Sponsors Link

13 Cara Melatih Anak Agar Percaya Diri

Sponsors Link

Melatih kepercayaan diri pada anak merupakan hal yang tidak mudah, anak tentu saja akan melihat dari pengaruh yang ada di lingkungan sekitar, jika lingkungan yang ada di sekitarnya tidak dapat membuatnya merasa percaya diri pasti anak akan snaat mudah merasa minder, untuk itu meningkatkan rasa percaya diri pada anak meupakan hal yang sangat penting.

ads

Rasa percaya diri juga sangatlah penting dalam meningkatkan mental pada diri anak, dan akan sangat mempengaruhi sikapnya di masa depan. untuk itu sebagai orang tua anda harus bisa belajar dan juga mengerti bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. karena hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kehidupannya kelak.

Kebanyakan anak yang merasa minder, pemalu dan takut bisa jadi dipengaruhi dari lingkungannya, padahal sebagai orang tua kita harus bisa mengarahkan anak agar bisa mmeiliki kepercayaan diri, sehingga saat dia dewasa nanti akan sangat mempengaruhi mengenai caranya dalam mengambil sebuah keputusan. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. diantaranya:

  1. Jangan pernah memarahi anak di depan umum

Biasanya kebanyaakn orang tua, saat sedang ada di tempat umum dan melihat anaknya melakukan kesalahan akan langsung memarahinya langsung di tempat tersebut, tanpa menegurnya terlebih dahulu, padahal hal tersebut tentu saja salah dan akan sangat mempengaruhi psikologisnya, anak akan merasa minder dan kehilangan rasa kepercayaan diirnya, sehingga dalam hal ini orang tua beprlu belajar mengenai pendekatan dalam modifikasi perilaku.

2. Jangan pernah membanding-bandingkan anak

Orang tua mmeiliki peranan yang snaat penting dalam hal pertumbuhan anak, salah satunya untuk cara meningkatkan rasa percaya diri pada seorang anak.

Sehingga anak akan bisa memutuskan segala sesuatu nya sendiri, untuk itu jangan pernah melakukan kesalahan dengan membanding bandingkan nya dengan anak lain, karena akan sanagt mempengaruhi rasa percaya dirinya. berilah motivasi pada anak, sehingga psikologisnya pun akan berkembang dnegan baik.

3. Mengembangkan bakat yang anak miliki

Sebagai orang tua kita pasti mengetahui apa yang disukai oleh anak dan hal apa saja yang tidak disukai oleh anak, untuk itu kita harus mampu mengetahui apa sebenarnya bakat yang dimiliki oleh anak kita, sehingga dari hal tersebut bisa kita kembangkan, nantinya akan sangat berpengaruh pada rasa percaya diri yang dimiliki oleh anak.

4. Memberikan tanggung jawab pada anak

Saat ibu sedang melalukan pekerjaan rumah, ajak anak untuk membantu pekerjaan ibu, dengan cara begitu anak akan merasa bahwa diirnya telah diberikan kepercayaan oleh orang tuanya untuk melakukan suatu pekerjaan sehingga hal ini pun akan sangat mepengaruhi cara meningkatkan percaya diri pada anak. karen anak akan terbiasa diberi tanggung jawab pekerjaan oleh orang tuanya.

5. Bermain dengan anak saat waktu senggang

Orang tua yang dekat dengan anak pasti akan snagat mmepengaruhi psikologis dari anak tersebut, sehingga jika kita mengajak anak bermain pada waktu senggang pekerjaan orang tua, pasti akan membuat anak senang, dan anak pun akan semakin merasa percaya diri, karena peran psikologi lingkungan keluarga dalam hal ini snagat mempengaruhinya.

Sponsors Link

6. Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan

Ada satu hal yang bisa mmebantu emngembangkan rasa percaya diri anak, yaitu denga sellau mengikut sertakan diirnya dalam mengambil sebuah keputusan, dalam hal ini orang tua haus mau mengikutsertakan anak dalam segala hal yang menyangkut diir anak tersebut,

Misalnya saja dalam memilih sekolah lanjutan, ibu atau ayah juga bisa mmeinta saran pada anak, sehingga dalam hal ini anak akan merasa terlibat dalam segala hal yang menyangkut dirinya sendiri, sehingga hal ini dapat melatih rasa kepercayaan diirnya.

7. Melakukan komunikasi dengan anak

Sebagai seorang anak, pai akan jauh lebih dihargai apalabila orang tua selalu mengkomuniksikan segala hal yang menyengkut anak dan keluarga.

ads

Sebagai orang tua kita juga harus mau melibatkan anak dan selalu melakukan komunikasi mengenai hal yang terjadi, sehingga dalam hal ini peran psikologi keluarga akan sangat membantu anak dalam meningkatkan rasa percaya dirinya lebih meningkat

8. Lakukan praktik bukan teori

Saat kita ingin melatih mental dan rasa percya diri anak, sebaiknya lakukan teori kepercayaan diri langsung dnegan praktik, jangan hanya melalui teori secara terus menerus.

Sehingga anak pun akan melihat dan mempelajari secara langsung apa saja hal yang perlu dilakukannya. lakukan apa yang kita arahkan secara praktik, jangan hanya dengan mmeberikan teori, sehingga secara sendirinya anak akan langsung mepraktikan segala hal tersebut.

9. Memberi pengertian bahwa rasa syukur sangatlah penting

Anak akan mencontoh segala perilaku yang ditunjukan oleh orang tua, untuk itu sebgai orang tua and aperlu memperlihatkan pada anak mengenai pentingnya bersyukur terhadap segala sesuatu atas pemberian yang telah tuhan berikan, dengan begitu juga akan melatih diri anak akan lebih belajar menegani rasa percaya dirinya kelak.

10. Mengajari anak banyak pengetahuan

Anak yang pandai pasti akan lebih merasa percaya, itu lah yang sering terjadi, untuk itu sedari anak kecil orang tua bisa juga mengajarkan pada anak berbagai pengetahuan.

Sehingga nantinya anak juga bisa belajar untuk lebih meningkatkan rasa peraya diri yang ada di dalam diirnya. dengan kepintaran yang dimilikinya anak pun akan lebih merasa percaya diri dibandingkan dengan anak lainnya.

11. Menunjukan kelebihan anak

Setiap anak di dunia ini pasti memiliki kelebihannya masing-masing, untuk itu sebagai orang tua kita harus mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh anak, sehingga nantinya ank pun akan merasa jauh lebih percaya diir menghadapi dunia, anak yang sadar akan potensi yang ada pada dirinya bahkan akan memiliki rasa percaya diri yang jauh lebih besar ternyata.

12. Jangan menjudge

Menyalahkan anak akan kesalahan yang dilakuaknnya mlaah akan mebuat anak smekainmerasa dirinya tak mampu melakukan hal terpuji, sehingga malah nantinya akan membuat dirinya kehilangan rasa percaya diri pada dirinya sendiri.

Inilah keasalahan orang tua yang seringkali tidak disadarinya, sehingg orang tua harus dapat menegur dengan cara yang tepat dan jangan hanya bisa menyalahkan anak saja.

13. Memberikan reward

Memberikan reward atau penghargaan pada anak akan mebuatnya merasa jauh lebih percaya diri, sehingga saat anak melakukan hal baik dan juga terpuji anda juga bisa memuji anak, sehingga nantinya anak akan merasa jauh lebih percaya diri.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara melatih anak agar percaya diri. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak