Sponsors Link

17 Peranan Psikologi Komunikasi dalam Hubungan Antar Manusia

Sponsors Link

Hubungan antar manusia berkembang melalui proses komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi antar manusia termasuk proses komunikasi yang muncul dengan menggunakan kata – kata dan nada suara, postur dan ekspresi wajah. Orang – orang menerima dan menunjukkan cara berkomunikasi melalui kedua cara tersebut.

ads

Untuk mengartikannya, diperlukan penguasaan dan pembelajaran dalam bidang psikologi komunikasi. Unsur psikologi dalam berkomunikasi akan membantu untuk menafsirkan pola – pola komunikasi yang terjalin dalam hubungan antar manusia.

Psikologi komunikasi adalah cabang ilmu yang mempelajari komunikasi berdasarkan aspek psikologis. Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia sangat membantu untuk menjembatani kesenjangan komunikasi apapun yang mungkin terjadi antara manusia, baik itu berupa komunikasi verbal maupun non verbal. Dengan kemampuan untuk memahami psikologi komunikasi, maka akan menghindarkan pihak – pihak yang terlibat dari kesalah pahaman yang merugikan berkat adanya pemahaman bersama.

Pengertian, Ruang Lingkup dan Bentuk Psikologi Komunikasi

Psikologi komunikasi merupakan ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa secara mental dan perilaku manusia dalam berkomunikasi. Komunikasi dipandang sebagai perilaku dalam psikologi yang bersifat manusiawi, menarik dan melibatkan orang – orang di berbagai situasi. Psikologi akan mengupas diri manusia sebagai pelaku komunikasi dan juga berbagai komponen dalam komunikasi.

Ruang lingkup psikologi komunikasi penjelasan lengkap perlu dibahas panjang lebar pada pembahasan yang lain. Pembahasan singkatnya bahwa ruang lingkup psikologi komunikasi mencakup karakteristik dan aspek biologis dari diri manusia yang melakukan komunikasi tersebut, dan juga seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi.

Antara lain berupa komunikator, pesan, juga penerimaan dan pengolahan pesan tersebut, juga manusia dan media yang digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi bagi bidang psikologi adalah merupakan penyampaian energi mulai dari indera ke otak dan berbagai proses yang terjadi pada komponen komunikasi tersebut.

Bentuk – bentuk komunikasi sebagai hasil dari keterkaitan antara komunikasi dan psikologi yaitu interaksi tatap muka yang terjadi antara dua orang secara langsung, interaksi interpersonal melalui media atau perantara, dan komunikasi massa yang berupa cara berkomunikasi langsung dengan orang banyak. Salah satu aspek atau bentuk komunikasi yang akan dibahas berikutnya adalah peranan psikologi komunikasi dalam hubungan manusia.

Ada beberapa contoh implementasi teori dalam proses komunikasi yang dapat mendukung hubungan interpersonal dalam psikologi komunikasi.

Peranan Psikologi Komunikasi dalam Hubungan Manusia

Psikologi komunikasi berperan dalam beberapa aspek yang ada pada kehidupan manusia dan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Mempengaruhi Kecerdasan Emosional

Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia berhubungan dengan kecerdasan emosional seseorang. Kecerdasan emosional akan mempengaruhi kompetensi seseorang dalam kemampuannya untuk mengembangkan hubungan yang sehat, dan untuk menerjemahkan emosi yang dirasakan orang lain. Ketahuilah contoh asosiasi dalam psikologi komunikasi , contoh sensasi dalam psikologi komunikasi dan pengertian sensasi dalam psikologi komunikasi.

Sponsors Link

2. Menumbuhkan Rasa Percaya

Melalui komunikasi Anda dapat menumbuhkan rasa saling percaya dalam hubungan antar manusia. Komunikasi yang terjalin secara verbal dan non verbal dapat membantu mengukur tingkat kepercayaan seseorang. Perilaku yang konsisten akan mendorong tumbuhnya rasa percaya, karena menunjukkan bahwa perilaku yang sama akan berlanjut di masa depan.

3. Menumbuhkan Saling Pengertian  

Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia dapat membangun saling pengertian antara satu orang dengan lainnya. Menggunakan psikologi komunikasi kita dapat mengerti akan pesan – pesan dalam hubungan antar manusia.

Pesan ini termasuk cara Anda untuk menyatakan sesuatu kepada orang lain dan lebih mendalam daripada kata – kata yang hanya memiliki makna di permukaan saja. Kemampuan untuk memahami proses komunikasi dengan menggunakan ilmu psikologi akan membuat seseorang dapat menyingkap arti dan makna tersembunyi yang mungkin saja ada dalam suatu proses komunikasi.

4. Menentukan Identitas Seseorang

Berkomunikasi dengan orang lain juga akan membantu membangun identitas kita sendiri, karena hal itu dapat menjabarkan peranan yang Anda pegang dalam sebuah hubungan dan citra diri yang ditampilkan ke publik.

Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia akan membantu kita menentukan posisi diri di mata orang lain. Dengan demikian, juga akan membantu kita untuk menentukan tindakan yang harus diambil dan bagaimana cara bersikap dan menanggapi situasi tertentu.

ads

5. Menentukan Tingkat Hubungan

Menurut empat tahap teori dari Altman dan Taylor mengenai perkembangan relasional, perilaku publik kita dan interaksi yang dilakukan mengkomunikasikan perkembangan suatu hubungan. Pertemanan muncul apabila kita mengungkapkan detail pribadi mengenai kepribadian kita dan mengembangkan kepercayaan lebih untuk berkomunikasi selanjutnya.

Setelah itu akan berkembang hubungan romantis atau persahabatan, lalu pada tingkat keempat tidak memerlukan banyak komunikasi verbal sebab sudah terjalin saling pengertian dengan baik.

6. Berbagi Arti

Kita menerima dengan yakin bahwa kata – kata yang diucapkan menyampaikan persis apa yang dimaksudkan. Dalam beberapa hal, ini merupakan asumsi yang salah. Kenyataannya kata – kata seringkali tidak diterima sebagaimana yang dimaksudkan oleh pesannya, atau dengan persepsi dalam psikologi komunikasi yang salah.

Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia adalah untuk menyamakan arti dari suatu pesan sesuai dengan makna yang sebenarnya.

7. Memungkinkan Komunikasi yang Koheren

Kata – kata seringkali tidak bermakna sama untuk setiap orang sehingga dapat menghambat proses komunikasi. Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia adalah untuk dapat menjalin komunikasi yang koheren.

Artinya, dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan berpangkal pada sumber masalahnya dan usaha untuk mengatasi masalah tersebut, menanggapi masalah dengan fokus dan tanggapan yang sesuai.

8. Memperkuat Sugesti

Arti sugesti adalah proses yang dialami individu untuk menerima cara pandang orang lain tanpa mengkritik hal tersebut. Untuk mempermudah pemberian sugesti, diperlukan penerapan psikologi dalam cara berkomunikasi yang tepat. Ketahuilah juga apa saja faktor situasional dalam psikologi komunikasi, penggunaan psikologi komunikasi dalam konseling, dan ciri pendekatan dalam psikologi komunikasi.

9. Membangun Hubungan Sosial

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa merasa tidak membutuhkan siapapun. Gunanya memahami psikologi dalam komunikasi tentu saja adalah untuk menumbuhkan hubungan sosial yang baik dengan sesama manusia dan mempertahankan hubungan sosial dengan orang lain. Dengan demikian, komunikasi dapat menjadi cara untuk membangun hubungan sosial yang kokoh melalui landasan yang kokoh pula, sehingga hubungan tersebut tidak mudah rusak atau terganggu.

10. Mencapai Tujuan 

Tujuan berkomunikasi adalah untuk mencapai tindakan yang dikehendaki oleh salah satu pihak terhadap pihak yang lainnya. Tindakan nyata adalah tanda yang paling penting bahwa komunikasi telah berjalan dengan baik. Untuk itu diperlukan kemampuan dalam psikologi komunikasi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Apabila komunikasi tidak diiringi dengan pemahaman psikologis, akan ada kemungkinan kecil tujuan tersebut bisa tercapai.

11. Menimbulkan Kesenangan

Kesenangan dalam hubungan antar manusia diperoleh dari hubungan yang terjalin dengan hangat, akrab dan menyenangkan. Untuk itu tentunya diperlukan cara berkomunikasi yang tepat agar dapat terbentuk suasana yang menyenangkan dalam hubungan antar manusia. Ketahuilah juga pembahasan mengenai klasifikasi kelompok dalam psikologi komunikasi.

12. Mempengaruhi Sikap

Pesan yang dikomunikasikan akan menimbulkan efek pada diri sasaran komunikasi. Dengan demikian, menggunakan psikologi komunikasi akan bertujuan untuk dapat mempengaruhi pendapat, sikap dan tindakan berdasarkan manipulasi psikologis sehingga dapat mempengaruhi tindakan orang lain. Jika komunikasi yang dilakukan efektif, maka tujuan yang ingin dicapai berupa perubahan sikap dapat tercapai dengan mulus.

13. Belajar Berempati Dalam Berkomunikasi

Empati berarti kita berusaha untuk memasuki sisi pikiran orang lain dan merasakan bagaimana jika berada di posisi orang tersebut. Dengan demikian kita akan belajar untuk memahami dan mengerti perasaan orang lain sehingga timbul rasa ingin membantu yang tulus dan ikhlas. Kita dapat menjadi orang yang lebih peka terhadap orang – orang lain di sekitar, bahkan hal tersebut dapat membantu untuk mengenali diri kita sendiri.

Sponsors Link

14. Memudahkan Menerima Informasi

Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia tidak hanya memudahkan penyampaian informasi saja, namun juga akan memudahkan penerimaan informasi dengan benar. Berkomunikasi dengan menggunakan psikologi akan mempermudah seseorang mengerti informasi yang disampaikan, berikut maksud terselubung jika ada, dan lain sebagainya.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan menggunakan pemahaman mengenai psikologi maka informasi yang ditujukan kepada seseorang akan mudah diterima dengan baik untuk membentuk pemahaman bersama.

15. Membentuk Kepribadian Seseorang

Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia sangat berpengaruh kepada kehidupan seseorang. Psikologi komunikasi dapat dilakukan untuk tujuan membentuk kepribadian seseorang. Perkembangan kepribadian dapat terhambat apabila komunikasi yang dilakukan tidak lancar. Komunikasi yang terjalin dengan buruk tidak akan membuat kepribadian seseorang berkembang dengan baik.

16. Mengurangi Kegagalan Berkomunikasi

Pesan yang dipersepsikan secara salah oleh salah satu pihak yang dituju dalam satu proses komunikasi dapat menyebabkan gagalnya proses tersebut. Menggunakan peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia akan mengurangi resiko kegagalan proses komunikasi tersebut dan mengarahkan penyampaian pesan yang efektif serta mudah dimengerti.

17. Membantu Memecahkan Masalah

Pemecahan masalah pada hubungan interpersonal dalam psikologi komunikasi hanya berhasil jika komunikasi dapat berlangsung dengan efektif. Bagaimana kita dapat memecahkan masalah yang ada dalam hubungan dengan orang lain akan dapat berlangsung dengan baik dengan adanya saling pengertian yang sama mengenai topik yang menjadi sumber masalah tersebut.

Komunikasi memang tidak dapat dilepaskan dari psikologi dan begitu pula sebaliknya. Pembahasan mengenai komunikasi tidak akan pernah lepas dari perilaku dan pengalaman kesadaran manusia. Sejarah yang panjang dalam penelitian pada fenomena komunikasi akan memperlihatkan hubungan yang erat antara psikologi dan komunikasi, dan tidak sedikit ahli psikologi yang juga mempelajari mengenai komunikasi lebih dalam lagi.

Sponsors Link
, ,