Sponsors Link

28 Macam-Macam Psikologi Khusus Di Berbagai Bidang Kehidupan

Sponsors Link

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari gejala – gejala dari aspek kejiwaan, atau dengan kata lain merupakan ilmu yang berkaitan dengan jiwa atau kondisi mental seseorang. Dalam perkembangannya psikologi menjadi ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Psikologi mempelajari dua bidang utama yaitu psikologi umum yang mempelajari kegiatan dan aktivitas psikis dan mental manusia dalam tingkah laku manusia pada umumnya.

ads

Selain itu ada bidang psikologi khusus adalah bidang psikologi yang mempelajari dan meneliti segi yang khusus dari aktivitas  – aktivitas psikis manusia. Psikologi khusus membicarakan hal – hal yang menyimpang dari pembahasan psikologi pada umumnya. Karena itulah bidang psikologi khusus masih dapat berkembang lagi sesuai dengan bidang – bidang yang melibatkan ilmu psikologi. Pengertian umumnya yaitu psikologi khusus merupakan psikologi yang praktis dan diaplikasikan sesuai dengan bidangnya.

Ragam Kajian Psikologi Khusus

Bidang psikologi khusus mencakup banyak hal sesuai dengan beragamnya bidang dan aspek dalam kehidupan. Macam – macam psikologi khusus antara lain yaitu:

1. Psikologi Perkembangan

Salah satu macam – macam psikologi khusus adalah kajian psikologi perkembangan. Kajian psikologi ini disebut juga sebagai psikologi genetis yaitu ilmu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia mulai dari kecil hingga tua. Psikologi perkembangan mencakup bidang atau kajian psikologi anak, psikologi puber, psikologi pemuda, psikologi orang dewasa dan psikologi orang tua.

2. Psikologi Sosial

Bidang kajian psikologi sosial ini menguraikan aktivitas manusia yang berkaitan dengan kondisi dan situasi sosial. Bidang ini merupakan kajian ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial. Ilmu ini hanya mempelajari gejala dalam kondisi yang terkontrol, perkiraan, spekulasi.

3. Psikologi Pendidikan

Ilmu psikologi pendidikan mempelajari tentang masalah psikologis yang terjadi pada dunia pendidikan. Bidang kajian psikologi ini berkaitan dengan bagaimana cara siswa mempelajari segala sesuatu dan sejauh mana perkembangan siswa tersebut. Termasuk di dalamnya adalah pendidikan yang diberikan oleh guru, masyarakat dan orang tua yang saling mempengaruhi.

4. Psikologi Kepribadian 

Psikologi kepribadian mempelajari tingkah laku manusia dalam melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya. Individu berinteraksi dengan individu lainnya dengan menggunakan kepribadiannya masing – masing. Sebab itu psikologi kepribadian berhubungan dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sebagai hasil dari perkembangan individu sejak kecil dalam lingkup sosialnya.

5. Psikologi Lingkungan

Psikologi lingkungan merupakan ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia berdasarkan dengan lingkungan tempat tinggalnya yang mempengaruhi dari segi sosial, lingkungan binaan maupun alam sekitar. Bidang ini juga mempelajari kebudayaan dan juga kearifan lokal dari suatu tempat yang dapat mempengaruhi sikap dan mental seseorang.

6. Psikodiagnostik

Bidang ini merupakan sebuah studi ilmiah tentang berbagai metode yang digunakan untuk membuat suatu diagnosis dalam bidang psikologis yang bertujuan untuk memperlakukan manusia dengan perlakuan yang lebih tepat. Metode ini digunakan untuk menetapkan kelainan psikis agar dapat memberikan bantuan yang tepat dan akurat sesuai dengan masalahnya.

7. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal merupakan macam – macam psikologi khusus yang mempelajari keadaan penyimpangan dari sesuatu yang normal. Salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari pola perilaku yang abnormal dan membantu orang yang mengalami abnormalitas dengan cara – cara tertentu. Istilah lain untuk psikologi abnormal adalah psikopatologi, perilaku maladaptive, mental disorder, mental illness, dan lain – lain.

Sponsors Link

8. Psikologi Kriminal

Psikologi kriminal mempelajari tentang hal – hal yang berhubungan dengan kejahatan atau kriminalitas. Objek studi dalam psikologi kriminal antara lain perilaku yang menyimpang yang dapat berurusan dengan hukum dan perilaku yang melanggar hukum dan norma – norma keadilan dalam masyarakat.

9. Psikologi  Perusahaan

Merupakan macam – macam psikologi khusus berupa cabang psikologi yang mempelajari tentang perilaku manusia di tempat kerjanya. Fokus ilmu dari psikologi perusahaan ini adalah mempelajari pengambilan keputusan berkelompok, semangat dan motivasi kerja karyawan, produktivitas, stres pekerjaan, seleksi pegawai, pemasaran, dan sebagainya yang berhubungan dengan keadaan di dalam suatu perusahaan.

10. Psikologi Konseling

Macam – macam psikologi khusus ini berupa salah satu bidang psikologi terapan yang perannya ada dalam salah satu disiplin kesehatan mental untuk memahami berbagai masalah psikologis dengan menggunakan prinsip – prinsip psikologi. Psikologi konseling merupakan ilmu terapan yang berusaha menciptakan, menerapkan dan juga menyebarkan pengetahuan mengenai penanggulangan gangguan fungsi psikologis manusia, dan mempelajari hubungan antara terapis dan kliennya.

11. Psikologi Eksperimen

Cabang ilmu dari macam – macam psikologi khusus ini menggunakan metode eksperimen untuk mempelajari tingkah laku manusia atau terkadang juga menggunakan hewan untuk meneliti mengenai sensasi dan persepsi, proses kognitif, proses belajar, dan motivasi. Selain itu para psikolog eksperimen juga akan mengembangkan metode pengukuran dan pengontrolan yang tepat untuk setiap penelitian yang dilakukan dalam ilmu psikologi eksperimen.

ads

12. Psikologi Behavioral Neuroscience

Bidang ini mempelajari peran dari sistem saraf pusat yang dapat mengendalikan perilaku manusia dan juga hewan. Fokus bidang ini adalah kajian pada proses biologis khususnya peranan otak terhadap perilaku. Subjek penelitian adalah hewan dan para peneliti akan membandingkan penemuan pada hewan dengan manusia.

13. Psikologi Klinis

Bidang kajian ini mempelajari tentang bagaimana caranya memahami dan memulihkan keadaan psikologis seseorang menjadi normal kembali. Contohnya jika ada orang yang mengalami depresi, maka psikologi klinis membahas tindakan apa yang harus dilakukan untuk memulihkan kondisi mental orang tersebut dan cara penanganan yang paling tepat untuk masalahnya.

14. Psikologi Faal

Psikologi faal merupakan salah satu dari macam – macam psikologi khusus yang mempelajari perilaku manusia dan hubungannya dengan fungsi organ – organ dalam tubuh dan cara bekerja organ – organ tersebut. Contohnya, psikologi faal mempelajari mengenai bagaimana otot – otot tubuh akan bekerja ketika seseorang sedang merasa kesal, marah, lelah dan lain sebagainya.

15. Psikologi Komunitas

Pada dasarnya bidang kajian ini terhubung dengan sistem sosial, serta kesejahteraan serta kesehatan individu yang berhubungan dengan masyarakat. Bidang kajian ini diartikan sebagai satu pendekatan terhadap kesehatan mental yang tekananya ada pada peran lingkungan dalam berdaya menciptakan atau mengurangi masalah. Fokus psikologi komunitas ada pada masalah kesehatan mental dan sosial pada masyarakat dan komunitas  – komunitas pribadi.

16. Psikologi Kesehatan

Merupakan bagian dari psikologi klinis, penerapan psikologi sosial dalam bidang kesehatan berfokus pada kajian dan fungsi kesehatan seseorang terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya, termasuk juga penyebab dan faktor yang berkaitan dengan masalah kesehatan seseorang. Pengetahuan mengenai psikologi kesehatan dapat digunakan sebagai cara untuk mengubah pola perilaku kesehatan dan mengurangi pengaruh stres psikososial.

17. Psikologi Diferensial

Bidang ilmu dalam psikologi ini membahas tentang perbedaan yang ada antara individu yang satu dengan lainnya, seperti bakat dan inteligensi anak. Selain itu juga cara menentukan bagaimana cara untuk menentukan perbedaan – perbedaan yang ada.

18. Psikologi Medis

Yaitu ilmu psikologi yang diterapkan di bidang kedokteran yang tujuannya untuk mempercepat penyembuhan pasien menggunakan wawasan psikologi. Dokter berusaha memahami keadaan psikologis para pasien untuk dapat menetapkan diagnosa dan terapi yang tepat untuk kesembuhan pasien.

19. Psikologi Organisasi

Suatu organisasi biasanya dibentuk untuk mencapai tujuan bersama oleh sekelompok orang yang tidak dapat dicapai dengan sendirian. Psikologi organisasi meneliti tingkah laku dan hubungan para anggotanya, terutama dalam dunia kerja dan dalam lingkungan organisasi.

20. Psikologi Industri

Psikologi industri dan organisasi berkaitan erat karena organisasi tersebut juga merupakan bagian dari suatu industri. Psikologi ini mempelajari tingkah laku manusia dalam bidang industri, yaitu suatu badan usaha yang berkegiatan untuk mengolah bahan menjadi satu barang atau jasa.

Sponsors Link

21. Psikologi Komunikasi

Tujuan dari psikologi komunikasi adalah untuk menghasilkan proses komunikasi yang efektif dan peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia sangat besar untuk membantu proses komunikasi yang efektif tersebut. Cabang ilmu ini mempelajari proses penerimaan dan pengolahan informasi serta pengaruhnya terhadap diri individu, dan proses penyampaian energi dari indera kepada otak.

22. Psikologi Keluarga

Ini merupakan cabang dari ilmu psikologi yang berhubungan dan meneliti tentang keluarga. Pengertian keluarga yaitu sebuah kelompok yang terdiri dari minimal dua orang yang dihubungkan oleh ikatan pernikahan. Berbagai fungsi dalam keluarga antara lain sebagai pengatur keturunan, pemelihara, pelindung, sarana mendidik, kasih sayang, sosialisasi , fungsi ekonomi dan juga penentu status seseorang dalam masyarakat.

Cabang Psikologi Khusus Lain

Selain bidang – bidang psikologi yang telah dibahas diatas, masih ada beberapa bidang psikologi khusus lainnya yaitu:

  1. Psikologi Cinta – Bidang psikologi yang memfokuskan mengenai bagaimana cara kerja cinta pada makhluk hidup di dunia.
  2. Psikologi Agama –  Mempelajari pengaruh agama terhadap batin dan mental individu.
  3. Psikologi Holistik – Bidang yang mempelajari mengenai manusia secara utuh.
  4. Psikologi Kognitif – Fokusnya ada pada bagaimana respon seseorang terhadap lingkungannya.
  5. Psikologi WarnaPsikologi warna mempelajari mengenai berbagai warna dan efeknya terhadap psikologis seseorang.
  6. Psikologi SastraPsikologi sastra memfokuskan mengenai kajian emosi penulis dan pembacanya yang terdapat dalam kata – kata di suatu karya sastra tersebut.

Bidang psikologi khusus masih akan bertambah banyak dan sama sekali tidak baku, karena banyak sekali bidang ilmu atau aspek – aspek tertentu yang bersinggungan dengan ilmu psikologi. Psikologi khusus masih akan terus berkembang seiring dengan makin banyaknya bidang ilmu yang berkaitan dengan psikologi tersebut. Macam – macam psikologi khusus pada umumnya merupakan pengaplikasian ilmu psikologi yang praktis dan sesuai dengan bidangnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi