Sponsors Link

Tipe Kepribadian INTP

Sponsors Link

Tipe Kepribadian INTP

ads

Pengertian

INTP adalah salah satu dari 16 spektrum tipe kepribadian di mbti. Tipe kepribadian INTP sendiri terdiri dari empat trait dominan; introvert (i), intuisi (n), berpikir (t), dan menerima (p). Artinya, individu dengan INTP punya karakteristik introvert, mengutamakan intuisi di otak, lebih cenderung logis, serta mengolah fenomena berdasarkan pendapatnya sendiri. Baca juga mengenai : makna warna hitam dalam simbolisme psikologi

Di atas semuanya, tipe kepribadian INTP sangat tertarik dengan pemahaman teori dan prinsip-prinsip suatu fenomena. Jadi kalo mereka ngeliat sesuatu, mereka mencoba memahami sebenernya apa sih yang terjadi di balik fenomena tersebut, dan bagaimana prosesnya bermula hingga selesai. Baca juga mengenai : tips yang harus dipersiapkan sebelum bertemu psikolog

Kebiasaan ini membuat individu tipe kepribadian INTP suka menganalisa masalah. Semakin menantang suatu masalah, semakin tertantang mereka buat menyelesaikannya. Individu tipe kepribadian INTP sendiri cenderung memilih akurasi dan kualitas. Buat mereka, nggak masalah berlama-lama berkutat di teori, yang penting saat finishing hasilnya tepat. Yang penting masalahnya bisa selesai dengan sempurna. Baca juga mengenai : tips bertahan di tempat kerja yang tidak nyaman

Dan semua proses ini berlangsung hanya di otaknya, dan nggak keliatan dari kita yang ada di luar. Kadang ini membuat tempat kerja mereka, dan ruang pribadi mereka, terlihat berantakan. Walaupun gitu, tapi si tipe kepribadian INTP sebenernya merancang berantakan itu sesuai dengan apa yang lagi coba ia selesaikan. Baca juga mengenai : tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri

Individu tipe kepribadian INTP punya kecenderungan untuk nggak menerima fakta dan aturan yang berlaku. Bukan berarti mereka selalu memberontak sih, cuma dasarnya mereka emang nggak mau terima gitu aja sesuatu tanpa ada alasan atau basis yang jelas. Baca juga mengenai : teori psikologi yang berbenturan dengan teori lain

Makanya individu tipe kepribadian INTP suka mengkritisi sesuatu, yang buat individu lain sesuatu itu udah normal. Individu tipe kepribadian INTP akan melihat data dan fakta di lapangan sebelum mereka menerima suatu aturan dan norma. Kadang-kadang kesimpulan yang didapat individu tipe kepribadian INTP terlihat ngawur atau susah diterima, tapi individu tipe kepribadian INTP selalu yakin kalau kebenaran sejati kadang tidak nyaman untuk diketahui.

Walaupun suka membantah aturan dan fenomena, tapi individu dengan tipe kepribadian INTP memahami bahwa individu-individu seringkali menolak cara berpikirnya. Makanya meski punya pola pikir yang mendobrak, tipe kepribadian INTP lebih memilih diam dan menggunakan pola pikirnya sendiri.

Iya, tipe kepribadian INTP nggak suka debat. Mereka sejatinya adalah independen. Kalau mau terima ya syukur, nggak juga nggak apa-apa. Ini juga tipe kepribadian INTP gunakan bila mereka berada dalam kelompok. Tipe kepribadian INTP nggak percaya sama suara mayoritas. Salah ya salah. Kalau mereka nggak suka, mereka nggak segan untuk meninggalkan kelompok itu.

Meski keras kepala, tipe kepribadian INTP adalah individu yang adil dan fair. Ketika mereka dihadapkan dalam keputusan sulit, mereka akan memperhitungkan aspek logis, kebenaran, dan bias yang mungkin mereka rasakan. Individu dengan tipe kepribadian INTP nggak tertarik dengan aktivitas yang monoton, itu-itu aja, dan nggak butuh mikir.


Tipe kepribadian INTP membutuhkan situasi yang menuntut kreativitas dan potensinya secara maksimal. Di sinilah tipe kepribadian INTP bisa berkembang, dan tipe kepribadian INTP akan betah berada di sini.

Urusan bias dan perasaan adalah sesuatu yang sering dikhawatirkan oleh tipe kepribadian INTP. Mereka mencoba sedapat mungkin untuk menjadi fair. Maka, angka dan fakta adalah dasar yang paling disukainya; data dan fakta sulit dibantah.

Makanya sebelum mengambil suatu keputusan, tipe kepribadian INTP mencoba mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, melihat pola yang logis dan konsisten, baru menggunakan kesimpulannya untuk memutuskan sesuatu.

Itulah yang membuat tipe kepribadian INTP seringkali gak dipahami sama individu, malah sampe gak disukai. Dari luar, tipe kepribadian INTP terlihat seperti individu yang kelewat kritis dan nggak solutif, padahal itu hanyalah satu proses dari perjalanan panjang tipe kepribadian INTP dalam menemukan solusi.

Oh iya, ada satu alasan lain kenapa tipe kepribadian INTP lebih banyak menyembunyikan pikirannya. Ini karena tipe kepribadian INTP cenderung menganggap pemikirannya lebih baik. Tipe kepribadian INTP suka mengkritik, tapi nggak suka dikritik.

Apalagi kalo yang mengkritik itu gak sepintar mereka, atau nggak berpikir seperti mereka.
Karena tipe kepribadian INTP bukan tipe yang suka bentrok, mereka lebih memilih diam dan menyembunyikan pemikirannya.

Individu dengan tipe kepribadian INTP punya kemampuan melihat kemungkinan, hubungan, dan outcome tertentu pada suatu fenomena. Inget kan tentang gimana tipe kepribadian INTP mencari dan menggali data sebanyak mungkin?

Kebiasaan ini membantu untuk menerka potensi, masa depan, dan mampu membantu mereka melihat gambaran besar dari suatu kejadian. Tipe kepribadian INTP juga selalu dipenuhi ide dan kemungkinan, yang kemudian coba diolah menggunakan pikiran khas introvert.

Individu tipe kepribadian INTP punya kebiasaan mencari pola dan proses yang tersembunyi, dan mereka mencoba menemukan sudut pandang dan koneksi yang individu lain mungkin nggak bisa lihat.

Makanya tipe kepribadian INTP adalah individu yang cukup optimis, karena mereka bisa menerka apa yang akan terjadi, serta bagaimana sesuatu akan berubah nantinya. Intuisi semacam ini membantu tipe kepribadian INTP menyambungkan berbagai fenomena yang terjadi, dan bagaimana satu kejadian memicu kejadian lainnya di tempat terpisah.

Tipe kepribadian INTP selalu melihat dunia sebagai serangkaian kejadian, dan mereka berdiri menyaksikan kejadian saling menyambar satu sama lain. Ide dan pemikiran yang ia buat mungkin sekilas terlihat random, tapi itu adalah hasil berpikir tipe kepribadian INTP yang saling terkoneksi. Nggak ada suatu ide yang lahir begitu aja; semua berasal dari serangkaian pemikiran, fakta, dan data.

Karena pola pikirnya yang kayak jaring, alias nggak linear, makanya ngomong sama tipe kepribadian INTP kadang susah. Mereka bisa aja lagi ngomongin a terus loncat ke j, atau dari i balik lagi ke b. Ini membingungkan, tapi bagi tipe kepribadian INTP, semua loncatan ini diperlukan dan saling terkoneksi.

Intuisi ini juga membuat tipe kepribadian INTP selalu mencoba berinovasi, selalu menemukan suatu konsep dan pemikiran yang coba didalami. Mereka nggak suka ngelakuin sesuatu yang itu-ituuu aja, maunya berubah terus dan berinovasi terus.

Karena suka perubahan, maka tipe kepribadian INTP melihat perubahan sebagai ketidak pastian yang pasti, sebuah kesempatan untuk merasakan ketidaknyamanan dan mengubahnya menjadi penggerak maju.

Buat tipe kepribadian INTP, perubahan adalah peluang untuk menemukan ide baru, dan cara untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dan belum terjamah.

Tipe kepribadian INTP suka berpikir dan menemukan kemungkinan dari berbagai tempat, membuat tipe kepribadian INTP kesulitan melepaskan proyeknya yang terbengkalai. Rumah atau ruangan mereka penuh berbagai barang tak terpakai, yang individu lain lihat sebagai sampah.

Karena kelewat suka mikir dan merancang, makanya tipe kepribadian INTP lebih suka mengambil banyak waktu untuk berkutat informasi sebelum bener-bener memutuskan. Ini membuat tipe kepribadian INTP seringkali terlihat kayak menunda-nunda kerjaan. Padahaaaal ini diperlukan, karena buat tipe kepribadian INTP kualitas kerja lebih diperlukan ketimbang kecepatan.

Tipe kepribadian INTP nggak suka diburu-buru. Buat mereka masalah nggak bisa hanya diselesaikan dengan satu solusi gampang dan praktis, sebuah masalah punya ratusan solusi dan tipe kepribadian INTP ingin menyelesaikannya dengan solusi yang paling baik.

Kelebihan

  • Logis dan menilai dengan objektif.
  • Senang berkumpul dengan keluarga dan orang terdekat.
  • Suka menyelesaikan masalah sendiri.
  • Mampu berfikir kreatif.
  • Tidak suka berdebat untuk hal yang dirasa tidak penting.
  • Fokus dalam bekerja.
  • Pantang menyerah.

Kekurangan

  • Kurang suka mengikuti struktur dan aturan.
  • Tidak menyukai hal yang kaku.
  • Mudah emosi.

Pekerjaan yang cocok

  • Pekerja seni
  • Tim kreatif
  • Musisi

Tokoh yang memiliki kepribadian INTP

Albert Einstein, Dwight D. Eisenhower, Carl Jung, dan Tiger Woods

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : 16 Kepribadian