Sponsors Link

13 Manfaat Psikologi Manajemen Dalam Organisasi

Sponsors Link

Tidak jauh berbeda dengan pembahasan yang sebelumnya ya sobat, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membawakan materi seputar psikologi untuk sobat semua. Adapun aspek psikologi itu sendiri cakupannya sangatlah luas ya sobat dan hampir menyangkut semua aspek dalam kehidupan kita sehari – harinya.

ads

Namun dalam artikel kali ini, penulis akan membawakan materi mengenai manfaat psikologi manajemen dalam organisasi. Nah bagi sobat semua yang aktif dalam sebuah organisasi ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini. Check It Out !

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, psikologi manajemen merupakan suatu ilmu dari cabang psikologi yang mempelajari tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam sebuah proses manajemen dalam rangka untuk melaksanakan fungsi – fungsi manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, atau dengan kata lain untuk mencapai target plan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh para perilaku organisasi dalam sebuah manajemen tersebut.

Adapun manajemen ini sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan misalnya, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang –   orang serta sumber daya organisasi yang lainnya. Tanpa adanya manajemen ini tentu semua fungsi –  fungsi dan tujuan dari sebuah organisasi tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Salah satu peranan psikologi yang dapat kita rasakan dan dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari –  hari adalah dalam hal melakukan manjemen yang baik agar semua tujuan organisai yang sudah ditargetkan dari awal bisa tercapai, terutama bagi sobat semua yang memang bekerja dalam sebuah organisasi.

Adapun manfaat psikologi manajemen yang bisa kita rasakan dalam organisasi adalah sebagi berikut :

1. Sebagai Alat Pengembangan Kepemimpinan

Dalam sebuah organisasi sudah barang tentu ada yang namanya seorang pemimpin. Psikologi manajemen ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang memimpin dalam perusahan atau organisasi karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, seorang pemimpin haruslah mengerti apa itu psikologi manajenem agar bisa memanage semua bawahannya sesuai dengan fungsinya masing – masing. (Baca juga mengenai penerapan psikologi sosial dalam bidang organisasi)

2. Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam menjalani sebuah organisasi. Dalam berkomunikasi, tentunya kita juga punya aturan atau etika sendiri. Dalam berkomunikasi yang baik sudha tentu didalamnya ada hubungan yang baik juga. Dengan menerapkan psikologi manajemen ini, maka diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik dalam sebuah organisasi. (Baca juga mengenai psikologi industri dan organisasi)

3. Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Moral

Pada umumnya seseorang yang mempunyai moral yang baik tentunya bisa memiliki atau menggunakan komunikasi yang baik juga. Komunikasi ini sangat identik sekali dengan moral seseorang, makanya tidak jarang seseorang dinilai dari segi atau dari cara bicaranya, walaupun memang tidak bersifat mutlak ya sobat. (Baca juga mengenai konsep belajar dalam psikologi pendidikan)


4. Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Motivasi

Seseorang yang kehilangan motivasi bisa saja motivasinya dibangkitkan kembali dengan cara melakukan pendekatan terhadap individu tersebut. Dalam melakukan pendekatan tersebut, tentunya harus menggunakan psikologi manajemen di dalamnya karena dengan menggunakan ilmu psikologi manajemen ini seseorang bisa memberikan motivasi kepada yang membutuhkannya tentunya berbekal ilmu psikologi manajemennya. (Baca juga mengenai posisi budaya dalam psikologi)

5. Sebagai Alat Dalam Melakukan Pelatihan

Seseorang yang handal berbicara di depan umum, seperti berbicara di depan atasan atau bos besar tentunya haruslah seseorang yang bisa menjaga cara komunikasi dan sikap nya yang baik, nah untuk hal tersebut juga tidak luput dari peranan psikologi manajemen ini ya sobat. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam manajemen sumber daya manusia)

6. Sebagai Alat Pengawasan Kinerja

Psikologi merupakan sebuah indikator atau alat yang bisa digunakan dalam pembentukan sikap –   sikap dan pembentukan teknik –   teknik pengawasan kinerja yang baik yang ada dalam sebuah organisasi. Psikologi manajemen ini tentunya berperan di dalamnya.

7. Sebagai Alat Untuk Melakukan Evaluasi

Untuk mendapatkan kinerja yang baik yang sesuai dengan keinginan dan target perusahaan, tentunya tidaklah terlepas dari adanya evaluasi. Di dalam psikologi manajemen ini evaluasi sangatlah penting untuk menunjang kinerja dan kreativitas seseorang dalam sebuah organisasi.

8. Sebagai Alat Untuk Konseling

Dalam sebuah organisasi, keberadaan konseling sangatlah diperlukan. Konseling itu sendiri agar bisa berjalan dengan baik tentunya haruslah dilakukan konseling yang baik pula tentunya. Dengan menerapkan psikologi manajemen ini diharapakan proses konseling yang dilakukan sesuai dengan yang diharapkan.

9. Sebagai Alat Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia  ( SDM )

Sejatinya SDM yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi adalah SDM yang bisa dan mempunyai kemampuan untuk dikembangkan.  Cara yang digunakan untuk melakukann pengembangan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan psikologi manajemen didalamnya agar pengembangan organisasi tersebut bisa dilakukan seefektif mungkin, karena dalam psikologi manajemen hal tersebut sudah dikaji terlebih dahulu.

10. Sebagai Alat Untuk Melakukan Mediasi

Dalam sebuah organisasi, terjadinya suatu perdebatan atau suatu perselisihan paham sudah seharusnya dan memang biasanya menggunakan mediasi. Dalam melakukan mediasi tersebut tentuya juga membutuhkan psikologi manajemen didalamnya karena dengan adanya psikologi manajemen ini proses mediasi tersebut bisa lebih efektif.

11. Sebagai Alat Untuk Penentuan Kualitas Kinerja Seseorang

Dalam  sebuah organisasi, penentuan kualitas kinerja seseorang sangatlah dibutuhkan. Dalam penentuan kinerja tersebut tentunya tidak akan terlepas dari psikologi manajemen.  Karena pada dasarnya apabila konsep manajemen dalam sebuah perusahan sudah baik maka akan berdampak pada kinerja di dalam organisai tersebut juga.

12. Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Produktivitas

Selain untuk meningkatkan kinerja, psikologi komunikasi ini juga berperan penting dalam meningkatkan prosuktivitas yang ada dalam sebuah organisasi. Karena jika kinerja sudah bisa dikendalikan maka sudah pasti produktivitas dalam organisasi tersebut bisa dicapai sesuai yang direncakanakan.


13. Sebagai Alat Mereview Organisasi

Secara keseluruhan, psikologi komunikasi juga bermanfaat dalam proses review secara keseluruhan yang ada dalam semua aspek yang terdapat dalam sebuah organisasi.

Sekian informasi yang penulis bisa share pda kesempatan kali ini ya sobat, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik. Salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial