Sponsors Link

17 Manfaat Bermain Dengan Hewan Menurut Psikologi

Sponsors Link

Jika membicarakan mengenai hewan dan makhluk hidup lainnya memang tidak pernah ada habisnya. Sebagai manusia, kita memang sering memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk kepuasan dan kepentingan pribadi. Salah satunya adalah hewan peliharaan. Tak jarang dari kita sengaja ingin memiliki teman tanpa melukai kita, maka hewan peliharaan adalah pilihan yang pas.

ads

Selain itu Manfaat Memelihara Hewan Menurut Psikologi sangatlah banyak. Ada sebuah penelitian terdahulu  yang mengungkapkan bahwa, jika hewan peliharaan khususnya adalah anjing dan kucing dapat menawarkan manfaat dan juga memberikan rasa yang berbeda jika bermain dengan mereka. Dalam beberapa kasus memang sudah ada yang mengalami hal yang tidak diinginkan karena bermain dengan hewan. Hal tersebut menimbulkan Macam-Macam Trauma Psikologis.

Namun selain sisi negatifnya ada juga sisi positifnya bahkan banya, apa saja  ? ini dia 15 manfaat bermain dengan hewan peliharaan :

1. Lebih Empati

Ketika seorang anak bermain dengan hewan, maka ia akan memiliki perasaan lebih baik dan juga empati yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa hewan tidak bisa berbicara atau menyatakan sakit, senang dan lainnya layaknya manusia. Maka anda sebagai teman mainnya harus tahu dan merasa peka dengan keinginan hewannya. Khususnya jika yang memelihara hewan adalah anak.

Kepedulian anak pada hewan akan sejalan dengan empatinya pada manusia dan ini sama saja dengan melatih rasa empatinya. Pengertian Empati Menurut Para Ahli mungkin rumit untuk anda mengerti. Namun jika langsung praktek anda akan tahu betapa pentingnya empati.

2. Belajar Ketulusan

Ketika anda bermain dengan hewan peliharaan mereka mengandalkan insting bukan pikiran. Jika anda memang bermain dengan penuh ketulusan maka mereka akan membalas dengan cara yang sama.

Cinta dan kasih sayang hewan berikan tentu berbeda dengan manusia yang banyak reka dan tambahannya. Hewan mungkin tidak tahu takaran harus memeluk anda dan mencoba untuk mengggigit kecil tangan anda sebagai rasa sayang. Namun mereka bisa mengajarkan apa yang dimaksud sebagai ketulusan dan tanpa pura-pura.

3. Penghibur Penat

Penat seringkali melanda, entah karena seharian telah belajar atau berkatifitas. Ataupun anda yang baru saja bekerja di kantor dan pulang dalam keadaan penat. Maka anda pasti ingin mencoba untuk mendapatkan hiburan tanpa harus ditanya kenapa dan apa.

Dengan bermain bersama hewan peliharaan tidak ada lagi pertanyaan siapa dan kapan atau bagaimana hari anda. Tanpa bertanya mereka akan menghibur anda dengan bermain bersama.

Baca juga :

4. Menaikan Rasa Toleransi

Toleransi merupakan sikap manusia yang tidak menyimpang dari aturan atau norma dan juga menghargai serta menghormati orang lain apapun yang ia lakukan jika masih dalam kategori baik dan ada batasannya. Mereka yang memelihara hewan dan bermain dengan hewan membiarkan makhluk asing lain masuk dan mencoba berkenalan dengan dunia anda. Ternyata hal ini berpengaruh pada rasa toleransi yang nantinya akan meningkat seiring berkembangnya anda sebagai manusia.

Sponsors Link

5. Terapi Sosial

Ikatan dan persahabatan yang dijalin dengan hewan peliharaan sering kali menjaga kesehatan fisik dan mental lebih baik dari mereka yang tidak pernah memiliki hewan peliharaan. Melalui interaksi dengan hewan, anak akan belajar tentang emosi dan sosial skill. Maka itulah, bias kita lihat hewan banyak dipergunakan dalam terapi anak berkebutuhan khusus.

6. Melatih Sikap Terbuka

Jika tidak dibiasakan memiliki sikap terbuka, maka seorang anak akan sulit membaur dan bisa berinteraksi dengan orang lain. Namun jika dibiasakan dengan hewan. Minimal seorang anak khususnya bisa bermain dan bersikap terbuka. Mereka tidak terlalu mengasingkan diri dan bisa percaya diri untuk.membuka diri. Bersikap terbuka bukan berarti percaya pada siapapun, melainkan bersikap terbuka adalah mau beradaptasi dan menerima orang lain untuk berinteraksi dengan diri mereka.

7. Melatih Ketekunan

Ketika anda memutusakan untuk memiliki hewan, maka anda akan banyak mengajarkan berbagai hal kepada si kecil. Khususnya mereka yang mencoba mengerti dunia baru bersama dengan hewan. Anda bisa mengajarkan trik-trik baru pada hewan peliharaan khususnya hewan pintar seperti anjing dan juga kucing, dan membuat anak-anak melatih hewan peliharaan mereka untuk lebih tekun dalam melakukan sesuatu. Meskipun jika dilihat seperti bermain, tak jarang baik hewan peliharaan akan semakin pintar dan si Kecil pun belajar untuk menekuni kegiatan yang positif.

Jarang sekali orang tua yang memikirkan sampai ke titik ini. Padahal sangat penting adanya pembelajaran yang berbeda dan bisa melatih anak dari berbagai sisi tak hanya akademik atau keterampilan saja. Padahal mengajarkan anak dari sisi mental dan kebutuhan secara penalaran juga sangat penting dan bisa didapatkan pada hewan.

Baca juga :

8. Mempererat Hubungan Keluarga

Ketika ada anak bermain dengan hewan, anda sebagai orang tua atau keluarga harus menjaga keduanya. Agar tidak terjadi hal seperti anak yang melukai hewan atau kebalikannya. Dengan bermain dengan hewan, mau tidak mau anda juga harus menjaga anak-anak dan duduk bersama mereka. Salah satu cara mempererat hubungan kita dengan keluarga kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan.

9. Belajar Kehidupan

Dari mana lagi anak anda belajar mengenai kehidupan, akan ada mati dan juga hidup. Ketika temannya yakni hewan peliharaan tersebut mati. Sudah jelas anda atau mereka yang memelihara dan sering bermain dengan hewan peliharaan akan sedih. Namun dari sinilah anda bisa belajar mengenai kehidupan.

ads

10. Tidak Egois

Tidak egois merupakan dampak selanjutnya jika anda mau bermain dengan hewan. Meskipun terkadang hewan peliharaan cenderung mengalah dan tidak melawan pemiliknya kemudia mereka lebih memilih untuk memenangkan hati pemiliknya. Tetapi bermain dengan hewan mengajarkan untuk berbagi, dan bisa dijadikan Cara Menghilangkan Sifat Egois yang efektif.

11. Belajar Jujur

Mungkin anak anda tidak mengakui bahwa ia memecahkan vas, namun karena ia sering bermain dengan hewan dan merasa bahwa hewan adalah temannya maka anak anda tidak akan berani berbohong meskipun didepan hewan peliharaan anda. Padahal yang kita tahu hewan tidak bisa berbicara kan. Namun dampaknya bisa sejauh ini.

12. Memahami Maksud Anak

Ketika seorang anak memutuskan untuk bermain dengan hewan dan memelihara hewan, maka ada beberapa jenis hewan yang ia sukai ada yang tidak. Anda bisa menilai dan memahami sifat mereka dari pilihan hewannya. Seperti memilih reptil tentu mereka memiliki sifat yang pemberani, kemudian memelihara hewan kelinci untuk mereka yang menyukai kelembutan namun bertanggung jawab dan lain sebagainya.

13. Terapi Gratis

Terapi gratis bisa dimanfaatkan untuk anda yang sering bermain dengan hewan. Binatang memiliki sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang terutama jika anda pemiliknya. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan tubuh manusia.

Ada beberapa penelitian yang menghasilkan data bahwa pasien yang sakit dan menghabiskan waktu bersama binatang kesayangannya akan berangsur sembuh. Terutama bagi anak penderita autisme, hewan bisa jadi terapis paling ampuh.

14. Penjaga Anak

Meskipun masih banyak orang tua yang menjaga anaknya ketika bermain dengan hewan, namun sudah beribu hewan membuktikan bahwa ia berhasil menjaga anak-anak. Biasanya hewan tersebut akan memeluk (terutama anak-anak) dengan kelembutan layaknya anaknya sendiri. Hewan memiliki insting yang kuat dan tajam.

15. Penghilang Stress

Menghilangkan stress sudah jelas menjadi penelitian utama yang menyebabkan mengapa para pria dan wanita kantoran baiknya memelihara hewan. Meskipun dalam beberapa waktu seringkali ada kerepotan seperti membersihkan kandang, membeli makan dan lainnya namun bermain dengan hewan (khususnya kucing dan anjing) akan meredakan stress.

16. Menenangkan Depresi

Ciri-Ciri Depresi Ringan sangat banyak, sampai terkadang orang disekitar tidak tahu bahwa anda depresi. Namun ketika anda bermain dengan hewan mereka tahu bahwa anda sedang tidak baik. Maka mereka akan menemani anda dan mengajak anda bermain.

Dampak depresi ada yang bermacam-macam, bisa jadi orang tersebut banyak masalah, banyak tuntutan, mengalami traumatik dan lain sebagainya yang menyebabkan ia hanya butuh pelukan tanpa perlu ditanya apapun. Hewan sudah jelas bisa melakukannya. Untuk itu, bermain dengan hewan bukan hanya mengatasi depresi bisa juga Cara Mengatasi Stres dan Depresi.

17. Meningkatkan Percaya Diri

Apa hubungan percaya diri dengan memelihara atau bermain dengan hewan. Mereka yang mau bermain dengan hewan merasa yakin bahwa dirinya bisa berteman dengan siapa saja tanpa takut tidak diterima atau sebaliknya. Mereka yang bermain dengan hewan tidak takut berteman dengan siapa saja. Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang efektif salah satunya tentu main dengan hewan peliharaan.

Demikian penjelasan terkait apa saja Manfaat Bermain Dengan Hewan Menurut Psikologi. Semoga informasi diatas bisa membantu memberikan pengetahuan tambahan bagi anda yang masih ragu untuk bermain dengan hewan.

Sponsors Link
, , , ,