Sponsors Link

Tipe Kepribadian ESTJ

Sponsors Link

Tipe Kepribadian ESTJ

ads

Pengertian

Tipe kepribadian ESTJ adalah perwakilan dari tradisi dan tatanan, memanfaatkan pemahaman mereka tentang apa yang benar, salah, dan diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat. Memegang nilai kejujuran, dedikasi dan martabat, individu dengan tipe kepribadian ESTJ dinilai karena saran dan panduan mereka jelas, dan mereka dengan senang hati memberi jalan untuk kesulitan yang dihadapi. Baca juga mengenai : makna warna hitam dalam simbolisme psikologi

Memiliki kebanggaan dalam menyatukan individu-individu, tipe kepribadian ESTJ sering kali mengambil peran sebagai pengatur komunintas, bekerja keras mengajak semua individu merayakan acara setempat yang sangat disukai, atau dalam mempertahankan nilai-nilai yang menyatukan keluarga dan masyarakat. Baca juga mengenai : tips yang harus dipersiapkan sebelum bertemu psikolog

Tuntutan atas kepemimpinan seperti ini tinggi dalam masyarakat demokratis, dan tipe ini mencapai tidak kurang dari 11% dalam populasi, tidak heran jika banyak pemimpin politis dan bisnis terkenal di dunia adalah tipe tipe kepribadian ESTJ. Pengikut setia peraturan undang-undang dan kekuasaan yang harus raih. Baca juga mengenai : tips bertahan di tempat kerja yang tidak nyaman

Tipe kepribadian ESTJ menjadi teladan, menunjukkan dedikasi dan kejujuran dengan maksud tertentu, dan penolakan yang jelas terhadap kemalasan dan kecurangan khususnya dalam pekerjaan. Jika ada yang menyatakan bahwa kerja giat dan keras adalah cara paling bagus untuk membangun karakter, maka itu adalah tipe kepribadian ESTJ. Baca juga mengenai : tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri

Tipe kepribadian ESTJ menyadari keadaan sekelilingnya dan hidup dalam dunia nyata yang jelas dan teruji – keyakinan terhadap pengetahuan mereka berarti bahwa walaupun menghadapi penentangan yang kuat, mereka tetap bepegang pada prinsip mereka dan mendorong visi yang jernih tentang apa yang diterima dan apa yang tidak. Baca juga mengenai : teori psikologi yang berbenturan dengan teori lain

Pendapat mereka juga bukan hanya omongan kosong, karena tipe kepribadian ESTJ lebih dari sekadar ingin terlibat dalam proyek menantang, memperbaiki rencana tindakan dan menyortir perincian selama proses, membuat tugas yang paling kompleks menjadi terlihat mudah dan dapat didekati.

Namun demikian, tipe kepribadian ESTJ tidak bekerja sendirian, dan mereka berharap keandalan dan etika kerja mereka harus ditiru – individu dengan tipe kepribadian ini memenuhi janji mereka, dan jika mitra atau bawahan menghambat mereka melalui inkompentensi atau kemalasan, atau yang lebih buruk, ketidakjujuran, mereka tidak segan menunjukkan kemarahan. Ini membuat mereka mendapat reputasi sebagai individu yang tidak fleksibel, tetapi bukan karena tipe kepribadian ESTJ itu individu yang sembarangan keras kepala, tetapi karena mereka benar-benar percaya bahwa nilai ini yang membuat masyarakat berfungsi.


Kelebihan

1. Berdedikasi

Individu tipe kepribadian ESTJ akan berdedikasi pada pekerjaan dan tanggung jawab mereka. Pekerjaan atau tugas tidak akan dengan mudah diabaikan hanya karena mereka bosan atau pekerjaan tersebut sulit. Individu dengan kepribadian tipe kepribadian ESTJ akan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik selama pekerjaan tersebut merupakan hal yang menurut mereka hal yang baik dilakukan.

2. Keinginan yang kuat

Tipe kepribadian ESTJ memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan atau mempertahankan ide yang mereka miliki. Mereka akan mempertahankan ide dan kepercayaan yang mereka miliki sehingga sulit untuk digoyahkan sampai ada yang benar-benar bisa memberikan penjelasan yang jelas dan logis jika memang ide tersebut salah.

3. Langsung dan jujur

Tipe kepribadian ESTJ mempercayai fakta lebih besar dari pada ide abstrak atau opini individu lain. Pernyataan yang langsung dan informatif adalah kebiasaan mereka dan kepribadian tipe kepribadian ESTJ cenderung jujur apakah itu diinginkan atau tidak.

4. Loyal, sabar dan dapat diandalkan

Tipe kepribadian ESTJ merupakan individu yang saat bekerja dapat dipercaya atau diandalkan karena kestabilan dan keamanan sangat penting bagi mereka. Saat tipe kepribadian ESTJ mengatakan mereka akan melakukan sesuatu, mereka akan memegang teguh hal tersebut dan menjadikan mereka individu yang bertanggung jawab baik itu di keluarga, perusahaan, dan komunitas.

5. Senang membuat aturan

Tipe kepribadian ESTJ tidak menyukai hal-hal yang berantakan dan mengancam keamanan mereka. Mereka akan mecoba untuk membuat tata tertib pada lingkungan mereka dengan mengembangkan peraturan, struktur, dan peran yang jelas.

6. Senang mengorganisir

Kepribadian tipe kepribadian ESTJ membuatnya menjadi individu yang mampu dipercaya saat menjadi pimpinan. Individu dengan kepribadian tipe kepribadian ESTJ tidak memiliki masalah saat harus mendistribusikan pekerjaan dan tanggung jawab pada individu lain secara fair dan obyektif, membuat mereka menjadi administrator handal..

Kekurangan

1. Tidak fleksibel dan keras kepala

Tipe kepribadian ESTJ akan mendapatkan masalah jika mereka terlalu kaku pada apa yang dikerjakan sehingga tipe kepribadian ESTJ kadang meninggalkan cara lain yang mungkin akan bekerja lebih baik. Mereka tidak mudah percaya dengan opini dari individu lain sampai opini tersebut dapat dibuktikan kebenarannya.

2. Membuat situasi dan keadaan yang tidak nyaman

Tipe kepribadian ESTJ sangat memegang teguh tradisi sehingga sering mendorong solusi yang tidak teruji, mereka akan menjadi tidak nyaman dan tertekan. Adanya ide baru yang menyatakan bahwa metode mereka kurang bagus dan mencegah apa yang biasanya mereka kerjakan akan membuat mereka menjadi bimbang dengan risiko imej yang akan terjadi.

3. Sering menghakimi

Tipe kepribadian ESTJ memiliki pendirian kuat tentang apa yang benar, salah, dan diterima di masyarakat. Tipe kepribadian ESTJ akan memaksa untuk menciptakan tata tertib yang kadang melebar ke semua hal dan semua individu. Mereka menjadi tidak mempedulikan kemungkinan ada dua kebenaran yang bisa dilakukan.

4. Terlalu fokus pada status sosial

Tipe kepribadian ESTJ sangat peduli dengan imej mereka di depan teman mereka, kolega, dan komunitas. Tipe kepribadian ESTJ terutama yang bergejolak akan mencoba untuk terlihat baik sesuai dengan harapan individu lain namun mereka bisa gagal dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

5. Sulit untuk santai

Tipe kepribadian ESTJ sulit untuk dapat bersantai karena mereka selalu mencoba untuk memenuhi gengsi mereka. Mereka menjadi terlalu sibuk untuk sekedar bersantai.


6. Sulit untuk mengekspresikan emosi

Kelemahan terbesar dari tipe kepribadian ESTJ adalah sulit mengekspresikan emosi dan merasakan empati. Individu dengan kepribadian tipe kepribadian ESTJ akan mencari fakta dan metode yang efektif sampai mereka melupakan kebahagiaan individu lain dan perasaan individu lain. Kebahagiaan keluarga mungkin bisa menyentuh mereka namun biasanya akan datang terlambat dan mereka akan lebih sering menyakiti perasaan individu lain.

Pekerjaan yang cocok

  • Manager
  • Leader
  • Pelatih
  • Politikus

Tokoh yang memiliki kepribadian ESTJ

Sonia Sotomayor, John D. Rockefeller, Judge Judy, Frank Sinatra, James Monroe.

Sponsors Link
, , , , ,