Sponsors Link

15 Hubungan Interpersonal dalam Psikologi Komunikasi

Sponsors Link

Komunikasi menjadi dasar kebutuhan dan kehidupan manusia, dimana kita menggunakan komunikasi untuk menyampaikan dan menyatakan apa yang disukai dan dimiliki oleh manusia. Menurut  Johnson (1981) dalam (Supratiknya, 2003: 9) menyatakan bahwa komunikasi antar pribadi berperan dalam perkembangan intelektual dan sosial anda. Sehingga identitas dan jati diri juga sering terbentuk akibat dari komunikasi dengan orang lain. Meskipun hanya dengan orang tua namun hal tersebut dianggap berguna atau bermanfaat.

ads

Sayangnya untuk mereka yang memiliki masalah dengan komunikasi juga akan memiliki masalah psikologi. Seperti halnya, Masalah Psikologi untuk Anak Tunagrahita. Hal seperti ini berdampak pada komunikasi mereka dan akhirnya sulit untuk menyampaikan dan menyatakan sesuatu pada mereka. Komunikasi ataupun hubungan yang anda bangun dengan orang lain yaitu mereka yang merupakan tokoh signifikan dalam hidup anda. 

Jika kita membicarakan mengenai hubungan interpersonal hal yang dimaksud disini adalah bagaimana anda berkomunikasi dan bukan hanya menyampaikan maksud yang anda inginkan saja. Namun juga menentukan seperti apa hubungan anda sehingga tidak ada masalah ataupun kesalahpahaman yang terjadi.

Apabila anda memang menggunakan sistem berkomunikasi untuk mengenal orang lain. Maka selain menentukan relationship, psikologi komunikasi juga bisa membantu setiap orang untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Nah berikut ini 15 Hubungan interpersonal yang ada dalam psikologi komunikasi, apa saja ?

1. Mengenal Lingkungan

hubungan interpersonal bisa membantu anda dalam mengenal lingkungan. Seperti halnya menggunakan Cara Mudah Adaptasi di Sekolah Baru untuk Anak, hubungan interpersonal bisa digunakan untuk membaca lingkungan seperti apa dan beradaptasi dengan baik. Banyak orang yang berhasil beradaptasi dan memiliki kehidupan sosial yang baik karena memang hubungan interpersonalnya yang terus meningkat pada semua orang secara merata.

Ketika dalam lingkungan anda ada yang tidak bisa digunakan atau ada yang tidak sesuai dengan anda maka tak usah menjadi masalah karena keberagaman yang ada. Anda hanya tinggal menghindar dan berusaha untuk merubah jika memang ingin memiliki hubungan baik dengan semua orang.

2. jujur

Pertama adalah kejujuran atau sikap terbuka. Dimana anda yang berhasil membangun hubungan baik atau memiliki hubungan internasional bisa menjadikan hubungan tersebut sebagai sebuah wujud jujur. Komunikasi yang terbaik adalah komunikasi yang memang terbangun karena keterbukaan dan kejujuran. Kalaupun anda harus menyembunyikan satu dan dua hal setidaknya tidak ditutup dengan kebohongan.

3. Terbuka dengan Masalah

Hubungan interpersonal dalam psikologi menjadi salah satu cara untuk bisa terbuka dalam masalah. Ketika bentuk rambut manusia sama namun isi pikiran tidak pernah sama maka akan terjadi atau timbul masalah yang memang bisa menimbulkan perdebatan dan konflik. Jangankan dengan banyak orang, bahkan untuk mendapatkan Cara Mengatasi Konflik dengan Orang Tua saja sulit jika hubungan interpersonal anda tidak baik. Sehingga psikologi komunikasi mengutamakan hal tersebut.

Sponsors Link

4. Mengurangi Miskomunikasi

Adanya miskomunikasi yang sudah pasti terjadi pada semua hubungan manusia menjadikan seseorang justru memiliki masalah atau sebaliknya menjadi lebih hati-hati. Nah, permasalahannya adalah miskomunikasi seringkali terjadi karena hal yang sepele dan juga kesalahan pengertian kedua belah pihak sehingga menimbulkan masalah besar dan juga ketidaknyamanan di kedua belah pihak atau yang terlibat memiliki masalah.

Nah pertanyaannya, bagaimana cara menghindari hal tersebut terjadi ? sudah jelas dengan memperbaiki hubungan komunikasinya.

5. Mengenalkan Jati Diri

Mengenalkan jati diri anda kepada banyak orang melalui hubungan interpersonal merupakan cara banyak orang dan juga salah satu cara yang bisa anda gunakan oleh anda sebagai manusia. Psikologi komunikasi menjelaskan bahwa masing-masing orang akan memiliki cara komunikasi tersendiri. Dimana mereka akan memiliki keahlian dan juga memiliki ciri khas yang nantinya akan dibawa dan dikenalkan ke lingkungan lebih luas dan besar.

Selain mengenalkan anda pada bagaimana komunikasi bisa membentuk orang dan karakter yang berbeda-beda atau dengan Cara Mengenali Potensi Diri juga bisa menjadikan hubungan interpersonal anda semakin baik.

ads

6. Model Peranan

Dalam lingkungan sosial ada yang dinamakan sebagai model peranan. Dimana mereka memainkan peran dalam hubungan atau sebuah komunikasi. Hal inilah yang membentuk apakah orang tersebut tergolong cerewet, diam atau sejenisnya. Sementara untuk tuntutan serta peranan sendiri yaitu anda yang bisa belajar dengan baik dan juga mencari ilmu.

Keterampilan dalam bersikap juga menjadi peranan penting ketika membicarakan mengenai interpersonal seseorang. Sebagai manusia tentu anda tidak ingin dicap sebagai seseorang yang buruk atau jelek.

7. Model Pertukaran Sosial

dalam psikologi komunikasi, hubungan interpersonal menghasilkan sebuah model pertukaran Sosial (social exchange model). dimana pertukaran ini dimaksudkan sebagai seseorang yang sedang berdagang. Bisa dikatakan hukum sosial yang berlaku yaitu apa yang anda lakukan maka anda akan menerima hukum atau respon yang sama. Ada beberapa Contoh Metode Eksperimen dalam Psikologi Sosial.

8. Peneguhan Hubungan

Dalam hubungan manusia kita terlibat komunikasi dengan banyak orang, dimana peneguhan hubungan sangatlah penting dan diutamakan. untuk mereka yang memang membutuhkan dan mengutamakan hal tersebut maka peneguhan hubungan bisa dilakukan dengan adanya hubungan interpersonal diantara mereka.

Peneguhan hubungan juga bisa dijadikan pembeda untuk mengenal satu dengan individu lainnya. Sebenarnya hal seperti ini sudah jelas dilakukan semua orang dan setiap hari dilakukan.

9. Sikap Suportif

Bersikap suportif merupakan hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Sikap yang suportif menjadikan orang tersebut lebih disukai sebenarnya di lingkungan sosial. Penerapan Psikologi Sosial dalam Hukum juga menyatakan bahwa hubungan interpersonal baik dalam segi hukum juga mendukung adanya hubungan interpersonal karena kearah lebih suportif dan mengurangi terjadinya hal-hal melanggar hukum.

Kemudian, untuk mereka yang termasuk kedalam orang-orang suportif pasti memiliki hubungan interpersonal dengan baik.

10. Kompetisi

Adanya kompetisi merupakan hal yang baik dalam hubunga, termasuk hubungan interpersonal antar manusia. Ada berbagai Jenis-Jenis konsep diri dalam Psikologi, dan untuk menguji seseorang menjadi lebih baik dan mengakui kemampuan mereka bisa dibuktikan dengan kompetisi. Namun harus tetap adil dan juga harus tetap sportif. Kompetisi sendiri bisa jadi cara berkomunikasi seseorang untuk menghargai orang lain. Sebagian orang menyatakan secara tidak langsung, sehingga kompetisi ini bisa dilakukan oleh anda.

11. Layaknya Permainan

Selanjutnya jika membicarakan mengenai permainan serta hubungan internasional maka apa kaitannya ? sebenarnya komunikasi layaknya permainan seperti halnya hubungan antara anak, orang tua dan juga lingkungan anak.

Apakah anda lebih memilih mereka yang mengatur anda dengan menuruti keinginan dia atau anda ingin mencoba berbicara dan menyatakan seperti apa seharusnya peraturan dan keinginan dijalankan. Dalam hal ini hubungan interpersonal-lah yang dibutuhkan.

Dimana dengan hubungan interpersonal yang baik dan permainan maka akan menjadi Cara Menghilangkan Sifat Egois dalam Diri. Khususnya pada anak-anak yang berhasil berkomunikasi dengan orang tuanya atau sebaliknya.

12. Menghargai

Hubungan interpersonal dalam psikologi berguna untuk sebuah komunikasi ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah menghargai. Siapa yang tidak ingin dihargai ? rasanya semua orang akan senang jika mereka dihargai dan diakui keberadaannya dalam sebuah lingkungan sosial, salah satunya dalam lingkungan besar seperti kerja, sekolah dan juga di rumah. Menghargai bisa anda dapatkan dalam hubungan interpersonal yang tinggi dan juga baik.

13. Kepercayaan

Kepercayaan menjadi satu hal yang tidak akan pernah bisa dibeli oleh siapapun termasuk juga uang. Dimana dalam hubungan komunikasi, kepercayaan merupakan hal yang utama dan juga hal yang paling penting.

Membicarakan mengenai kepercayaan salah satu hubungan interpersonal yang paling penting adalah pointnya adalah kepercayaan. Sebuah hubungan bisa dikatakan menjadi sia-sia apabila tidak ada kepercayaan di dalamnya, terutama orang atau pihak yang terlibat yang tidak ingin lagi mencoba percaya.

14. Privasi

Dalam kehidupan ini ada beberapa hal yang bersifat rahasia atau privasi. Dan kenyataan ini hanya bisa dihargai dan dimengerti oleh mereka yang memiliki hubungan interpersonal tinggi dan memahami komunikasi yang dimaksud. Anda yang memiliki hubungan interpersonal dengan orang lain  dan hubungan tersebut terjalin dengan baik maka tidak akan ada yang melewati batas atau melebihi batasan yang sudah ada.

15. Sistemik

Hubungan interpersonal dalam sebuah kehidupan khususnya dari psikologi bersifat sistemik atau tersistem. Dimana Komunikasi terjadi karena memang ada konteks dan ada kaitan faktor yang mempengaruhinya.

Entah karena sebuah latar belakang sosial dan budaya, cara didikan, lingkungan,  institusi pendidikan darimana kita berasal, bisa menjadi faktor besar yang akhirnya menimbulkan sebuah hubungan interpersonal yang nyata dan jelas.

Anda bisa menafsirkan sendiri seperti halnya orang berkomunikasi juga berbeda-beda sesuai kebiasaan dan lingkungan. Misalnya saja orang yang berasal dari Amerika setiap orang cenderung berkomunikasi secara tegas (assertively), atau orang Jepang yang masuk kedalam orang dengan sopan santun tinggi.

Demikian penjelasan terkait apa saja hubungan interpersonal dalam psikologi komunikasi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :