Sponsors Link

Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi – Penjelasan Lengkap

Sponsors Link

Komunikasi berarti berbagi atau menjadi milik bersama. Pada hakekatnya, komunikasi dan psikologi sangat erat. Atau dengan kata lain komunikasi sangat bertujuan untuk mencapai kebersamaan. Berikut adalah pendapat tentang komunikasi menurut para ahli :

ads
  1. Menurut Webster New Collogiate Dictionary, komunikasi merupakan proses bertukar informasi antar individu dengan sistem lambang, tanda atau tingkah laku.
  2. Menurut Hovland Cs, komunikasi adalah sesuatu yang tujuannya membentuk perilaku
  3. Menurut Barelson dan Steiner, komunikasi adalah suatu proses menyampaikan informasi, gagasan, emosi, keahlian dan sebagainya
  4. Menurut Lasswell komunikasi terdiri dari lima komponen yaitu :
    • Siapa pelaku komunikasi pertama?
    • Apa isi informasi yang disampaikan?
    • Kepada siapa informasi itu diberikan?
    • Dengan saluran apa penyampaian informasi tersebut?
    • Apa akibat yang diterima oleh penerima informasi?
  5. Menurut Gode, komunikasi menekankan pada perpindahan kepemilikan dari yang semula hanya terdiri dari satu orang menjadi dua orang atau lebih
  6. Menurut Barnlud, komunkasi bertujuan untuk mengurangi ketidakpastian sebagai dasar tindakan efektif dan pertahanan ego diri.

Melalui definisi dari Lasswell, maka bisa diambil kesimpulan bahwa 5 unsur komunikasi terdiri dari sumber, pengirim, penyandi, komunikator, pembicara atau originator. Sumber yaitu pihak yang membutuhkan adanya komunikasi baik itu individu, kelompok, organisasi, perusahaan atau negara.

Sedangkan pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh sumber ke penerima baik itu berupa simbol verbal atau non verbal dimana hal itu mewakili perasaan, nilai, gagasan dan maksud.

Tiga komponen pesan adalah makna, alat yang digunakan menyampaikan pesan serta bentuk pesan. Selanjutnya adalah media yang digunakan sumber untuk berkomunikasi baik itu berupa saluran cahaya atau saluran suara. Cara penyampaian pesan melalui saluran juga bisa secara langsung atau melalui media cetak dan elektronik.

Aspek berikutnya adalah penerima, sasaran, komunikate, penyandi balik, khalayak, pendengar, penafsir yitu penerima sumber. Dan yang terakhir adalah efek yakni dampak yang terjadi setelah penerima menerima informasi dari sumber, miasalnya merasa senang, terhibur, pengetahuan bertambah atau bahkan sikap dan perilaku menjadi lebih baik.

Dari banyak pengertian-pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi memiliki beberapa kriteria :

  • Komunikasi merupakan proses
  • Komunikasi merupakan bentuk kesengajaan dan memiliki tujuan
  • Komunikasi membutuhkan kerja sama dari pelaku
  • Komunikasi adalah simbolis
  • Komunikasi sifatnya transaksional
  • Komunikasi bisa menembus ruang dan waktu

Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi

Sebelum membahas mengenai ruang lingkup psikologi komunikasi, berikut adalah definisi komunikasi dari segi psikologi :

  1. Kamus Psikologi, Dictionary of Behavioral Science mengungkapkan definisi komunikasi :
    • Komunikasi adalah menyampaikan perubahan energi dari satu tempat ke tempat lain seperti sistem saraf
    • Komunikasi merupakan suatu pemberian dan penerimaan signal
    • Komunikasi adalah proses suatu sistem yang berpengaruh pada sistem lain melalui signal
    • Komunikasi merupakan satu wilayah yang mempengaruhi wilayah lain dimana apabila terjadi perubahan akan berdampak pada perubahan wilayah lain
    • Komunikasi yaitu informasi pasien kepada terapis dalam psikoterapi
      Sponsors Link

  1. Menurut Dance (1967), komunikasi pada ilmu psikologi behaviorisme adalah upaya menciptakan respon dari lambang-lambang verbal dimana lambang-lambang ini berperan menjadi stimuli .
  2. Menurut S. Ross (1074) , komunikasi dalam disiplin ilmu psikologi mengungkapkan bahwa itu adalah bagian dari proses transaksional seperti memisahakn atau memilih bersama dengan lambang kognitif untuk membantu seseorang menyebarkan pengalamannya dengan arti atau respon yang sama pemahamannya oleh yang disampaikan oleh sumber.

Dari banyak pengertian komunikasi melalui prespektif psikologi, maka sudah tergambar jelas bahwa komunikasi memiliki pengertian yang sangat luas yakni energi yang menyampaikan, adanya gelombang-gelombang suara, tanda tempat, sistem atau organisme.

Pengertian komunikasi sendiri adalah sebuah proses, pesan, pengaruh-pengaruh atau yang lebih khususnya adalah pesan seirang pasien di dalam kegiatan psikoterapi.  Perlu diketahui bahwa komunikasi memiliki tujuan dalam memberikan informasi, hiburan serta mempengaruhi atau persuasive yang berkaitan dengan ilmu psikologi. Persuasif adalah proses yang memberikan pengaruh serta kendali pada sikap dan perilaku seseorang dengan pendekatan psikologi.

Oleh sebab itulah, komunikasi yang memberikan pengaruh pada orang lain juga membuat ilmu-ilmu lain menaruh perhatian sama.

Psikologi disini mencoba menganalisa seluruh aspek yang termasuk dalam proses komunikasi. Hal ini sudah tentu berbeda dengan ruang lingkup psikologi perkembanganpsikologi olahragapsikologi sosialpsikologi faalpsikologi forensik. Ilmu ini memiliki ketertarikan dengan komunikasi antar individu serta pada pesan-pesan yang menjadi stimulus-stimulus berdampak respon pada individu lain.

ads
Selain itu, psikologi juga menganalisa lambang pemberi informasi dan efek dari pemberian lambang pada sikap manusia. Saat pesan berada di komunikator, maka psikologi akan melihat proses bagaimana pesan diterima, faktor-faktor personal dan situasional, dan penjelasan corak komunikasi saat sendiri maupun secara berkelompok. Perkembangan  psikologi komunikasi terbaru  saat ini adalah komunikasi terapeutik.

Dengan metode ini, terapis akan memberikan arah komunikasi berupa rupa sehingga pasien dapat menghadapi situasi atau pesan yang ditukarakan untuk mewujudkan hubungan sosial yang berguna. komunikasi teraupetik menunjukkan bahwa gangguan jiwa sumbernya adalah dari gangguan komunikasi akan kelemahan pasien mengungkapkan siapa dirinya atau dalam artian bahwa pelurusan jiwa seseorang menggunakan perlurusan cara berkomunikasi.

Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi

Komunikasi merupakan disiplin ilmu yang telah dipelajari dari beragam bidang seperti antropologi, biologi, ekonomi, sosiologi, linguistik, psikologi, matematik, filsafat dan lain-lain. Dan bidang–bidang yang sampai sekarang masih beraitan dengan komunikasi adalah sosiologi, filsafat dan psikologi.

Komunikasi dalam ruang sosiologi mempelajari interkasi sosial dimana hal ini diawali dengan kontak dan komunikasi. Sedangkan Fisher mengemukakan ciri pendekatan psikologi tentang komunikasi yaitu sebagai berikut :

  • Sensory reception of stimuli (stimuli yang diterima melalui indera)
  • Internal mediation of stimuli (proses yang ikut menyertai sistem stimulus atau respon)
  • Reinformnet of responses (penegasan terhadap stimulus atau respon)

Psikologi komunikasi pada dasarnya adalah disiplin ilmu yang hanya ingin mengetahui respons  di  masa lalu, lalu memberikan respon di masa mendatang. Menurut George A. Miller) menyatakan bahwa psikoloogi komunikasi adalah cabang ilmu yang bertujuan untuk mnegendalikan mental dan perilaku dalam komunikasi.

Secara singkatnya psikologu sosial merupakan upaya pemahaman, penjelasan serta permalan pikiran , perasaan dan tindakan seseorang yang dipengaruhi oleh apa yang dianggap oleh pikiran  perasaan dan tindakan orang lain. Satu pendekatan psikologi komunikasi adalah :

  • Menyingkirkan sikap memihak dan menilai secara normatif antara mana yang benar dan yang salah
  • Saat prinsip-prinsip umun dirumuskan maka psikologi komunikasi menjabarkan kejadian menjadi satuan analisa kecil
  • Psikologi komunikasi juga memahami peristiwa komunikasi yan mengacu pada keadaan internal

Demikian ruang lingkup psikologi komunikasi. Selain Psikologi Pendidikan , Psikologi OlahragaPsikologi Kepribadian, psikologi remaja, psikologi sosial, Psikologi Islam, psikologi kesehatan, sekarang Anda telah memahami psikologi komunikasi.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,