Sponsors Link

7 Contoh Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologi

Sponsors Link

Ada banyak yang bisa diambil melalui sistem pakar bidang psikologi, contohnya yaitu sebagai salah satu cara dengan menggunakan teknologi terbaru saat ini. Sebuah sistem yang dapat dipergunakan dalam memudahkan tes psikologi terhadap kepribadian seseorang.

ads

Baca juga :

Praktek dari sistem pakar ini dapat digunakan dalam bidang psikologi tentunya, karena dipandang sebagai cara untuk penyimpanan pengetahuan pada bidang tertentu dalam program komputer atau PC, sehingga keputusan dapat diberikan dalam melakukan penalaran secara cerdas dan tepat sasaran.

Berikut ini contoh sistem pakar dalam bidang psikologi yang sering digunakan dalam bidang ini :

1. Dengan cara cognition & psycolinguisticsYaitu sistem pengetahuan yang diambil dari seorang atau ahli yang pakar dalam domain tersebut dan sistem pakar ini bekerja dengan cara meniru metodelogi dan kinerjanya. Cara ini dapat digunakan untuk mengetahui pribadi seseorang dengan mudah dan juga tepat.

2. Dengan menggunakan sistem pakar psikologi secara CF ( certainly factor ). Sistem pakar yang diterapkan dalam psikologi anak, yaitu untuk menentukan jenis gangguan perkembangannya. Contoh masalah perkembangan pada anak pada kasus conduct disorder, sebuah gangguang pada kelainan perilaku dimana anak sulit membedakan benar salah atau baik dan buruk, sehingga anak merasa tidak bersalah walaupun sudah berbuat kesalahan.

Baca juga :

3. Contoh sistem pakar dalam bidang psikologi lainnya adalah dengan cara melakukan tes kepribadian. Cara ini dapat dipakai pada setiap orang yang ingin diketahui secara rinci mengenai perkembangan kepribadian. Banyak cara yang menggunakan medote ini walau agak klasik namun cukup terbukti akurat dan tepat.

4. Sistem pakar psikologi dalam bentuk teknologi saat ini yahg disebut dengan MBTI ( Myers-Briggs Type Indicator ), yaitu sebuah metode tes kepribadian dengan menggunakan 4 karakter seperti karakteristik ekstrover atau introver, sensitif atau intuitif, pemikir atau perasa, serta memahami atau menilai. Metode ini dipakai untuk kasus seperti konselling, bimbingan, dunia karir dan juga pendidikan.


5. Selain sistem tersebut diatas, ada lagi contoh sistem pakar dalam bidang psikologi disebut dengan RMIB ( Rothwell Miller Inventory Blank ). Yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur bakat dan minat seseorang. Sistem ini digunakan lebih banyak untuk dunia pendidikan, kesenian, pelatihan dan sebagainya. Tes ini dapat digunakan untuk mengantisipasi perbedaan antara keinginan orang tua dan keinginan anak. 

Baca juga :

6. Menggunakan metode sistem proyektif yaitu dengan tes yang digunakan untuk mengetahui ambigu seseorang. Dengan menggunakan metode ini akan diketahui bagaimana karakter seseorang melalui cara seseorang mendeskripsikan suatu gambar, cara melengkapi gambar dan juga menggolongkan sebuah objek. Cara ini masih digunakan sebagian orang untuk mengenal pribadi individu.

7. Contoh sistem pakar dalam bidang psikologi lainnya juga dapat menggunakan cara experimental melalui sistem laboratorium. Yaitu melalukan penelitian dengan cara experimen dan menentukan sendiri pada sesuatu yang akan ditelitinya, kapan, seberapa sering melakukan penelitiannya, dan lain sebagainya.

Baca juga :

Dalam dunia psikologi ada beberapa cara dan metode yang dapat ditempuh selain yang disebutkan diatas. Namun, penjelasan diatas merupakan salah satu contoh yang biasa digunakan dalam mengenal pribadi seseorang khususnya dalam bidang pendidikan, karir, kesehatan, bakat dan lain sebagainya.

Demikian 7 contoh sistem pakar dalam bidang psikologi, semoga bermanfaat bagi Anda untuk saat ini dan masa yang akan datang. Sampai berjumpa kembali.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi