Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Gangguan Konsentrasi Belajar

Sponsors Link

Seiring dengan kemajuan jaman dan juga teknologi, pastinya ada beberapa hal yang berbeda dari anak jaman dahulu dan juga anak jaman sekarang, apalagi dengan kemudahan fasilitas internet saat ini bisa juga dijadikan sebagai alasan penyebab dari terjadinya gangguan konsentrasi belajar.

ads

Seperti kita kethaui, belajar adalah kebutuhan dan juga kewajiban yang memang harus dilakukan oleh para siswa dan anak-anak. namun bagaimana jadinya jika anak anda mengalami konsentrasi dalam belajar. tentu ini lah yang seringkali dialami oleh sebagian besar orang tua.

Sebagai orang tua pasti selalu menginginkan anaknya rajin belajar di sekolah dan juga bisa mengikuti semua pelajaran yang ada, namun bagaimana jadinya jika anak-anak mengalami gangguan konsentrasi dalam belajar, pasti ini akan menjaid masalh bagi setiap orang tua, sehingga kita pun harus mencari cara agar anak-anak bisa terhindar atau mencegah dari yang namanya gangguan konsentrasi dalam belajar.

Untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menangani dan juga cara meningkatkan konsentrasi belajar anak yang seringkali terjadi. diantaranya:

  1. Mengajak anak lebih aktif

Untuk bisa mencari cara dalam mengatasi gangguan kosentrasi ini, orang tua pasti melakukan berbagai cara, salah satu nya yang bisa kita lakukan adalah dnegan mengajak anak-anak lebih aktif untuk menggerakan tubuhnya, karena dengan begini otak anak pun akan terus bekerja dengan baik sehingga bisa lebih termotivasi.

  1. Melakukan olahraga yang teratur.

Dengan olahraga yang teratur kita juga bisa membuat anak lebih focus, sehingga bisa leih meningkatkan katekolamin di dalam tubuh dan juga otak anak, olahraga lah yang teratur setidaknya 30 menit dalam sehari, sehingga anak bisa lebih focus dan juga konsentrasi.

  1. Menyingkirkan gadget

Saat ini penggunaan gadget sangat bisa mempengaruhi gangguan konsentrasi yang seringkali terjadi pada anak, sehingga saat jam belajar sebaiknya orang tua menyingkirkan segala macam gadget yang ada pada anak, mematikan televisi dan menyita smartphone anak sementraa waktu juga bisa membuatnya jauh lebih berkonsentrasi, sehingga  orang tua harus mencari bagaimana agar  cara membuat anak fokus dan konsentrasi

  1. Mencari metode belajar

Setiap anak memiliki cara belajarnya masing-masing, dan biasanya untuk waktunya pun berbeda-beda, sebagai orang tua kita juga harus paham dan juga mengerti agar anak bisa lebih baik dalam kegiatan belajarnya, untuk itu carilah metode yang memang tepat dalam melakukan kegiatan belajar pada anak.

Karena hal ini juga bisa sangat membantu anak dalam meningkatkan konsentrasi belajarnya, dengan menemukan metode psikologi pendidikan yang baik dan tepat bisa membantu anak lebih focus.

  1. Membuat jadwal yang yang tepat

Anak-anak biasanya memang lebih suka bermain daripada belajar, bahkan meskipun banyak pekerjaan rumah di sekolah yang harus dikerjakan, anak-anak belum begitu mampu dan paham untuk membagi waktunya, untuk itu sebaiknya sebagai orang tua kita membuat jadwal belajar yang tepat untuk anak, sehingga dirinya bisa lebih berkonsentrasi dan juga bisa membagi waktunya antara bermain dan belajar, dengan teori menajeman waktu dalam psikologi yang tepat akan membuat anak pun akan bisa lebih konsentrasi dalam kegiatan belajarnya.


  1. Memberikan lingkungan yang baik

Lingkungan yang ada di rumah pasti akan sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar anak, sehingga orang tua pun harus bisa memberikan lingkungan yang baik agar anak bisa lebih berkonsentrasi dalam kegiatan belajarnya, biasanya lingkungan yang berisik dan hiruk pikuk banyaknya kendaraan yang lalu lalang juga bisa sangat menganggu perhatian anak, sehingga foksunya pun bisa kemana-mana, untuk itu berikan lingkungan yang baik untuk anak agar anak pun bisa konsentrasi dengan baik dalam belajar dan juga bisa membuat perkembangan atensi anak lebih baik.

  1. Memberikan motivasi dan juga minat belajar yang baik

Sebelum menyuruh anak belajar, sebiknya orang tua bangkitkan terlebih dhaulu motivasi dna juga minat belajar anak, beritahukan mengenai mata pelajaran yang harus dikerjakannya, apa manfaatnya yang bisa dia dapatkan ssaat belajar emngenai sesuatu hal, sehingga semngat dna juga minat belajar anak pun nantinya akan tumbuh dan bisa lebih focus dalam melakukan setiap hal yang harus dilakukannya.

  1. Memberikan pengetahuan cara belajar yang baik.

Menyuruh anak belajar memnag biasanya akan sangat sulit untuk orang tua, apalagi jika ank anda memiliki gangguan konsentrasi, untuk itu sebaiknya berikan kemudahan untuk anak agar bisa lebih konsentrasi dalam belajar. Berikan berbagai panduan aktif agar anak bisa konsentrasi dan memecahkan suatu masalah yang biasanya membuatnya lebih sulit untuk konsentrasi dalam belajar, sheingga rasa ingin tahu anak pun akan berkembang nantinya.

  1. Berikan waktu istirahat sejenak

Anak-anak yang sering etrganggun konsentrasi belajarnya biasanya juga disebabkan oleh orang tua yang tidak memebrikan kesempatan istirahat untuka ank bisa belajar dnegan baik, untuk itus ebiaknya anda berikan wkatu sejenak anak agar bisa berinstirahat, sehingga anak pun mau dna juga bisa lebih konsnetrasi dalam mealkukan pelajaran yang akan dilakukannya.

  1. Mengutamakan pelajaran yang disukai anak

Agar anak mau dan juga mampu berkonsentrasi dalam belajar, kita pun harus menggunakan berbagai metode yang tepat, slaah satunya mengetahui minat belajar anak pada suatu mata pelajaran, jika anak menyukai salah satu mata pelajaran tertentu, idak ada salahnya sebagai orang tua mengutamakan terlebih dhaulu mata pelajaran yang lebih disukai anak, sehingga anak pun mau dan bisa lebih konsentrasi dalam melakukan kegiatan belajarnya.


  1. Jangan pernah memaksakan anak.

Anak-anak yang terlalu dipaksakan mengenai sesuatu hal pasti tidak akan bisa membantu dalam hal mengtasi minat belajar dna juga konsentrasinya, untuk itu jangan pernah memaksakan anak meskipun dalam keadaan mendesak, karena hal ini bukanlah cara yang tepat, sebiknya berikan waktu yang luang dan juga berikan pilihan pada anak sehingga anak pun akan nyaman dan bisa lebih konsentrasi dalam belajar.

  1. Memberikan asupan makanan yang tepat

Memberikana supan makanan yang tepat juga bisa membantu anak dalam mengatasi gangguan konsentarsi belajarnya, untuk itu sebaiknya hindari juga jenis makanan yang terlalu abnyak mengandung gula, karena hal tersebut hanya akanmenganggu kesehatan anak, sebaiknya berikan makanan yang kaya akan protein dan juga lemak baik, sehingga akan membantu fungsi otak pada anak, dengan memebrikan nutrisi yang baik juga anak bisa lebih berkonsentrasi dalam kegiatan belajarnya, sehingga dengan cara untuk meningkatkan daya konsentrasi anak akan belajar dengan lebih baik.

  1. Memberikan reward

Berikan penghargaan meskipun yang dilakukan anak sangat kecil, sehinga hal ini juga bisa lebih membangkitkan minat dan keinginannya dalam belajar, mislanya dengan memberikan pujian saat anak mau belajar dnegan wkatu yang tepat, atau bisa juga memberikan barang yang diinginkannya saat anak emndapatkan nilai yang bagus dis ekolahnya, sehingga anak pun akan menghargai diirnya sendiri, sehingga bisa lebih berkonsentrasi dengan baik lagi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi gangguan konsentrasi belajar. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak