Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Stres dan Depresi Ringan – Berat

Sponsors Link

Stres disebabkan oleh tekanan tidak menyenangkan berasal dari luar atau lingkungan, dan juga ekspektasi diri yang terlalu tinggi juga bisa membuat stres yang berasal dari dalam diri. Stres bersifat reversible, bisa dihilangkan atau diperbaiki. Manusia secara alami memiliki yang namanya kemampuan koping. Koping merupakan respon manusia dalam menghadapi stres dan usaha untuk mengurangi stres.

ads

Ketika kemampuan alami koping individu ini berkurang diakibatkan oleh stres yang terlalu banyak, maka individu bisa saja tidak mampu lagi membendung stres. Stres bisa menumpuk dan semakin terakumulasi. Dalam keadaan yang kronis, stres memicu munculnya kondisi depresi. Depresi akibat stres berlebih, dapat mempengaruhi fungsi mental, bahkan motorik seseorang. Maka dari itu penting sekali koping stres yang efektif pada setiap individu. Berikut ini hal hal yang perlu diperhatikan dalam menagatasi stres dan depresi.

  1. Rileks Sejenak dan tarik nafas dalam

Ketika Anda sedang banyak masalah, marilah luangkan waktu untuk rileks sejenak. Duduklah di kursi yang nyaman, coba tarik nafas dalam berkali kali, sampai tubuh Anda menjadi lebih rileks. Hilangkan sejenak pikiran tentang masalah- masalah. Ketika sudah berada pasa titik yang rileks, coba telusuri masalah Anda satu per satu, apa yang menajdi penyebabnya, letak kesalahannya, pikirkan juga rencana- renca penyelesaiannya satu persatu. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan solusi yang lebih efektif jika dipikirkan dengan pikiran yang dingin.

  1. Olahraga

Pikiran yang lelah akan berdampak pula pada tubuh kita. Tubuh menjadi lebih lemas, lebih mudah lelah, dan terasa berat. Nah, lakukan olahraga pada tubuh Anda agar pikiran menjadi lebih fresh, dan stamina tubuh tetap terjaga. Dengan tubuh yang segar kembali, pikiran juga akan lebih terbuka dan siap menghadapi stres dengan baik.

  1. Pergi berlibur

Jika Anda mengalami stres akibat lingkungan, mungkin ada baiknya luangkan waktu weekend Anda untuk berlibur sedikit lebih jauh. Sempatkan untuk berlibur ke tempat tempat rekreasi, atau taman alami yang indah. Lihatlah lingkungan yang lebih luas dan area terbuka, dengan begitu Anda akan terdistraksi dari penatnya aktivitas harian penyebab stres. Setelah berlibur, stres akan lebih berkurang.

  1. Membangun prinsip dan bersikap tegas

Anda butuh ketegasan dan prinsip hidup yang jelas dalam mengatur atau mengorganisasi stres pada diri. Anda harus bisa menentukan apa yang membuat diri Anda begitu tertekan dan mampu mengambil keputusan dengan tegas untuk menyelesaikan penyebab stres tersebut.

Sponsors Link

  1. Bercerita pada orang lain

Salah satu cara untuk menghilangkan stres berlebihan dan mencegah depresi adalah dengan bercerita pada orang lain. Minimal berceritalah pada orang terdekat dan terpercaya tentang masalah yang membuat Anda stres. Dengan bercerita, Anda akan mendapatkan dukungan, masukan dan motivasi untuk bangkit kembali.

baca juga:

  1. Jalan- jalan di pagi hari

Jalan jalan dipagi hari, menghirup udara segar pagi hari sangatlah menyenangkan. Udara pagi membantu membuat tubuh Anda lebih rileks dan tenang. Dengan begitu siap untuk menjalani hari- hari dengan semangat yang penuh.

  1. Menonton video lucu

Ketika Anda sedang sangat stres banyak masalah, cobalah teknik distraksi seperti menonton video- video lucu, sebagai pengalihan perhatian. Pikiran yang sedang tertekan akan dibebaskan dan fokus berpindah pada hal lucu yang memicu tertawa. Seluruh saraf dan otot tubuh menjadi lebih rileks dan netral kembali.

  1. Melakukan hobi/ aktivitas luar

Stres karena pekerjaan? Cobalah pergi keluar, dan lakukan aktivitas di ruang terbuka. Lakukan hobi yang Anda sukai, seperti berenang, menggambar, bernyanyi, atau lainnya. Luangkan waktu untuk menjalani hobi Anda sebagai pengalihan pikiran. Dengan begitu semua tekanan akan sedikit berkurang, dan tubuh bisa menghadapi masalah dengan lebih tegas.

  1. Ikut bergabung dalam komunitas komunitas pecinta lingkungan

Lakukan kegiatan lain selain kegiatan dari pekerjaan utama Anda. Anda bisa bergabung dalam komunitas hobi, atau komunitas pecinta lingkungan. Berbagi cerita dengan orang- orang yang memiliki kesamaan ketertarikan maka akan membuat hidup lebih bermakna dan lebh seru. Maka pikiran Anda tidak akan melulu terfokus pada masalah pekerjaan.

ads
  1. Pergilah ke luar, lihat alam dan resapi

Carilah tempat terbuka dengan pemandangan yang bagus. Pemandangan alam yang indah lengkap dengan warna hijau rumputnya, langit birunya, dan alami, seperti di area persawahan, pegunungan, pantai, atau lainnya. Duduklah dengan tenang, pandangi dan resapi. Rasakan kedamaian alami merasuki tubuh Anda dan membuat diri Anda lebih rileks. Alam memiliki kekuatan tidak terlihat yang mampu membuat kita merasakan kedamaian dan menyatu menjadi bagian darinya.

baca juga:

  1. Latihan teknik relaksasi

Sadari kemampuan koping Anda, dan pelajari teknik rileksasi atau teknik distraksi stres seperti apa yang paling efektif untuk diri Anda. Semua orang mengatasi stresnya dengan cara yang tidak sama, sehingga masing- masing individu perlu memahami ini. Jika Anda suka yoga, berlatihlah yoga, atau meditasi.

  1. Mencari cara koping yang efektif

Carilah cara koping stres yang baik untuk diri Anda. Koping efektif, setiap individu berbeda, ada yang dengan melakukan teknik distraksi, ada yang hanya memanipulasi pikiran dirinya sendiri dengan berpikir positif, ada juga yang butuh bantuan orang lain untuk bisa membaskan diri dari stres.

  1. Konsultasi pada dokter

Pada kondisi stres yang sudah berlebihan dan kronis. Kemudian individu sudah tidak bisa mengkoping dirinya sendiri. Atau individu menunjukkan kgejala- gejala depresi, seperti nyeri kepala terus menerus, cenderung diam dan menyendiri, tidak suka bertemu orang, dan lainnya. Maka apabila menemukan tanda- tanda seperti itu, segeralah konsultasikan pada tenaga kesehatan dokter, atau psikolog.

  1. Bersenang- senang bersama teman

Sempatkan waktu untuk keluar bersama teman- teman. Teman merupakan orang- orang paling memahami diri Anda dan tempat terbaik untuk membebaskan stres bersama. Lakukan banyak hal menyenangkan bersama teman Anda, seperti karaoke, pergi ke mall, nonton film, atau lainnya. Melakukan kegiatan yang menyenagkan selain membangun memori indah bersama teman, juga mampu mengembalikan semangat diri untuk menghadapi hari- hari yang lebih berat.

  1. Berpikir positif

Selalu berpikir positif juga merupakan salah satu metode untuk mengurangi stres dan terhindar dari depresi. Stres muncul karena seseorang terlalu berburuk sangka dengan keadaan, atau berpikir negatif. Maka dengan berpikir positif, Anda akan lebih sabar, lapang dada, tenang, dan terbebas dari stres. Pikiran positif perlu dilatih, pikiran positif juga membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan.

baca juga:

  1. Kembalikan semuanya pada Tuhan

Kembalilah pada Tuhan, yang mengatur segalanya. Percaya bahwa tidak ada hal berat yang diberikan pada hambanya yang tidak mampu melakukannya. Dan semua yang terjadi benar- benar berasal dari skenario dan kehendak Tuhan. Maka apapun yang kamu pikirkan dan usahakan semuanya suidah digariskan oleh Tuhan, dan tetap jaga semangat dan optimisme dalam hidup. hanya Tuhan yang tahu masa depan kita, dan sebesar apapun usaha kita, hanya Tuhan yang mampu memberikan hasilnya. Dan misal pun manusia diberikan masalah, akan selalu ada hikmah dan pengalaman luar biasa dia dalamnya menjadikan kita semakin baik.

  1. Bersyukur dan berpasrah

Salah satu kuncunya adalah selalu bersyukur, dan berpasrah pada Tuhan. Apapun hasil capaian dari kerja kerasa yang sudah dilakukan, serahkan semuanya pada Tuhan dan bersyukur terhadap apapun yang diberiikan. Jangan membuat titik pencapaian diri yang terlalu tinggi melebihi kemampuan, harus selalu bersyukur terhadap kemampuan yang sekarang dimiliki.

Sponsors Link

  1. Mendengarkan musik

Musik sangat mampu membantu Anda untuk mengurangi stres. Alunan lagu yang sesuai mampu membuat hormon adrenalin meningkat dan mengembalikan mood. Tubuh dan pikiran menjadi lebih bersemangat dalam bekerja, dan terhindar dari stres atau depresi. Musik, membuat tubuh kita menjadi lebih ringan, dan enjoy. Musik juga bisa menyesuaikan keadaan mood seseorang dan membantu memperbaikinya.

  1. Buat jadwal harian yang teratur

Jika Anda tipe orang yang suaka keteteran dalam melakukan aktivitas, ada baiknya membuat jadwal harian yang teratur sehingga hidup Anda menjadi lebih tang, terencana, dan tidak membuat diri Anda terpapar oleh kecemasan yang Anda buat sendiri karena pengelolaan waktu yang tidak baik. Oprang yang terorganisir mengenai jadwal hariannya akan lebih terhindar dari stres yang tiba- tiba, karena semuanya sudah terprediksi dengan baik.

  1. Siapkan segala keperluan sejak dini

Belajarlah untu mampu memprediksi kebutuhan diri, aktivitas harian yang akan dilakukan, apa yang akan dibutuhkan, situasi apa yang mungkin datang, apa yang harus diwaspadai, apa yang harus direncanakan, dan siapkan semua keperluannya. Dengan begitu Anda akan siap menghadapi hari- hari apapun yang akan terjadi. Misal ada kemungkinan hujan, maka siap sedialah payung dalam tas, jika berangkat pagi, maka masaklah di malam hari untuk bekal esok, dan lainnya. Kesiapan Anda untuk diri Anda sendiri akan membantu kelancaran hari- hari Anda.

Baca juga:

Cara mengatasi stres dan depresi adalah menghindarinya yaitu dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan rinci sesuai apa yang akan dibutuhkan. Kedua, yaitu berpikir positif terhadap segala macam situasi dan tekanan dari luar. Ketiga, sempatkan waktu bagi jiwa dan tubuh Anda untuk beristirahat sejenak melupakan stressor stressor yang ada, dengan pergi ke satu tempat. Keempat, apabila Anda tidak bisa berlibur, maka lakukan teknik teknik distraksi atau relaksasi yang bisa Anda atur sendiri dan terapkan sendiri pada diri. Keika Anda sudah menemukan pola koping stres yang paling efektif, maka Anda bisa menjadikannya pengalihat perhatian sewaktu- waktu stres datang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :