Sponsors Link

13 Manfaat Musik Dalam Psikoterapi dan Konseling yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang senantiasa memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua dalam artikel yang menarik yang selalu penulis sajikan buat sobat pecinta baca.

ads

Tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya nih sobat, pada kesempatan kali ini kita juga masih akan membahas mengenai psikologi. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, psikologi ini sangatlah penting peranannya dalam setiap aspek kehidupan kita. Setuju ya sobat.

Oke sobat semua, adapun artikel tentang psikologi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai 13 manfaat musik dalam psikoterapi dan konseling. Nah sobat, tentunya sobat senang ya apabila mendengar musik apalagi musik tersebut adalah musik yang menggambarkan kepribadian anda.

Nah sobat semua, musik tersebut juga bermanfaat loh buat psikoterapi maupun buat konseling. Karena seperti yang sudah mita ketahui bersama, musik tersebut sudah sejak ratusan tahun yang lalu ada dan terus mengalami kemajuan dan perkembangan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya musik tersebtu juga mengikuti zaman yang semakin hari semakin modern, dan lama kelamaan musik tersebut sudah seperti kebutuhan hidup manusia.

Pada umumnya lirik, nada maupun penekanan anda yang ada dalam sebuah lagu itu tidak terlepas dari kondisi perasaan, hati, pikiran maupun jiwa sang pemilik atau penyanyi lagu tersebut. Untuk itu, langsung saja sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Berikut ulasannnya untuk anda.

1. Bermanfaat Untuk Mengendalikan Intensitas Emosi Seseorang

Manfaat musik yang pertama dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk mengendalikan intensitas emosi seseorang. Pada umumnya, fungsi yang pertama ini sering kali digunakan untuk remaja yang memang konon tingkat emosinya masih labil. (Baca juga mengenai pendekatan psikoterapi terhadap mental illness)

Jadi biasanya anak usia remaja ini mengekspresikan kondisi emosinya melalui lagu yang dinyanyikan atau di dengarnya. Nah sobat sedangkan dalam hal prikoterapi dan konseling, biasanya musik ini digunakan sebagai alat yang bisa digunakan untuk mengolah kondisi emosi si remaja tersebut. Namun hal ini tidak mutlak hanya buat remaja saja ya sobat, ada juga orang dewasa yang mengguankan hal ini.


2. Bermanfaat Untuk Tempat Berekspresi

Manfaat musik yang kedua dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk tempat berekspresi. Dengan kemampuan pengendalian emosi yang bisa dilakukan dengan terapi musik tersebut, maka disisi lain musik tersebut juga bisa digunakan sebagai alternatif pada saat psikoterpai maupun konseling yang mana berguna sebagai tempat untuk berekspresi. (Baca juga mengenai teori psikologi dalam bimbingan konseling)

3. Bermanfaat Untuk Mengungkapkan Perhatian

Manfaat musik yang ketiga dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai tempat untuk mengungkapkan perhatian. Musik ini juga bisa digunakan oleh para konselor atau psikoterapi untuk kliennya agar bisa mengungkapkan perhatiannya, karena tidak semua cerdas dalam menggunakan kata-  kata namun ada juga yang bisa mengungkapkannya lewat musik. (Baca juga mengenai pendekatan holistik dalam psikologi)

4. Bermanfaat Untuk Terapi Tingkah Laku

Manfaat musik yang keempat dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai terapi tingkah laku. Musik sendiri tidak hanya sekedar penghiburan, namun musik ini juga bermanfaat sebagai alternative yang digunakan pada saat psikoterapi dan konseling untuk mengubah tingkah laku. Biasnya jenis musik yang digunaan adalah musik yang berbau agamawi. (Baca juga mengenai cara mengatasi gangguan obsesif kompulsif)

5. Bermanfaat Untuk Mendamaikan Batin

Manfaat musik yang kelima dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif yang digunakan untuk mendamaikan batin. Seperti yang kita rasakan bersama ya sobat, sering kali pada saat emosi atau tidak dalm keadaan yang mood, namun pada saat mendengarkan musik hal tersebut bisa membuat batin seseorang menjadi tenang. (Baca juga mengenai bentuk intervensi dalam psikologi klinis)

6. Bermanfaat Mengobati Gangguan Neurologis

Manfaat musik yang keenam dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk mengobati gangguan neurologis seseorang. Hal ini terbukti dari banyaknya para konselor dan pskoterpai yang menggunakan musik ini sebagai penghilang neurologis seperti rasa cemas, insomia maupun depresi. Nah sobat jika sobat dalam keadaan seperti ini bisa langsung mendengarkan musik saja.

7. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat musik yang ketujuh dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk menigkatkan kualitas tidur klien. Hal ini terbukti ya sobat, karena apabila kita susuah tidur salah satu cara yang bisa kita lakukan biasanya adalah dengan mendengarkan musik.

8. Bermanfaat Untuk Membuat Pikiran Rileks

Manfaat musik yang kedelapan dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk membuat pikiran rileks. Dengan mendengarkan musik, kita bisa mengarahkan pikiran dan konsentrasi kita kepada musik ayng didengar ( sesuai dengan konsisi) agar membuat pikiran lebih rileks dan tentunya lebih bertenaga.

9. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat musik yang kesembilan dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk menigkatkan kecerdasan. Pada umumnya, jenis terapi ini digunakan untuk merangsang perkembangan kecerdasan pada anak –  anak. Selain itu mendengarkan musik ini pada bayi yang ada dalam perut juga bermanfaat untuk menigkatkan kecerdasan si cabang bayi.

10. Bermanfaat Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat musik yang kesepuluh dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk mengurangi rasa sakit yang sedang dirasakan, karena bisa mengalihkan konsentrasi kita dari rasa sakit ke musik tersebut.

11. Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat musik yang kesebelas dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan. Biasanya jenis musik yang digunakan adalah musik yang menggunakan gerakan atau dance karena bisa membakar kalori.

12. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Konsentrai Kerja

Manfaat musik yang kedua belas dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk meningkatkan konsentrasi. Banyak orang yang tidak bisa bekerja jika suasana berisik. Nah dengan mendengarkan musik maka konsentrasi anda bisa meningkat ya sobat.


13. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Orgasme

Manfaat musik yang ketiga belas dalam psikoterapi dan konseling adalah sebagai alternatif untuk meningkatkan orgasme. Hal ini dikarenakan suasana musik tertentu dapat membuat suasana romantis yang meningkatkan gairah.

Oke sobat semua, itulah 13 manfaat musik dalam psikoterapi dan koseling yang bisa penulis share pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat. Sampai jumpa di artikel artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial