Sponsors Link

Insecure Dalam Psikologi (Pengertian, Karakteristik, Cara Mengatasi, Cara Mencegah)

Sponsors Link

Insecure dalam psikologi jika kita artikan merupakan sebuah upaya dari adanya emosi yang terjadi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Kemudian mengenai suatu aspek tertentu yang terjadi di dalam kehidupan kita yang bisa kita anggap sebagai kehidupan yang relevan, serta hal- hal yang menjadi penilai dapat menimbulkan vaensi negative di dalam perasaan yang kita miliki.

ads

Karena di dalam hidup ini kita biasa menganggap inferioritas merupakan sebuah hal yang membuat kita tidak mampu menghadapi suatu tantangan yang biasa kita anggap sebagai hal yang tidak memenuhi standar tertentu dari diri orang lain maupun diri kita sendiri. Di dalam psikologi kita mengenai hal- hal atau tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri.

Namun salah satu hal ini biasanya hanya akan berhubungan dengan seorang individu yang biasa melakukan rasa tidak aman dan juga cara orang tersebut mengenai pribadi dirinya sendiri. Rasa itu juga bisa kita dapatkan dari rasa malu yang kita alami misalnya malu dengan berat badan, dengan warna kulit sampai dengan hal- hal yang tidak sesuai dengan diri kita sendiri untuk itulah kita terbiasa memancarkan sesuatu yang berkaitan dengan aura diri kita.

Insecure yang ada di dalam diri kita juga bisa berkaitan dengan diri sendiri yang memang tidak memiliki kemampuan untuk bisa menahan emosi dan juga kesulitan dalam pembagian emosi yang ada di dalam dua level tertentu. Karena dengan adanya fenomena tersebut juta bisa membuat kita mempertanyakan hal- hal lainnya.

Baca juga:

Karakteristik

Setiap orang pastilah memiliki rasa insecure-nya sendiri- sendiri. Dan yang menjadi permasalahannya disini adalah terdapat hal- hal yang menjadi kecil hati kita dan juga membuat kita lebih sulit untuk melangkah. Untuk itu kita akan membahas terlebih dahulu mengenai penyebab apa saja yang menjadikan rasa insecure pada diri kita.

Dimana ketika kita hendak membandingkan diri kita dengan diri orang lain, biasanya kita akan merasa kelebihan dan juga tidak memiliki hal- hal yang kita miliki. Hal tersebut itulah yang biasanya membuat diri kita merasa tidak insecure dan juga kehilangan kepercayaan diri. Kita juga harus memahami, bahwa ada hal- hal yang memang harus kita bandingkan dengan orang lain, misalnya ketika kita harus menganggap diri kita jauh lebih spesial dari orang lain.

Hal ini jugalah yang bisa membuat kita mengetahui cara hidup bahagia menurut psikologi dengan baik. Cara lainnya yang bisa kita lakukan adalah untuk tetap melihat ke masa depan. Kita memang pernah memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan, atau masa lalu yang gelap. Hal tersebut itulah yang biasanya akan membuat kita merasa terpuruk da nada saatnya juga kita merasa bahwa kita tidak ingin hidup dan tidak layak untuk hidup.

Cara Mengatasi

Namun harus kita ketahui juga, yang lalu biarlah berlalu dan kita harus melihat ke masa depan dan jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi. Hal yang harus kita fikirkan juga adalah jangan pernah membuat diri kita merasa bahwa kita mendefinisikan siapa diri kita sekarang. Sehingga merasa bahwa diri kita ini tidak layak.


Yang berikutnya jangan sampai kita terlalu sering melihat sosial media. Dengan terlalu sering melihat sosial media akan membuat kita kesulitan untuk bangkit. Pastinya cara bangkit dari keterpurukan menurut psikologi yang pernah terjadi di dalam diri kita itu tidak mudah. Untuk itu hal lain yang harus dilakukan adalah dengan tetap melihat ke depan dan jangan sampai terlalu sering melihat orang lain atau selalu bersyukurlah dengan apa yang kita miliki sekarang.

Baca juga:

Hal lain yang akan menyulitkan kita dalam hal insecure dalam psikologi adalah terlalu overthingking atau berfikir yang terlalu berlebihan. Sehingga dengan hal ini jika kita terlalu banyak berfikir dan juga tidak mempedulikan kesehatan, nantinya kita merasa tidak nyaman dengan diri kita dan hal tersebut akan membuat diri kita malah semakin menjadi pribadi yang cuek.

Untuk itu jangan terlalu keras pada diri sendiri dan juga jangan pernah berfikir bahwa diri kita tidak berharga, apalagi merasa bahwa kita tidak menarik dan pintar. Untuk saat ini segeralah berfikir positif apapun yang terjadi. Untuk cara mengatasi yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan selalu menuliskan hal- hal positif di dalam jurnal diri kita, khususnya ketika kita tengah merasa insecure.

Karena tubuh kita ini memang membutuhkan hal- hal positif atau pun berbagai hal yang bisa melawan rasa insecure yang ada di dalam diri kita. Anda juga perlu dikelilingi dengan orang- orang yang akan membuat kita jauh lebih suportif. Setiap orang pastinya membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya, misalnya sahabat atau pasangan, sehingga bisa menumbuhkan lagi rasa kepercayaan diri yang ada di dalam diri anda. seorang sahabat yang bisa mengingatkan diri anda mengenai hal positif yang anda miliki.


Cara Mencegah

Cara mencegah hal insecure yang ada di dalam diri kita sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dengan mudah, asalkan ada kemauan di dalam diri kita yang kuat, seperti dengan terus melawan insecurity dengan hal- hal atau perkataan yang positif. Hal ini juga harus anda lakukan, dan terus menerus melakukannya. Lawan secara terus menerus dengan kalimat positif, sehingga pasa akhirnya anda bisa mengatasi hal tersebut.

Baca juga:

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menemukan hal- hal atau kelebihan yang ada di dalam diri kita. Seperti kita ketahui, biasanya kita selalu merasa fokus dengan kekurangan yang ada di dalam diri kita. Untuk itulah sangat penting dilakukan untuk melihat kelebihan yang ada di dalam diri kita. Ini salah satunya teknik psikologi sosial yang bisa kita lakukan terhadap insecure dalam psikologi, sehingga nantinya kita bisa menghilangkan insecure yang ada di dalam diri kita.

Yang berikutnya anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan orang lain, atau orang yang jauh lebih professional di bidangnya tersebut. Terkadang kita merasa bahwa diri kita memiliki hal yang serius, meskipun begitu kita juga harus merasa insecure yang berlebihan, dan tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan psikolog atau orang yang jauh lebih ahli di bidangnya.

Sponsors Link
, , , ,