Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Jiwa yang Tidak Tenang

Sponsors Link

Apakah Sobat merasa stres atau tidak bahagia? Apakah Sobat ingin menenangkan diri Sobat? Tidak sulit untuk berlatih menenangkan pikiran Sobat, dan latihan tersebut bisa membantu Sobat merasa lebih baik dan siap kapan saja. Bila Sobat menemukan cara yang cocok, lakukan dan latihlah dengan sering. Berikut ini adalah beberapa ide yang patut dicoba agar Sobat bisa merasa tenang atau rileks lebih cepat dan mudah. 12 Cara Mengatasi Jiwa yang Tidak Tenang.

ads

1. Lakukan latihan napas dalam.

Meskipun mungkin ide ini terdengar klise, berlatih napas dalam memiliki efek yang sangat baik untuk menenangkan pikiran Sobat. Latihlah setiap hari dan lakukan pada saat stres untuk membantu menenangkan kecemasan Sobat. Baca juga mengenai : gangguan mental yang tidak dapat disembuhkan

2. Berlatih meditasi.

Meditasi ini adalah proses mengosongkan pikiran sobat dengan memfokuskan pada sesuatu yang spesifik, tempat, kalimat, warna, dsb. Mulailah dengan duduk (berlutut atau berbaring) dengan posisi yang nyaman dan pusatkan pikiran (atau berdoa) tentang sesuatu yang spesifik. Mungkin Sobat akan butuh waktu lebih dari sepuluh menit untuk benar-benar mengosongkan pikiran Sobat, tapi itu normal. Baca juga mengenai : gangguan jiwa terbanyak di Indonesia

3. Cobalah bervisualisasi.

Hampir sama dengan imajinasi terbimbing dalam meditasi, dimana Sobat membayangkan suasana yang damai. Bayangkan suasana tersebut dalam pikiran Sobat selama yang Sobat suka, tapi fokuskan semua pikiran dan energi saat mem-visualisasi tempat ini dalam pikiran Sobat. Baca juga mengenai : gangguan mental yang paling berbahaya

4. Lakukan relaksasi otot secara progresif.

Proses ini dilakukan dengan menegangkan terlebih dahulu kemudian merelaksasi semua otot di badan Sobat. Merelaksasi otot setelah menegangkanya mengubah keadaan psikis Sobat, serta membantu pikiran dan badan Sobat merasa tenang. Baca juga mengenai : gangguan mental yang paling berbahaya

5. Berlatih yoga.

Yoga adalah salah satu jenis latihan peregangan otot dengan resiko rendah yang membantu menenangkan otot-otot di tubuh Sobat. Oleh karena Sobat harus fokus pada setiap posisi yoga, tidak akan ada ruang untuk merenungi penyebab stres dan ‘memaksa’ pikiran Sobat kedalam ketenangan. Baca juga mengenai : gangguan mental yang unik

  • Akan lebih baik jika memulai yoga dengan mengikuti salah satu kelas. Kelas yoga dibentuk untuk menciptakan lingkungan yang tenang, meskipun mungkin terdapat banyak individu yang hadir. Carilah instruktur lokal atau kelas yoga di gym terdekat. Baca juga mengenai : gangguan jiwa yang tidak disadari
  • Hatha yoga adalah jenis yoga paling dasar dan sangat bagus untuk relaksasi. Carilah posisi hatha yoga yang bisa Sobat coba sendiri di rumah.
  • Hindari yoga bila Sobat memiliki masalah fisik seperti hernia, osteoporosis, atau bila Sobat beresiko mengalami kesemutan.

6. Minum banyak air.

Air penting untuk menjaga kebutuhan cairan badan Sobat dan membersihkan racun, yang membantu pikiran Sobat untuk fokus lebih baik. Untuk membantu latihan relaksasi yang lain, minumlah banyak air.


7. Makan makanan yang menunjang relaksasi.

Makanan tertentu membantu menurunkan hormon yang terkait menimbulkan kecemasan, dan secara simultan meningkatkan hormon yang berfungsi memproduksi “rasa bahagia dan tenang”.

  • Makanan tinggi selenium membantu menurunkan kecemasan dan depresi, contohnya kacang-kacangan (terutama kacang Brazil), jamur shitake, tuna, minyak ikan, atau salmon.
  • Makan makanan yang memiliki kadar zat besi tinggi, seperti bayam, biji labu, dan ikan halibut.
  • Carilah makanan dengan kadar triptofan tinggi karena dapat membantu memproduksi serotonin yang meningkatkan “rasa bahagia”. Cobalah coklat hitam, kacang, dan daging merah.

8. Latihan dengan cukup.

Latihan berguna melepaskan endorfin, yang dapat memproduksi “rasa bahagia”. Cobalah melakukan latihan kecil setiap hari untuk membantu menenangkan pikiran Sobat setelah berurusan dengan jadwal yang teramat padat dan membuat stres.

  • Latihan di tempat yang tenang dan memungkinkan Sobat untuk sendiri. Bila Sobat berlatih di gym, carilah area atau kamar yang paling tenang, sehingga Sobat tidak terganggu dengan pikiran atau hal di sekitar Sobat.
  • Cobalah mengikuti latihan rutin yang tidak menyita pikiran Sobat. Contohnya berenang atau berlari.

9. Berpartisipasi dalam kegiatan favorit Sobat.

Jika Sobat suka memasak, membaca, atau berolahraga, lakukanlah! Melakukan sesuatu yang Sobat sukai membantu Sobat untuk membersihkan rasa cemas dalam pikiran Sobat, dan secara bersamaan melepaskan lebih banyak endorfin yang menimbulkan rasa bahagia.

10. Isilah kegiatan Sobat dengan aktivitas rutin yang tidak menyita pikiran.

Dengan mengerjakan suatu aktivitas tanpa perlu Sobat untuk fokus dapat membantu menenangkan pikiran Sobat.

  • Cobalah menggambar sembarang gambar atau menggambar suatu gambar abstrak. Sobat akan “dipaksa” fokus untuk melukis, sehingga tidak memikirkan tentang penyebab stres dalam hidup Sobat.
  • Mengerjakan tugas rumah (dengan gerakan berulang) dapat mempengaruhi relaksasi. Cobalah untuk memotong dedaunan, menyapu lantai, atau melipat pakaian.
  • Jika Sobat bisa, Sobat dapat pula melakukan aktivitas seperti membuat kalung atau merajut.
  • Hindari aktivitas yang memerlukan banyak gerakan atau yang merepotkan, karena dapat mempengaruhi peningkatan stres.

11. Dengarkan musik yang menenangkan.

Walaupun Sobat mungkin suka musik rock, hardcore atau rap, carilah yang agak lembut/tenang, irama yang tenang membantu menenangkan pikiran Sobat.

  • Hindari musik dengan instrumen yang berat/kuat atau dengan vokal yang keras, karena akan membuat Sobat sulit untuk tenang saat mendengarkannya. Kadang-kadang, lebih baik untuk mendengarkan musik tanpa vokal.
  • Selain musik, Sobat juga dapat mendengarkan suara alam dan ‘white noise’ yang dirancang untuk membantu individu agar rileks. Carilah “suara laut atau hutan”, atau carilah contoh dari ‘white noise’ untuk Sobat coba.
  • ’Binaural beats’ (irama binaural) adalah jenis musik atau suara khusus yang menghasilkan gelombang alfa dengan tingkat lebih tinggi dalam otak Sobat, yang membantu sobat untuk tenang. Carilah versi gratis dari ‘binaural beats’ di internet atau melalui situs streaming musik favorit Sobat.[8]
  • Cobalah dengarkan musik dengan pengulangan yang sering di dalamnya dan tidak terdapat terlalu banyak vokal. Banyak jenis musik seperti ini seperti house, trance, trap, dan trip-hop.
  • Musik klasik selalu bisa menjadi pilihan. Sebagian musik klasik mungkin terdengar intens terutama musik simfoni yang dibuat pada abad ke-20 seperti Shostakovitch. Sementara itu, untuk bersantai, sebaiknya dengarkan irama alat musik tunggal atau ansambel musik yang lebih kecil seperti musik dari periode Baroque dan Klasik (misalnya Bach, Beethoven, Mozart, Vivaldi).

12. Meluangkan waktu untuk sendiri.

Seringkali individu-individu di sekitar kita adalah penyebab kecemasan/stres yang kita alami, sehingga hal tersebut dapat menjadi alasan untuk meluangkan waktu dengan hanya Sobat sendiri.

  • Carilah waktu diluar kerja untuk beristirahat dan menyendiri. Cobalah meluangkan akhir minggu ke kota sekitar atau tempat wisata alam dimana Sobat dapat memiliki waktu untuk berpikir.

  • Batalkan rencana dengan teman bila Sobat terlalu kewalahan dengan jadwal yang terlalu padat. Adalah hal penting untuk meluangkan waktu bagi diri Sobat sendiri sebelum berbagi dengan yang lain.
  • Carilah waktu untuk “jauh” dari keluarga. Tidak peduli seberapa cintanya Sobat pada mereka, setiap individu perlu sedikit waktu untuk “jauh” dari keluarga supaya tetap dapat menjaga pikiran yang sehat.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi