Sponsors Link

17 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Berani

Sponsors Link

Rasa Kepercayaan pada diri sendiri merupakan hal penting dan modal dalam hidup bermasyarakat. Namun tidak semua oran gbisa dengan mudah mempraktekkan rasa percaya diri yang tinggi. Hal itu disebabkan rasa tidak percaya pada diri sendiri dan menganggap diri penuh dengan kekurangan. Manusia cenderung melihat orang lain lebih baik dari dirinya dan lebih unggul. Namun, kurangnya rasa percaya diri ini justru berdampak negatif dalam memnuhi peranan sosial di masyarakat.

ads

Beberapa orang mampu meningkatkan rasa percaya dirinya dengan cepat berkat dukungan orang –orang terdekat, namun beberapa orang tidak bisa meskipun banyak dukungan sudah diberikan padanya. Dukungan dari luar memang cukup berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri, namun sumber utama rasa percaya diri itu pada dasarnya berasal dari diri kita sendiri dan perlu untuk dilatih agar lebih baik. Berikut ini akan memberikan informasi pada Anda terkait cara meningkatkan kepercayaan diri.

  1. Sadari bakat

Pertama kali kenal lah diri Anda sendiri melebihi orang lain. Merenunglah dan lihat ke dalam diri Anda, kelebihan apa yang Anda punya. Semua orang memiliki bakat entah itu bakat sejak lahir ataupun bakat yang diasah secara terus menerus seperti hobi. Hampir semua orang memiliki kesalahan yaitu tidak mengenali dirinya sendiri dan tidak mampu mengetahui bakat yang ada dalam dirinya.

Setiap orang mungkin memang memiliki kelemahan, namun percayalah bahwa dibalik kekurangan tersebut tersimpan juga kelebihan tertentu. Masing- masing orang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda- beda, sehingga tidak bisa Anda ingin disamakan atau ingin menjadi seperti orang lain. Untuk mengumpulkan rasa percaya diri, pertama adalah cari tahu bakat tependam apa yang Anda miliki.

Bakat juga bisa berasal dari kebiasaan atau hobi yang disukai. Atau suatu aktivitas yang sering dilakukan dan mampu dilaksanakan dengan baik. Bakat tidak memiliki batasan dan meskipun sama dengan orang lain, tingkat kemampuannya tetap memiliki perbedaan. Nah, ketika Anda tidak sebaik orang lain, janganlah minder. Karena bbakat itu butuh untuk diasah dan paparan yang lebih sering untuk bisa meningkatkan kemampuannya.

  1. Kembangkan bakat Anda

Merasa tidak memiliki bakat apapun? Eits, tunggu dulu. Coba fokuskan diri Anda pada hobi yang disukai. Dari hobi seperti bersepeda, menanam bunga, berjualan dan sebagainya, coba tekuni. Lakukan hobi tersebut setiap hari dan berkumpullah dengan orang- orang dengan hobi yang sama. Belajarlah dari orang lain. Anda akan mendapatkan beberapa kesulitan yang mungkin terasa berat, namun jangan menyerah. Lakukan dengan hati senang dan berusahalah secara optimal. Pada intinya, perhatikan apa yang menjadi daya tarik Anda dan lakukan secara rutin. Ketika Anda memiliki banyak informasi dan pengalaman, disitulah rasa percaya diri akan perlahan muncul dan menjadi lebih kuat.

  1. Belajar berfikir positif

Berlatih menjadi orang yang selalu berfikir positif, memang sulit. Namun menjadi orang dengan pikiran negatif justru tidak mendatangkan manfaat apapun. Pikiran negatif juga memerlukan ekstra energi yang mampu menguras mood Anda. Orang dengan pikiran negatif hidupnya cenderung tidak nyaman dan selalu memiliki kekhawatiran. Sedangkan orang dengan pikiran positif dapat hidup dengan tenang dan damai, karena baginya semua hal atau kejadian pasti ada tujuan baiiknya dan manfaat baik. Dengan memiliki pikiran yang positif, Anda bisa menjadi lebih tenang dalam mempersiapkan hari- hari Anda, selain itu juga menjadi lebih siap terhadap apapun yang akan terjadi.

baca juga:

Sponsors Link

  1. Cobalah untuk memberikan penilaian terhadap dirimu sendiri

Menilai diri sendiri bukanlah hal yang mudah dan juga memerlukan keberanian dan percaya diri. Persepsi merupakand asar dapi pemberian penilaian bagi diri sendiri maupun kepada orang lain. Orang yang mampu menilai dirinya sendiri akan menjadi lebih bijaksana dan tidak asal menilai orang lain. Dengan kemampuan ini juga seseorang akan mampu menyadari kekurangan orang lain dan diri sendiri dan menjadi lebih percaya diri. Salah satu cara untuk belajar menilai diri sendiri bisa dengan membuat pencapaian- pencapaian kecil jangka pendek untuk diri sendiri. Berikan tolak ukur dan capaian yang harus dicapai. Apabila berhasil syukuri dan apabila tidak berhasil, intropeksi diri dimana kira- kira telah melakukan kesalahan atau kekurangan dan perbaiki di waktu lain.

  1. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

Masing masing orang tumbuh dengan caranya sendiri –sendiri dan tentu tidak sama. Maka janganlah membanding bandingkan diri Anda dengan orang lain. Belum tentu orang lain itu lebih hebat dari pada Anda. Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau, namun bangunlah rasa percaya diri bahwa kelak Anda bisa berkemmbang lebih dari orang lain dengan cara Anda sendiri. Pengalaman hidup yang berbeda pada masing- masing orang akan membentuk karakter yang berbeda pula. Akan lebih baik jika Anda membandingkan diri dengan diri Anda sendiri di masa lalu. Perubahan baik apa yang sudah Anda capai?

  1. Bebaskan diri Anda

Banyak banyaklah belajar dari berbagai macam sumber informasi. Bisa dari teman, tetangga, majalah, media elektronik dan lainnya. Tingkatkan pengetahuan Anda mengenai berbagai hal. Hal ini membantu Anda dalam interaksi sosial dimana pengetahuan yang Anda miliki mungkin berguna untuk berbagi informasi dalam kelompok. Sering- seringlah bermain atau berkumpul dengan orang lain, hindari menyendiri atau hanya hidup dalam hobi yang bersifat personal saja. interaksi sosial dalam masyarakat sangat membutuhkan orang- orang dengan wawasan yang luas.

  1. Perhatikan penampilan

Penampilan juga merupakan komponen esensial dalam meningkatkan kepercayaan diri. Penampilan yang baik, rapi akan memberikan efek percaya diri yang lebih tinggi. Ketahuilah kapan dan kostum seperti apa yang perlu Anda pakai dalam acara tertentu. Gunakan baju yang rapi dan bagus ketika berada di acara resmi. Sesuaikan perpaduan warna antara elemen elemen berpakaian. Gunakan baju atau riasan yang tidak berlebihan dan cocok atau sesuai dengan acara. Jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan, maka cari tahu dan pelajari tentang bagaimana berpenampilan yang menarik.

baca juga:

  1. Belajar bersyukur

Bersyukurlah pada apa yang ada dalam diri. Misalnya mengenai wajah, penampilan tubuh, kemampuan, skill, ekonomi keluarga, kondisi keluarga, dan lain sebagainya. Ketika Anda menjadi orang yang bersyukur pada apa yang Anda punya, maka Anda akan lebih percaya diri dalam menghadapi hidup. Janganlah merasa bahwa diri Anda jelek, berpenampilan buruk, ataupun minder dengan status ekonomi atau keluarga.

ads
  1. Lakukan sesuatu jangan hanya merencanakan saja

Bermimpi besar dan penu hdengan rencana- rencana keren saja tidak cukup. Anda perlu rasa percaya diri untuk mampu melaksanakan rencana itu mejadi nyata. Begitu pula ketika Anda mengajak orang lain untuk bergabung dengan rencana Anda, Ada perlu menyampaikannya dengan rasa percaya diri dan keyakinan yang pasti. Rasa percaya diri Anda akan mempengaruhi anggapa orang lain terhadap rencana yang Anda buat.

  1. Terbuka dengan diskusi

Berbagi pendapat dan saling berdiskusi merupakan hal yang baik untuk meningkatkan wawasan diri. Semakin tinggi wawasan, maka semakin tinggi pula rasa percaya diri. Orang dengan wawasan tinggi mampu merencanakan, dan memprediksi banyak hal dalam hari- harainya sehingga rasa percaya diri untuk menghadapi aktivitas harian pun juga tinggi.

baca juga:

  1. Jangan sombong

Seluas apapun wawasan dan pengalaman Anda, jangan pernah menjadi pribadi yang sombong. Sombong juga merupakan salah satu ciri dari orang yang memiliki rasa percaya diri terlalu tinggi. Terlalu percaya diri juga tidak baik, karena hakikatnya manusia tidak selalu benar dan tidak dapat menjadi yang paling baik diantara yang lainnya. Manusia akan selalu memiliki kekurangan dan juga bisa melakukan kesalahan sepandai apapun orang tersebut.

  1. Tetap rendah hati

Menjaga hati tetap rendah diri mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Namun berusahalah untuk selalu menjadi diri yang humble, rendah hati, dan merasa selalu perlu perbaikan diri. Mau menerima masukan dari orang lain dan bersikap terbuka adalah cara untuk menjaga diri untuk tetap rendah hati.

  1. Mau mengakui kesalahan diri

Jangalah enggan untuk mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Memberitahu apa yang terjadi adalah hal terbaik untuk memperbaiki keadaan. Karena apabila kesalahan disembunyikan maka hati tidak tenang begitu juga perasaan minder akan terus ada.

  1. Seraplah segala macam informasi dan ilmu dari mana saja

Jadilah seseorang yang terus belajar dari apapun dan kapan saja. belajar bisa lewat orang lain, orang terdekat ataupun orang asing, belajar dari literatur buku, media massa, ataupun dari cerita pengalaman orang lain. Mendapatkan banyak informasi akan menambah wawasan yang berakibat pada peningkatan rasa percaya diri.

  1. Berfikirlah bahwa semua manusia itu sama

Jangan pernah minder dan merasa diri Anda berbeda. Masing masing manusia pada dasar nya adalah sama. Dan setiap kelebihan dibarengi oleh kekurangan dalam hal yang berbeda.

  1. Berfikirlah bahwa proses adaptasi itu wajar

Proses tumbuh kembang yang memerlukan proses adaptasi itu wajar dan dialami oleh semua orang sehingga jangan jadikan masa lalumu sebagai penghalang untuk percaya diri dan melakukan hal- hal lain kedepannya.

  1. Pastikan diri Anda untuk terus berkembang

Teruslah belajar dan berkembang. Terus tetapkan tujuan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Jangan pernah menyerah untuk terus memperbaiki dairi dan terus belajar. Teruslah berkembang ke depan dan jadikan masa lalu sebagai pembelajaran yang terbaik.

baca juga:

Cara meningkatakan percaya diri diatas bisa Anda terapkan pada diri sendiri dan dengan dibarengi keyakinan yang besar. Rasa yakin disertai wawasan yang tinggi akan memunculkan rasa percaya diri yang besar dalam mengambil keputusan atau melakukan suatu hal.

Sponsors Link
, , , ,