Sponsors Link

Ruang Lingkup Psikologi Perkembangan yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Secara umum psikologi perkembangan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang mempelajari mengenai ilmu kejiwaan seseorang mengenai pola perubahan yang dimulai kecil hingga dewasa menurut sepanjang rentang kehidupan yang dimilikinya, pertumbuhan seorang individu juga dapat diartikan sebagai perkembangan yang dilakukan sehingga terjadi kemunduran ataupun penuaan.

ads

Seorang ahli bernama Santrock Hurlock menambahkan perkembangan merupakan rangakaian dari perubahan progresif yang terrjadi sebagai akibat proses kematangan dan dari pengalaman belajar seseorang.

Dalam hal mempelajari mengenai masalah psikologi perkembangan kita juga dapat melihat dari berbagai tujuan yang didapatkan, sehingga secara langsung dapat lebih memahami apa yang harus dilakukan dan digaris bawahi saat melakukan penelitian mengenai psikologi perkembangan.

Tujuan Psikologi Perkembangan

• Psikologi perkembangan dapat dijadikan sebuah petunjuk mengenai tentang segala sesuatu yang perlu dilakukan dan yang diharapkan dari seorang individu, contohnya saja pada yang terjadi pada orang tua, saat orang tua mengajari anaknya suatu pekerjaan atau keterampilan, sehingga membimbing si anak hingga dapat sendiri melakukan sebuah ketrampilan yang diberikan melalui berbagai proses sampai pada akhirnya si anak benar-benar dapat melakukannya sendiri, sehingga di mata masyarakat keberhasilan yang telah dicapai tersebut di dapatkan dari pengaruh dan proses akan keberhasilan mereka melakukannya.
• Ketika akan memberikan sebuah motivasi di dalam sebuah kelompok, misalkan saja dalam sebuah kelompok social, dari hal tersebut dapat menunjukan kepada masyarakat mengenai kehidupan yang akan dihadapi serta tindakan apa saja yang perlu dilakukan nantinya, sehingga dapat mencapai ke tingkat pekembangan yang selanjutnya.
• Sebagai penyesuaian terhadap sesuatu, saat kita melakukan penyesuaian diri pada lingkungan baru, tentu hal ini sangat sulit dilakukan dengan terdapatnya ketegangan emosional yang selalu menjadi pengiring di bagian tahapan tersebut, namun dari berbagai ketegangan bisa kita hilangkan apabila secara sadar tiap individu dapat saling menghagai proses dan sehingga anak-anak nantinya dapat lebih memahami kehidupan sosialnya yang baru dan dapat lebih menyesuaikan diri pada lawan jenis ketika akan dewasa nantinya.

Di dalam ruang lingkup psikologi perkembangan penjelasan yang terdapat di dalamnya untuk lebih dapat dimengerti dalam hal ini melalui cabang ilmu yang di dalamnya selalu membahas mengenai sebuah objek antara perilaku ataupun jiwa seseorang, yang dilakukan dengan beberapa tahapan dimulai dari masa konsepsi sampai dengan dewasa.

Gejala Psikologi Perkembangan

1. Psikologi faal
2. Psikologi abnormal
3. Psikologi belajar
4. Psikologi Industri
5. Psikologi remaja
6. Psikologi pendidikan
7. Psikologi klinis
8. Psikologi social
9. Psikologi lingkungan

Dalam psikologi perkembangan, setiap individu dituntut untuk dapat melakukan pemahaman dengan berbagai jenis karakter yang sangat erat kaitannya dengan keadaan dari jiwa seseorang, dalam hal memahami jiwa seseorang tentu sangat dibutuhkan disiplin ilmu psikologi yag merupakan sebuah ilmu di dalamnya mempelajari mengenai jiwa seseorang, di dalam psikologi perkembangan yang lebih di titik beratkan menangani sebuah proses pertumbuhan dan juga perkembangan seseorang individu.


Di dalam psikologi perkembangan, lebih berfokus kepada pembelaajran mengenai gejala-gejala kejiwaan yang di dalamnya terdapat dari seseorang dan juga macam-macam tingkah laku nya yang di dalamnya terdapat interaksi dengan lingkungan sekitar, gejala tersebut bisa dirasakan saat seorang individu masih berada di dalam kandungan, saat masa bayi, balita, kanak-kanak, remaja dan hingga dewasa kemudian tua dan berakhir ketika meninggal dunia.

Secara etimologis istilah dari psikologi berasal dari bahasa yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logis yang berarti ilmu, seingga psikologi memiliki pengertian sebuah ilmu jiwa ataupun ilmu yang mempelajari mengenai gejala kejiwaan seseorang, mengenai jiwa yang bersifat abstark tanpa diketahui oleh siapapun.

Menurut seorang ahli Thomas alva Edison yang mengatakan bahwa “ fikiran saya tidak mampu memahami hal jiwa seperti itu” satu-satu nya cara yang perlu dilakukan adalah mengobservasi perilakunya meskipun perilaku bukan merupakan pencerminan dari jiwa secara keselurannya.

Dalam sebuah buku yang diungkapkan oleh iskandar mengatakan bahwa ilmu psikologi merupakan sesuatu yang abstrak sehingga dalam penggunaannya tidak dapat diamati secara lansung. Untuk itu psikologi tidak dapat diartikan seabagi suatu ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari megenai hubungan dan pengertian antaar jiwa.

Pengertian Psikologi

1. Psikologi merupakan segala sesuatu yang di dalamnya mempelajari mengenai terapi jiwa, seperti pada yang dilakukan plato dan aristoteles mengenai sebuah kesadaran dengan proses yang satu sama lainnya berkaitan erat dengan jiwa.
2. Psikologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat kehidupan mental misalnya pikiran, kemauan dan juga ingatan, sebuah definisi yang dikatakan Wilhelm.
3. Psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai perilaku organisme, misalnya saja perilaku tikus dan juga kucing, juga perilaku manusia dan juga sesamanya, pengertian yang didefiniskan oleh john Watson.


Psikologi perkembangan memiliki padanan kata perkembangan yang secara konseptual bisa dibedakan dengan pertumbuhan namun diantara keduanya juga menjadi sebuah kesatuan yang terdapat proses perubahan individu pada panjang kehidupannya.

H.M Arifin menjelaskan mengenai istilah perkembangan di dalamnya terdapat perubahan-perubahan bagian tubuh yang terintegrasi pada berbagai bagiannya, di dalamnya terdapat sebuah satuan fungsional bila pertumbuhan berlangsung.Dan pertumbuhan sendiri merupakan suatu penambahan diantara bagian rangaka tubuha di dalmnya terdapat ukuran bentuk, berat dan juga ukuran dimensif.

Pendapat yang di atas juga dapat kita simpulkan menjadi perubahan-perubahan yang terjadi pada diri manusia yang secara terus menerus ke arah yang lebih baik dan maju dan memiliki sifat kualitatif, di dalamnya terdapat aspek kejiwaan sedangkan pertumbuhan terlihat dari aspek kuantitatif, karena berkaitan dengan fisik manusia.

Definisi Teori Psikologi Perkembangan Menurut Para Ahli

• Menurut Prof. Dr. F.J Monks, Prof Dr. A.M.P Knoers dan Prof. Dr. Siti Rahayau Haditoro mendefinisikan psikologi perkembangan merupkan suatu ilmu yang lebih mempersoalkan dari faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses pekembangan atau perubahan yang terjadi dari dalam diri sesorang dengan menitik beratkan pada relasi antara kepribadian dan juga perkembangan
• Menurut Dr Kartini Kartono di dalam psikologi anak mengatakan psikologi perkembangan merupakan suatu ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan masa saat masih bayi, anak bermain, anak sekolah sampai dengan masa dewasa
• Menurut Van den Daele yang mengatakan perkembangan dapat diartikan perubahan sacara kualitatif, ini berartia bahwa perkembangan bukan sekedar penaabah beberapa sentimeter pada tinggi badan seseorang atau peningkatan kemampuan seseorang melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks.

Sponsors Link
, , , ,