Sponsors Link

17 Cara Menghilangkan Rasa Gugup di Segala Situasi

Sponsors Link

Semua manusia pernah merasakan yang namanya gugup atau merasa grogi. Mungkin yang berbeda adalah seberapa seringkah anda merasa gugup ketika berbicara di depan umum ? Karena porsinya setiap orang untuk tampil didepan orang lain atau menunjukan siapa dirinya berbeda-beda. Terutama jika ada acara penting, Anda tentu sudah mempersiapkan diri dengan berbagai persiapan.

ads

Namun sayangnya ketika hari pelaksanaan semua yang anda  persiapkan langsung buyar begitu berhadapan dengan publik. Rasanya kesal dan malu bukan kepayang kan. Nah untuk anda yang mudah merasa gugup jangan khawatir, berikut ini 17 tips bagaimana menangani rasa gugup meskipun perlahan-lahan. Apa saja

  1. Latih Nafas Dengan Baik

Apabila rasa gugup tiba-tiba mendatangi anda di detik terakhir anda akan melakukan kegiatan, maka anda bisa mencoba dengan melatih napas sebelum tampil di depan umum. Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas anda dan nantinya anda terlihat tidak siap, seperti kelelahan dan sebagainya. Oleh karena itu, cobalah untuk tarik napas dalam dan buang napas secara perlahan-lahan, jika merasa kesulitan menenangkan diri minta bantuan teman anda atau orang disekitar anda untuk menuntun menenangkan diri. Karena umumnya jika gugup melanda maka rasa panik juga akan melanda.

Baca juga :

  1. Fokus

Bukan waktunya lagi anda khawatir akan hal yang tidak penting. Ketika anda sedang tampil dihadapan umum, bisa jadi  beberapa audiens tidak mengerti apa yang anda jelaskan jika gugup tersebut masih ada. Terutama jika anda menyampaikan hal yang benar-benar mereka butuhkan atau informasi penting. Seringkali karena hal penting maka anda merasa terbebani dan akhirnya gugup. Jika itu terjadi, maka jangan ingatkan pada bebannya namun ingatkan bahwa anda ingin membantu orang lain, jangan fokuskan dirimu terhadap mereka, lebih baik fokuskan diri anda  terhadap orang-orang yang memperhatikanmu. Apalagi penonton atau audiens yang mengganggu dengan sikap-sikap yang akhirnya membuat penampilan anda jelek.

baca juga:

  1. Berlatih

Siapa bilang persiapan tidak mempengaruhi rasa gugup. Ketika anda seringkali berlatih, mengambil aksi dan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa membuat anda gugup, akan membuat anda semakin percaya diri. Terutama jika anda pernah mengalami sebelumnya, maka anda tidak akan asing dengan keadaan tersebut dan rasa gugup tidak akan melanda dengan buruk.

  1. Tidak Semua Peduli Pada Anda

Apakah anda tahu, kenapa rasa gugup muncul ? hal ini terjadi karena anda terfokus pada apa yang akan orang-orang pikirkan tentang anda. Padahal faktanya seringkali ada beberapa orang yang justru tidak peduli, tidak terlalu mendengarkan atau sekedar biasa saja ketika mendengarkan anda. Terutama jika anda berbicara pada acara besar yang membosankan. Dari keseluruhan penonton percayalah ada 45% penonton yang seperti itu, ingat bahwa ada orang yang juga tidak terlalu peduli dengan anda.

Baca juga :


  1. Bergeraklah

Gugup dan grogi akan semakin terlihat apabila anda hanya berada pada posisi berdiri yang tegang. Saat berpresentasi atau tampil di depan orang lain cobalah untuk santai seperti halnya menggunakan bahasa tubuh agar gugup dapat tersalurkan melalui gerakan. Contohnya seperti aktif menggunakan tangan saat berbicara ataupun sering berpindah tempat saat mencoba menunjukan tampilan di layar atau berbicara dengan topik yang berbeda.

  1. Berpikir Positif

Percayalah bahwa ketika kita berpikir positif maka semua hal tersugestikan positif dan berjalan dengan lancar. Hal yang dimaksud adalah, ketika rasa gugup itu hadir dan anda memiliki pemikiran positif maka anda akan mencoba mencari solusi atau cara dengan pikiran yang baik. Sehingga tidak memperparah rasa gugup yang anda miliki. Ketika kondisi seperti ini anda bisa memilih respon apa yang akan anda berikan, jika respon yang anda berikan negatif, maka hasilnya pun akan negatif. Namun apabila respon yang anda  berikan positif, maka hasilnya pun akan positif.

Baca juga:

  1. Hindari Stress

Stress atau tertekan akan menambah rasa gugup dan grogi semakin parah. Dengan perasaan yang tertekan sudah jelas bahwa nantinya orang tersebut tidak memiliki pemikiran yang jernih ketika tampil. Ketika ada hal yang dianggap kendala maka orang tersebut tidak akan bisa memikirkan solusi dengan baik. Untuk itu, sebelum tampil hindari stress agar tidak merasa gugup nantinya.

  1. Poses atau Gerakan Tubuh

Apakah anda tahu bahwa saat seseorang mengalami rasa gugup anda cenderung merasa lemas dan lainnya. Padahal postur tubuh yang lesu, loyo inilah yang harus dihindari sama sekali, terutama jika anda tampil di hadapan orang-orang yang memang penting atau terhormat. Karena itu akan semakin memperburuk keadaan dan juga penampilan anda. Gugup yang diselimuti penampilan yang buruk merupakan hal yang paling tidak diinginkan siapapun, tentunya termasuk anda kan. Meskipun gugup coba jaga gerakan tubuh.

  1. Tersenyum

Tersenyum merupakan jawaban selanjutnya bagaimana mengatasi hal buruk seperti rasa gugup. Apa sulitnya tersenyum, toh anda bukan tertawa bak orang gila. Anda hanya menebarkan aura positif ketika orang lain melihat anda. Dengan begitu akan ada respon positif yang menaikan kepercayaan diri anda nantinya.

  1. Pikirkan Hal Terburuk

Memikirkan hal terburuk akan memperburuk keadaan ? rasanya salah jika memiliki pemahaman seperti ini. Memikirkan hal terburuk sama dengan memikirkan resiko yang akan menghampiri anda. Tanpa mempengaruhi pikiran anda menjadi negatif tentunya. Dengan melihat resiko kedepannya anda bisa mempersiapkan solusi dan menghindari rasa gugup yang akan melanda anda karena tidak memiliki solusi.

baca juga:

  1. Gambarkan Keadaan Saat Tampil

Menggambarkan keadaan saat tampil tentu sudah bisa membantu anda mengatasi rasa gugup. Dengan menggambarkan seperti apa situasi ketika anda tampil maka akan membantu anda harus bersikap seperti apa, melakukan hal bagaimana dan lainnya. Hal seperti ini juga bisa membantu persiapan anda lebih matang lagi dan juga mendapatkan hal yang mungkin mendukung penampilan anda lebih sempurna lagi. Seperti speech atau pidato yang lebih baik dan hal lainnya.

baca juga:

  1. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih bisa menenangkan sikap yang sedang gugup, dibandingkan meminum minuman yang akhirnya memperburuk penampilan anda atau suara anda. Namun, air putih bisa menenangkan detak jantung yang cepat akibat gugup. Siapkan air putih saja ya!

  1. Tetap Berada Pada Kenyataan

Tetap berada pada kenyataan merupakan hal penting, biasanya gugup bisa timbul akibat rasa trauma karena penampilan sebelumnya yang buruk, ataupun apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Misalnya mungkin dari waktu terakhir anda melakukan pertemuan atau interview ada hal buruk terjadi. Namun coba anda fokuskan perhatian anda pada apa yang terjadi sekarang maka rasa gugup itu akan hilang.

  1. Persiapan yang Matang

Persiapan sudah jelas bisa membantu anda lebih jauh menangani rasa gugup. Adanya persiapan maka anda tahu apa yang harus dilakukan dan hal penting apa yang wajib anda sampaikan. Selain itu, hal-hal yang menjadikan kelemahan anda ketika tampil dapat diketahui lebih dulu karena adanya persiapan seperti berlatih.

  1. Jaga Kontak Mata

Menjaga agar kontak mata terus menatap lawan bicara Anda memang tidak mudah, namun hal ini bisa membuat lawan bicara seolah-olah merasakan kontak langsung dengan Anda dan ini akan mengalihkan pandangan penonton atau lawan bicara untuk mengetahui bahwa anda gugup. Hindari keseringan menunduk atau terpaku dengan membaca teks karena hal ini justru dapat meningkatkan rasa gugup yang ada.

  1. Perhatikan Penampilan

Apabila dalam acara tersebut banyak orang yang berpenampilan sempurna, kenapa anda tidak bisa ? Percaya atau tidak bahwa penampilan sering menjadi poin penting yang berperan dalam menghilangkan rasa gugup di depan orang banyak. Contohnya pemakaian baju yang sesuai dengan acara saja bisa meningkatkan percaya diri anda. Selain itu jangan lupa mengecek apakah ada sisa makanan pada gigi anda. Hal sepele seperti ini mungkin jarang dipikirkan namun penting loh

  1. Berdoa

Terakhir tentu saja berdoa agar penampilan anda berjalan dengan lancar tanpa kendala dan sesuai dengan keinginan. Berdoa merupakan hal yang bisa membantu anda lebih bisa mempasrahkan hal apapun dan menjalankannya dengan cara terbaik.

baca juga:

Itulah 17 cara yang bisa anda aplikasikan ketika merasa gugup dan juga grogi berlebihan. Perlu diingat bahwa orang yang bisa mengatasi gugupnya merupakan orang yang matang secara mental dan juga orang yang hebat. Karena memang sulit menangani rasa gugup yang ada dalam diri, namun bukan berarti tidak bisa. Semua bisa dilakukan asal mau dan bertekat tinggi. Rasa gugup yang hilang akan mempermudah segala kegiatan dan menyempurnakan penampilan anda.

Sponsors Link
, , , , ,