biasanya perusahaan bisa mengetahui lebih dari kepribadian si calon pekerja, namun kita juga tidak hanya bisa menilai seseorang dari cara bicaranya saja ketika melakukan tes wawancara, untuk itu memang sangat penting melakukan tes psikologi.

Baca juga :

Dimana dengan tes tersebut kita juga jadi mengetahui apakah nantinya si pelamar bisa benar- benar bertangung jawab dengan pekerjaannya, dan apakah bisa menanggung segala beban pekerjaan di dapatinya. Karena dengan tes bisa juga terlihat faktor psikologi dalam pembentukan kepribadian.


4. Dapat mengetahui rencana penempatan karyawan

Dengan diadakannya tes psikologi, selain dilakukan saat perekrutan karyawan, bisa juga dilakukan dalam masa promosi karyawan. Karena biasanya penempatan posisi karyawan akan berubah-rubah, tergantung dari cara kerja dan prestasi karyawan tersebut.

Khususnya ketika perusahaan membuka departemen baru karena biasanya akan membutuhkan banyak karyawan, dan bisa jadi dilakukan rotasi penempatan. Sehingga dilakukannya tes psikologi juga akan lebih memudahkan perusahaan untuk melihat posisi mana yang cocok.

5. Melihat produktivitas pekerjaan

Dengan dilakukannya tes psikologi, nantinya bisa juga dilakukan untuk melihat sejauh dan sebesar mana produktivitas kerja karyawan ketika akan melakukan tugasnya. Selain itu dengan dilakukannya tes juga, perusahaan akan bisa meliaht sejauh mana produktivitas karyawan bisa terlihat. Sehingga akan memudahkan SDM menempatkan posisi yang cocok dalam kaitannya dengan penerapan psikologi sosial dalam bidang organisasi.

6. Dapat menentukan rencana penempatan karyawan

Untuk karyawan yang memiliki prestasi memang biasanya akan mendapatkan promosi dari perusahaan, dimana dilakukan pemutaran atau rotasi kerja agar bisa mengembangkan karirnya. Nah, dengan dilakukannya tes psikologi juga bisa membantu perusahaan untuk bisa menentukan rencana penempatan dari karyawan dan memudahkan SDM melakukan penempatan kerjanya.

7. Dapat melihat sikap kerja karyawan

Fungsi tes psikologi dalam dunia kerja juga berguna untuk melihat sikap kerja dari karyawan yang akan bekerja di dalam perusahaan. Salah satu hal yang berkaitan di dalamnya adalah kepuasan bekerja, dimana hal tersebut akan memiliki hubungan positif dalam sebuah organisasi yang dilakukan. Serta bisa menciptakan komitmen dalam bekerja dan melihat juga sikap sosial dari calon karyawan tersebut.


Baca juga :

8. Memberikan suasana positif di lingkungan karyawan

Lingkungan yang nyaman dalam sebuah lokasi kerja tentu sangat diharapkan siapapun, sehingga langkah yang bisa diambil salah satunya dengan tes psikologi. Dimana dengan tes tersebut perusahaan akan lebih paham dan juga mengetahui mengenai hal- hal yang berkaitan dengan kebiasaan, tingkah laku dan juga sikap dari karyawan. Sehingga perusahaan pun nantinya bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman juga.

9. Pengembangan prestasi karyawan

Dari adanya tes kerja, salah satu manfaat atau fungsi lainnya yang bisa kita ambil adalah dengan mengetahui pengembangan dari prestasi karyawan tersebut. dengan adanya psikologi tes, perusahaan akan mengetahui mengenai tingkat prestasi yang dilakukan dan juga pencapaian apa saja yang sudah mengalami perkembangan dari karyawan tersebut.

10. Melihat tingkat intelegensi

Fungsi tes psikologi dalam dunia kerja lainnya yang bisa kita dapatkan dari tes psikologi dalam dunia kerja adalah bisa melihat tingkat intelegensi seseorang. Seperti kita ketahui tes psikologi ini memang tidak hanya dilakukan dalam dunia kerja, karena untuk masuk ke dalam perguruan tinggi pun memang biasanya dilakukan tes serupa meskipun berbeda porsi. Sehingga dengan dilakukannya tes tersebut nantinya perusahaan bisa melihat tingkat intelegensi yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

11. Melakukan penilaian kinerja

Untuk fungsi yang terakhir adalah bisa melihat penilaian dari kinerja karyawan, meskipun penilaian kinerja tidak hanya terpaku pada tes saja, dan dilihat dari prestasi yang dilakukan, namun dengan dilakukan berbagai tahapan dan juga tes psikologi, nantinya bisa membuat perusahaan melihat sejauh mana kinerja dari perusahaan tersebut. sehingga manfaat psikotes untuk SDM perusahaan ini memang sangat penting dilakukan.

Sponsors Link
, ,