Sponsors Link

Apakah Gangguan Kepribadian Bisa Sembuh

Sponsors Link

Gangguan kepribadian adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik  yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Dengan kata lain, gangguan kepribadian merupakan cara tubuh kamu menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun. Baca juga mengenai : gangguan jiwa yang tidak disadari

ads

Ketika merasa terancam, sistem saraf kamu merespon dengan melepaskan aliran hormon stres, antara lain hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon ini dapat memunculkan suatu reaksi pada tubuh kamu, antara lain jantung berdebar cepat, otot tubuh menegang, tekanan darah meningkat, dan bahkan napas jadi lebih cepat. Reaksi ini disebut “fight-or-flight” alias respon gangguan kepribadian. Baca juga mengenai : gangguan mental yang unik

Dalam bentuk yang paling parahnya, tekanan psikologis serta fisik ini bisa bikin tubuh kamu menerima kekuatan tambahan untuk membela diri. Misalnya mendorong kamu untuk menginjak rem guna menghindari kecelakaan. Secara tidak langsung, tekanan psikologis dan fisik ini dapat membuat kamu berupaya menyelamatkan diri kamu pada sesuatu yang mendesak dan berbahaya. Baca juga mengenai : gangguan mental yang paling berbahaya

Namun, jika kondisi tekanan psikologis ini berlangsung cukup lama dan berlangsung terus-menerus, ini akan membahayakan kesehatan mental serta fisik kamu. Antara lain seperti:

Secara kepribadian bagi seseorang yang mengalami gangguan psikis atau jiwa memiliki kecenderungan akan terganggu pikiran dan juga perasaannya. Hal ini disebabkan banyak faktor x yang dapat mempengaruhinya, contoh salah satunya adalah trauma berat, frustasi, depresi berat sampai kepada permasalahan pribadi.

Pertanyaannya, apakah gangguan kepribadian bisa sembuh? jawabannya adalah bisa. Gangguan kepribadian berasal dari berbagai faktor, dan bsa disembuhkan dengan menghilangan faktor tersebut serta melakukan berbagai terapi.

Baca juga :

Ada banyak cara menangani dan merawat pasien atau orang yang mengalami gangguan kepribadian, yang pasti dalam setiap perawatan perlu dukungan dari anggota keluarga untuk memulihkan jiwa dan pikiran pasien gangguan jiwa. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh terapi obat pada gangguan jiwa, baik untuk usia anak sampai dewasa.

1. Melakukan Latihan Senam Berirama

Salah satu contoh terapi obat pada gangguan jiwa adalah dengan melakukan gerakan senam ringan, dengan irama musik yang rileks. Hal ini dapat dilakukan perlahan dan juga beramai ramai, tujuannya agar pasien merasakan gerakan motorik pada anggota tubuh. Dan juga salah satu cara untuk berinteraksi dengan sesama, dapat juga melatih suasana hati yang riang, gembira dan tertawa.


2. Melakukan Latihan Gerakan Tangan

Berikut ini metode latihan yang menarik bagi terapi gangguan jiwa adalah dengan latihan pergerakan tangan. Dengan mengikuti gerakan tangan yang berliuk dapat melonggarkan persedian, serta melatih gerak tangan yang lentur dan fungsinya secara normal. Hal ini dapat dilakukan dengan instruktur terlatih dan juga dalam waktu terapi yang sudah ditentukan.

3. Terapi Dengan Latihan Musik

Metode berikut ini patut untuk dicoba, dapat dilakukan secara perorangan atau juga secara bersama – sama. Contoh cara terapi obat pada gangguan jiwa yang tentu dapat memberikan satu latihan rasa, pikiran, latihan gerak, melatih kepercayaan diri dan masih banyak lagi. Terapi musik dapat disesuaikan alat musik apa yang sesuai dengan yang diharapkan. Tentu terapis akan melakukan beberapa instruksi yang akan diikuti oleh pasien.

Baca juga :

4. Terapi Dengan Bermain Bola

Bermain bola merupakan salah satu latihan bermain yang cukup asyik dan juga bermanfaat bagi pasien gangguan jiwa. Dengan terapi ini tentu semua fisik, perasaan ikut bermain. Keseruan, kegembiraan, serta tertawa dan latihan bola akan membuat pasien merasa senang, dan mengeluarkan aura buruk yag dapat disalurkan dengan bermain bola. Untuk terapi dapat dilakukan atas petunjuk instruktur atau terapis.

5. Bermain Dengan Memukul Alat

Cara lain untuk melatih psikologi dan juga fisik pasien gangguan jiwa yaitu dengan alat bantu. Alat bantu bisa berupa drum, kayu yang aman, atau palu yang terbuat dari bahan yang aman pula. Hal tersebut dilakukan dengan cara memukul – mukul alat tersebut sesuai dengan aba – aba terapis, hal ini mampu membuat motorik dan juga perasaan pasien menjadi rileks dan juga mengekspresikan kondisi psikisnya. Nah, hal tersebut sebagai contoh terapi obat pada gangguan jiwa yang dapat dilakukan.

Baca juga :

6. Bermain Dengan Melukis

Berikut latihan yang dapat dilakukan pada pasien gangguan jiwa yaitu dengan melukis. Latihan melukis dapat menjadi terapi untuk mengeluarkan aura negatif, mengembangkan ekspresi gembira, melatih indera, juga melatih kepekaan dalam melukis. Dengan panduan terapis pasien dapat melalukan kegiatan ini secara rutin.

7. Bermain Dengan Bernyanyi

Selanjutnya contoh terapi latihan bermain pada gangguan jiwa yaitu dengan bernyanyi. Bernyanyi merupakan cara yang mudah untuk dilakukan, setiap orang suka menyanyi. Dengan bernyanyi maka pasien akan merasa gembira, berekpresi dan juga meluapkan emosi yang terpendam bersama secara beramai – ramai. Hal ini tentu melalui petunjuk terapis yang berpengalaman.

8. Terapi Lainnya

  • Terapi mengurangi konsumsi gula, kafein, dan daging merah. Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.
  • Terapi memelihara binatang. Berinteraksi dengan binatang bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol.
  • Terapi meditasi dari psikiater. Kalau stres berat sudah mengarah ke depresi, ada baiknya jika kamu mengunjungi psikiater untuk mendapatkan penanganan profesional. Biasanya pasien juga akan dibekali dengan obat untuk mengatasi depresi.
  • Terapi menari. Di hari-hari yang terasa berat, mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari spontan dapat menjadi penyelamat dari suasana hati yang buruk. Coba mainkan lagu favorit kamu dan gerakkan beberapa gerakan tarian di kamar tidur.
  • erapi tertawa. Selain tersenyum, tertawa juga bisa menjadi cara menghilangkan stres. Tertawa tidak hanya menunjukkan bahwa kamu sedang menikmati momen, tapi juga mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang.
  • Terapi agama. Dr roberta lee, penulis buku berjudul the supergangguan kepribadian solution, dilansir dari, menuliskan “penelitian menunjukkan bahwa individu-individu yang lebih banyak menggunakan agama atau spiritualitas mereka untuk menghadapi beratnya kehidupan. Mereka lebih mampu mengatasi stres, lebih cepat sembuh dari sakit, dan mereka mengalami peningkatan manfaat kesehatan dan kesejahteraan pribadi mereka.”

  • Terapi doodling. Gambar, tulisan, bahkan coretan tidak ada artinya pada secarik kerta bisa menjadi cara mudah bagi kamu untuk menghilangkan stres. Nah, inilah yang pernah menjadi tren di kalangan remaja dan individu dewasa yang dikenal dengan istilah doodling.

Baca juga :

Demikianlah penjelasan lengkapnya. Semoga menjadi manfaat dan menjadi latihan bagi pasien yang mengalami gangguan kepribadian. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , , ,