Sponsors Link

13 Terapi untuk Kesehatan Mental

Sponsors Link

Terapi psikologis sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan banyak penyakit yang dilihat secara mental. Dimana banyak cara yang disebut sebagai psikoterapi yang dijadikan cara atau usaha penyembuhan untuk masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan serta perilaku pasien.

ads

Jika membicarakan mengenai psikoterapi, sebenarnya berasal dari dua kata yakni psyche dengan arti jiwa, pikiran dan mental. Serta therapy yang artinya penyembuhan, pengobatan atau perawatan secara klinis. Sehingga Psikoterapi disebut sebagai terapi mental ataupun terapi kejiwaan.

Berikut ini ada 13 jenis terapi yang digunakan untuk kesehatan mental, diantaranya adalah :

1). Behaviour Therapy

Jenis terapi pertama yang bisa diterapkan khususnya hampir sama dengan Terapi Perilaku Kognitif yaitu terapi yang bisa dilakukan pada banyak pasien. Dimana terapi seringkali dilakukan dengan menggunakan hukum seperti hukum pembelajaran. Jika seorang individu berperilaku dipercaya karena memang pembelajaran yang ia pelajari.

Ahli psikolog terapi yaitu Ivan Pavlov yang menemukan adanya teori “classical conditioning” atau “associative learning”. jika membicarakan mengenai behaviour therapi nya sendiri adalah terapi kesehatan mental manusia khususnya adalah manusia yang bertindak secara otomatis. Karena  membentuk asosiasi (hubungan sebab-akibat atau aksi-reaksi).

2) Psikoanalitik Therapy

Ketika seseorang mengalami gangguan mental, dan ia mencoba  untuk mengatakan apa pun yang ada dalam pikiran tentu akan sulit. Akan ada banyak faktor yang mempengaruhi, biasanya takut, marah, malu, sedih dan sebagainya.

Untuk itulah ada psikiater atau psikolog yang membantu menenangkan dan mengganggap bahwa diri mereka bukanlah siapapun dan tidak akan membocorkannya.

Jika membicarakan tekanan pasti terjadi karena masalah dan masalah pasti muncul karena adanya konflik yang tidak terselesaikan dengan baik di masa lalu ataupun di masa sekarang ini. Sehingga tanpa disadari dapat mengubah pola pikir serta tingkah laku.

Terapi yang bisa anda gunakan yaitu terapi psikoanalitik dimana pasien dapat memahami arti yang terselubung.

Selain karena menghadapi situasi yang ada seringkali pasien tidak sadar bahwa sebenarnya pasien mampu mengatasi perasaan dari pengalamannya. Selain karena kesehatan mental berperan penting untuk kehidupan maka terapi ini bisa membantu mendukung dan memotivasi pasien untuk tetap bisa hidup lebih baik dengan cara mengungkapkan tekanan dan konfliknya.

3). EDMR

EMDR (Eye Movement Desensitization and Reprocessing)  merupakan bentuk terapi yang dianggap unik dan juga teknologi terbaru. Dimana EDMR yang pada awalnya dirancang untuk menghilangkan distress dan rasa tertekan terutama yang berkaitan dengan adanya pengalaman atau ingatan traumatik yang sulit hilang.

Sehingga ketika melakukan terapi, stimulus eksternal yang paling sering digunakan. Seperti halnya gerakan jari tangan dimana gerakan tersebut harus diikuti dengan gerakan bola mata pasien. Saat pasien mencoba menjalani terapi EMDR, pasien memusatkan perhatian pada hal-hal yang mengganggu emosinya.

Khususnya jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang singkat sambil sekaligus memperhatikan stimulus eksternal.

Sponsors Link

4). Terapi Holistic

Cara Menggunakan Psikologi Holistik Dalam Dakwah sangatlah populer di masa sekarang ini, namun tak hanya tearapi holistik untuk pendidikan dan dakwah saja melainkan terapi untuk kesehatan mental juga. Terapi holistik sendiri adalah terapi yang dilakukan secara menyeluruh baik menggunakan obat ataupun tidak menggunakan obat.

5). Terapi Keagaamaan

Ketika ada seseorang yang ingin memelihara kesehatan mental, banyak yang percaya bahwa terapi yang diberikan dengan kembali mempelajari dan mengamalkan ajaran agama akan berguna dan bermanfaat. Psikologi Agama pun ikut menjelaskan bahwa memang kepercayaan seseorang bisa menolong mereka dari penyakit mental yang berbahaya.

ads

6). Farmakoterapi

Farmakoterapi atau terapi obat adalah terapi mental atau mengembalikan kesehatan mental dengan menggunakan obat. Terapi ini biasanya diberikan oleh dokter dengan memberikan resep obat pada pasien sehingga tidak boleh sembarangan. Selain itu farmakoterapi tidak bisa dilakukan oleh psikolog seorang. Pengobatan ini cocok untuk mereka yang mengalami permasalahan dilihat dari sistem saraf manusianya. Bukan karena psikologi atau traumatiknya.

7). Terapi Neurosis

Gangguan jiwa tidak sepenuhnya mengalami kendala seperti lupa diri, beberapa orang tetap memiliki kesadaran diri dimana dengan melalui ketidakberesan tingkah laku maka susunan syaraf biasanya juga akan terpengaruhi, Selain itu seseorang terhadap orang lain juga akan terkendala atau bermasalah. Ciri-ciri neurosis biasanya seringkali terlibat seperti konflik, reaksi kecemasan yang lumayan tinggi, kerusakan aspek-aspek kepribadian, dan sejenisnya. Terapi neurosis mengedepankan bagian kesadaran diri yang bisa kembali dengan penuh.

8). Terapi Psikodinamik

Terapi lainnya yang bisa anda dapatkan yakni terapi psikodinamik, dimana penderita depresi ini disesuaikan dengan istilah namanya. Psikodinamik mengutamakan kenyamanan pada pasiennya saja sehingga totalitas dan bisa memfokuskan diri untuk bisa terbuka dan menceritakan masalahnya. Tanpa ada interupsi pasien akan bebas mengeluarkan pikirannya.

Psikiater atau dokter memang sengaja memancing pasien, sehingga setelah pasien memiliki rasa nyaman untuk mengeluarkan apa yang ia rasakan dan pikirkan. Anda bisa melihat garis utama mengapa konflik orang tersebut terjadi.  Selain itu pola perilaku pasien yang ditangkap oleh terapis selama berjalannya terapi secara tak sadar.

baca juga:

9). Terapi Dialektik

Selanjutnya adalah dialektik adalah salah satu terapi ini bisa dianjurkan pada penderita yang seringkali mengalami depresi namun tidak stabil, fobia, panik dan bermasalah. Terapi ini juga cocok untuk mereka yang mengalami percobaan bunuh diri dan juga seringkali melamun.

Sehingga pasien harus ditemani terus menerus untuk mereka tidak mengalami masalah atau keinginan bunuh diri. Selain itu, pasien depresi seringkali mengalami abnormal dan juga permasalahan. Sehingga terapi dialek berguna untuk anda yang parah depresinya.

9). Terapi Gelombang Otak

Terapi semacam tentu banyak digunakan dan ditempuh oleh banyak penderita depresi terutama yang sudah berat, dimana Metode terapi ini menggunakan audio gelombang otak. Selain karena memang kebutuhan yang di mana di dalamnya ada musik anti-depresan sehingga aktivitas gelombang otak dan audio dapat lebih seimbang dan menyembuhkan pasiennya.

10). Terapi Cahaya

Terapi selanjutnya yang bisa mengobati depresi atau permasalahan yaitu dengan cara terapi cahaya, untuk prosedur ataupun tahapan pasien hanya tinggal duduk di kotak yang bercahaya tinggi maupun kotak terang sekali. Sehingga cahaya tersebutlah yang dianggap bisa menerapi.

11). Terapi Interpersonal

Biasanya permasalahan mental tak hanya datang dari luar namun hubungan terdekat seperti keluarga maupun teman atau orang lain biasanya memerlukan jenis terapi ini. nah untungnya ada bagian terapi yakni terapi interpersonal yang selalu membantu pasien dengan golongan masalah tersebut.

Psikiater percaya pasti ada penyebab utama dibalik kelainan yang terjadi pada si pasien ketika berinteraksi dengan orang lain.

Sponsors Link

12). PST

PST atau problem solving therapi sebenarnya bukan hanya terapi namun membantu meningkatkan kemampuan dari penderita dalam menghadapi masalah yang membuatnya tertekan dan juga merasa ingin bunuh diri untuk bisa keluar dan terbebsa.

Khususnya bagi penderita dengan usia yang tua atau mereka yang mengalami ketakutan tertentu. Dalam tahapan ini, penderita akan diminta untuk mengidentifikasi masalah serta solusi yang realistis secara bertahap.

13). Meditasi

terakhir adalah hal yang paling jelas bisa dilakukan banyak orang dan cocok untuk terapi ringan yaitu meditasi.

Demikian penjelasan dari beberapa terapi untuk kesehatan mental yang bisa diterapkan untuk menyembuhkan kondisi psikis seseorang dan mengembalikannya ke dalam kondisi normal

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis