Sponsors Link

12 Tips Agar Tidak Insecure Terhadap Diri Sendiri

Sponsors Link

Insecurity atau insecure mungkin pernah Sobat alami. Rasa tak aman bisa terjadi saat Sobat malu, merasa bersalah, kekurangan, atau tak mampu. Saat merasa insecure, individu cenderung merasa ketakutan. Semakin tak percaya pribadi, semakin banyak rasa insecure yang ada dalam pikiran. Akibatnya, Sobat bisa menjadi takut berhubungan dengan individu lain. Padahal hubungan merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari hari.

ads

Salah satu alasan mengapa individu memiliki rasa insecure adalah mereka menilai pribadi sendiri terlalu rendah. Saat Sobat tak percaya pribadi atau malu dengan pribadi sendiri, misalnya karena warna kulit, tinggi dan berat badan, bentuk wajah tak sesuai dengan keinginan, maka Sobat akan memancarkan aura canggung.  Sebab itu, hilangkan itu semua dengan 12 Tips Agar Tidak Insecure Terhadap Diri Sendiri berikut ini.

1. Evaluasilah pembicaraan pribadi

Pernahkah Sobat memperhatikan pembicaraan yang terus menerus berlangsung di dalam pikiran Sobat sendiri? Pembicaraan pribadi bisa bersifat positif dan produktif atau negatif dan merusak ketenteraman pribadi Sobat. Berfokus pada kualitas pribadi yang buruk berdasarkan penilaian Sobat sendiri akan membuat Sobat terjebak dalam insecure. Lagi pula, menghakimi pribadi sendiri dengan keras tak akan membawa manfaat apa pun. (Baca juga mengenai cara bangkit dari keterpurukan)

2. Hadapi kondisi kondisi sosial

Ada sebagian kondisi sosial yang menyebabkan individu merasa cemas dan insecure. Mungkin Sobat perlu berjuang untuk berbaur di dalam pesta, mengobrol dengan individu lain, atau berjalan menyusuri lorong utama di sekolah. Kadang kadang, jika tak merasa percaya pribadi atau tak pintar melakukan sesuatu, individu akan merasa ragu dan tak yakin. Kabar baiknya adalah Sobat dapat belajar mengenali dan mengatasi insecure ini. (Baca juga mengenai cara hidup bahagia)

3. Mintalah masukan dari individu lain

Ada saatnya, Sobat sebaiknya meminta masukan dari individu lain. Sobat sendiri tak selalu mengenali sikap Sobat, maka meminta masukan dari sahabat atau anggota keluarga yang tepercaya bisa jadi bermanfaat. Mereka bisa saja mengetahui bahwa Sobat menjadi amat sangat pendiam di sekitar individu individu tertentu, atau tak bergerak dan sama sekali tak berbicara dalam kondisi kondisi tertentu. (Baca juga mengenai proses terjadinya depresi)

4. Pantaulah tindakan Sobat saat mengalami insecure

Di tengah tengah kondisi yang insecure, Sobat mungkin memperhatikan bahwa tindakan tindakan Sobat mudah tersulut dan penuh pembelaan pribadi. Sobat bisa saja menjadi takut dan merasa malu atau dipermalukan. Intinya, tindakan Sobat dapat menjadi berbeda pada masing masing kondisi atau di hadapan masing masing individu dan mengalami insecure akan menunjukkan sisi terburuk dari banyak individu. (Baca juga mengenai karakteristik mental yang sehat)

5. Amati suasana suasana pribadi Sobat

Individu individu biasanya bersikap berbeda saat berada dalam suasana yang lebih pribadi dibandingkan dengan di hadapan individu banyak. Sobat akan melihat sikap yang lebih terbuka, jujur, dan bahkan blak blakan dari berbagai individu saat dalam suasana pribadi.

Mungkin, individu individu merasa lebih nyaman saat berada dalam lingkaran yang lebih kecil. Menemukan gejala gejala rasa insecure akan bermanfaat karena membawa pemahaman yang penuh belas kasihan kepada individu lain. (Baca juga mengenai cara menyembuhkan depresi pada diri sendiri)

6. Pelajari kondisi kondisi umum

Entah Sobat sedang berada di tengah tengah sekelompok teman, mengunjungi kota lain, atau baru bergabung dengan tim lari, Sobat akan mengenali rasa insecure pada pribadi individu individu hanya dengan mengamati dan berhubungan. Individu yang memiliki banyak insecure biasanya sulit untuk diajak berhubungan atau berhubungan. Rasa insecure dapat muncul dalam berbagai bentuk di kondisi kondisi umum.


7. Analisis sikap yang muncul selama terjadi insecure

Mengamati individu lain menjadi defensif atau marah mungkin terasa sulit. Selain itu, terlibat dalam mengalami insecure seperti itu adalah tantangan tersendiri. Ketika individu berada pada posisi yakin ia perlu membela pribadi, ia akan menunjukkan rasa insecurenya melalui berbagai reaksi. Amati baik baik hal ini, maka Sobat akan memahami individu itu dan motivasinya dengan lebih baik.

8. Analisis tindakan verbal yang muncul selama terjadi insecure

Ada banyak contoh tindakan verbal yang dipicu oleh rasa insecure yang tersembunyi. Pahamilah bahwa konsep konsep ini tak dapat dijadikan alasan untuk sikap negatif. Namun, semua ini memberikan pemahaman agar Sobat tetap aman, menyingkir dari kondisi itu, atau menyelesaikan mengalami insecure hingga tuntas.

9. Pahami rasa insecure dalam bentuk keterlibatan pribadi

Kemampuan individu untuk melibatkan pribadi secara emosional dengan individu lain dalam sebuah hubungan sangat dipengaruhi oleh hubungan yang dimilikinya di masa kecil dengan individu yang berperan utama sebagai pengasuhnya. Jika hubungannya dengan si pengasuh banyak terganggu dengan rasa insecure,

sangat mungkin bahwa hubungan individu itu dengan pasangannya saat dewasa akan menghadapi pergumulan yang serupa. Bentuk bentuknya sangat bervariasi, namun secara umum gaya keterlibatan emosional dalam hubungan pribadi individu dewasa terbagi dalam empat kategori. Ketahui kategori Sobat atau individu yang Sobat amati.

10. Pelajari dinamika keluarga

Keluarga adalah tempat Sobat belajar banyak hal yang pada akhirnya dibawa hingga masa dewasa. Sebagian di antaranya adalah hal hal yang memperkokoh hidup Sobat dan sangat hebat, namun sebagian lainnya akan menjadi tantangan yang luar biasa. Sering kali, rasa insecure muncul dari hubungan hubungan yang Sobat pernah dan terus alami di dalam keluarga, dan bahkan mempengaruhi bentuk bentuk hubungan yang Sobat cari di masa dewasa.

11. Lakukan eksplorasi terhadap hubungan hubungan pertemanan Sobat

Perbedaan terbesar di antara keluarga dan teman adalah Sobat bisa memilih teman teman Sobat. Kadang kadang, Sobat akan menjadi lebih dekat dengan teman daripada dengan anggota keluarga. Rasa insecure dapat menjadikan hubungan pertemanan sangat sulit di saat saat tertentu. Mengenali rasa insecure pada individu teman dan menunjukkan empati kepadanya akan membantu Sobat membangun hubungan pertemanan yang lebih kuat.

12. Amati sikap sikap yang bersifat merusak pribadi sendiri

Memang sulit jika Sobat melihat teman Sobat mengambil berbagai keputusan yang salah, yang memengaruhi pribadinya dan individu individu yang peduli kepadanya. Sayangnya, rasa insecure dapat menyebabkan individu melakukan hal hal yang membutuhkan Sobat atau individu lain melibatkan pribadi untuk membantu.

  • Insecure dapat dibalikkan dengan bertindak dan menghadapi ketakutan Sobat, serta berpartisipasi dalam aktivitas yang membentuk sikap baru yang percaya pribadi.
  • Sobat boleh boleh saja menunjukkan rasa insecure kepada sahabat dan anggota keluarga yang tepercaya. Membuka “rahasia” Sobat dalam insecure ini akan bermanfaat dan merupakan satu langkah lebih maju dalam tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri perubahan sikap Sobat menjadi lebih baik.
  • Bersikaplah peka terhadap individu lain yang memiliki insecure. Jika Sobat melihat individu yang memiliki rasa insecure, jangan meributkannya karena hal itu akan membuatnya malu.
  • Praktikkan empati terhadap sesama dan perlakukan sesama sebagaimana Sobat ingin diperlakukan.
  • Banyak bentuk insecure akan selesai sejalan dengan waktu hanya dengan membiasakan pribadi kepada berbagai kondisi. Latihan akan membuat tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri ini menjadi lebih mudah.
  • Tak ada kata terlambat untuk mencari pertolongan yang dibutuhkan jika rasa insecure mengungkung Sobat hingga tak dapat menjalani kehidupan yang Sobat inginkan.
  • Perubahan memang tak pernah mudah, tetapi tetap mungkin jika Sobat bersedia berusaha dan mencari cara untuk menghadapi insecure Sobat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi