Sponsors Link

Tipe Kepribadian ESTP

Sponsors Link

Tipe Kepribadian ESTP

ads

Pengertian

Tipe kepribadian ESTP selalu memiliki dampak pada lingkungan langsung mereka – cara terbaik untuk menemukan mereka di sebuah pesta adalah mencari kumpulan individu yang mengelilinginya saat mereka berpindah dari satu kelompok ke kelompok lain. Tertawa dan menghibur dengan humor kasar dan membumi, tipe kepribadian ESTP sangat suka menjadi pusat perhatian. Jika anggota audiens memintanya naik panggung, tipe kepribadian ESTP akan menjadi sukarelawan – atau menawarkan temannya yang pemalu. Baca juga mengenai : teori psikologi yang berbenturan dengan teori lain

Teori, konsep abstrak dan diskusi tanpa henti mengenai masalah global dan implikasinya tidak membuat individu dengan tipe kepribadian ESTP tertarik terlalu lama. Tipe kepribadian ESTP menjaga percakapan mereka tetap penuh semangat, dengan tingkat kecerdasan yang baik, tetapi mereka suka berbicara tentang apa maksudnya – atau yang lebih baik, langsung keluar dan melakukannya. Tipe kepribadian ESTP melompat sebelum melihat, memperbaiki kesalahan sambil bertindak, alih-alih duduk diam, menyiapkan ketentuan cadangan atau jalan keluar. Baca juga mengenai : tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri

Tipe kepribadian ESTP adalah tipe kepribadian yang paling mungkin menjalani perilaku gaya hidup yang berisiko mereka hidup saat ini dan tenggelam dalam tindakan – mereka adalah mata badai. Individu dengan tipe kepribadian ESTP menikmati drama, gairah dan kesenangan, bukan untuk kegembiraan emosional, tetapi karena sangat menstimulasi pikiran logis mereka. Mereka dipaksa untuk membuat keputusan logis berdasarkan realitas langsung yang faktual dalam proses respons stimulus yang datang silih berganti. Baca juga mengenai : tips bertahan di tempat kerja yang tidak nyaman

Ini membuat sekolah dan lingkungan yang sangat terorganisasi lainnya menjadi sebuah tantangan bagi tipe kepribadian ESTP. Itu tentu saja bukan karena kepribadian ini tidak cerdas, dan mereka dapat melakukannya dengan baik, tetapi pendidikan formal yang teratur dengan pendekatan ceramah sangat jauh dari pembelajaran langsung yang disukai tipe kepribadian ESTP. Perlu kedewasaan yang besar untuk melihat proses ini sebagai sarana yang diperlukan bagi hasil akhirnya, sesuatu yang dapat menciptakan peluang yang lebih menarik. Baca juga mengenai : tips yang harus dipersiapkan sebelum bertemu psikolog

Yang juga menantang adalah bahwa bagi individu dengan tipe kepribadian ESTP, akan lebih masuk akal bila menggunakan pedoman moral mereka sendiri daripada pedoman individu lain. Aturan dibuat untuk dilanggar. Ini adalah sentimen yang biasanya disampaikan beberapa instruktur sekolah tinggi atau supervisor korporat, dan dapat memberi reputasi tertentu bagi tipe kepribadian ESTP. Namun jika mereka meminimalkan penciptaan masalah, memanfaatkan energi mereka dan fokus melalui bahan-bahan yang membosankan, tipe kepribadian ESTP merupakan tenaga yang harus dipertimbangkan. Baca juga mengenai : makna warna hitam dalam simbolisme psikologi

Tipe kepribadian ESTP merupakan sosok yang ramah tamah dan langsung berbicara apa adanya. Mereka bersemangat dan penuh gairah, senang berbuat sesuatu dan hidup di dunia yang penuh aksi. Terus terang, pengambil risiko, mereka ingin masuk ke dalam permasalahan dan membuat diri mereka benar-benar terjun dan berbuat sesuatu. Mereka adalah individu-individu yang hidup untuk saat ini dan di tempat ini dan mereka menempatkan introspeksi atau teori menjadi kurang penting. Mereka melihat pada fakta dari sebuah situasi, secara cepat memutuskan apa yang harus dilakukan, mengeksekusinya dan beralih ke hal selanjutnya.

Tipe kepribadian ESTP memiliki kemampuan aneh untuk merasakan perilaku dan motivasi individu-individu. Mereka bisa melihat tanda yang biasanya tidak dilihat individu lain, seperti ekspresi wajah dan cara berdiri. Tipe kepribadian ESTP menggunakan kemampuan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari sebuah situasi.

Peraturan dan hukum bagi mereka akan terlihat seperti panduan untuk perilaku daripada sebuah amanat. Jika mereka memutuskan sesuatu perlu dilakukan maka mereka akan melakukannya segera dengan sungguh-sungguh. Tipe kepribadian ESTP cenderung percaya pada keyakinan mereka sendiri tentang apa yang benar dan teguh pada prinsip yang mereka pegang.


Individu-individu tipe kepribadian ESTP biasanya sangat baik dan bercerita dan improvisasi. Mereka senang membiarkan semuanya berjalan apa adanya daripada mengikuti sebuah rencana. Mereka senang bersenang-senang dan individu yang menyenangkan bagi individu lain. Kadang-kadang mereka bisa menyakiti individu lain tanpa mengetahuinya. Ini bukan berarti mereka tidak peduli pada individu lain namun mereka membuata keputusan berdasarkan fakta dan logika.

Kepribadian yang kurang dimiliki adalah intuisi. Mereka bisa tidak sabar menghadapi teori dan menggunakannya sedikit untuk melakukan sesuatu. Individu tipe kepribadian ESTP yang kurang percaya pada insting mereka akan curiga juga dengan intuisi individu lain. Mereka lebih cenderung praktikal, mengobservasi, spontan, pengambil resiko dengan kemampuan yang cepat dalam menyelesaikan masalah.

Kelebihan

1. Berani

Individu dengan tipe kepribadian ESTP akan penuh energi dan menjadi pemberani. Tak ada yang lebih menyenangkan dari tipe kepribadian ESTP daripada melampau batas dan menemukan hal-hal baru.

2. Rasional dan praktikal

Tipe kepribadian ESTP senang dengan pengetahuan dan filosofi, tapi tidak untuk mereka sendiri. Mereka menemukan ide dari apa yang mereka lakukan dan memperhatikan detail akan suatu hal. Jika ada sebuah diskusi yang tampak sulit ditemukan jalan keluar, tipe kepribadian ESTP bisa digunakan untuk mengatasinya.

3. Langsung

Tipe kepribadian ESTP memilih untuk berkomunikasi secara langsung, jelas, dengan partanyaan dan jawaban yang faktual. Sesuatu dilihat sebagaimana adanya.

4. Sosial

Tipe kepribadian ESTP sangat bagus dalam bersosialisasi sehingga merekaa memiliki bakat kepemimpinan alami dalam sebuah kelompok. Ini sebenarnya bukan yang mereka cari, individu tipe kepribadian ESTP hanya memiliki ketangkasan menggunakan interaksi sosial dan peluang dari jaringan yang mereka miliki.

Kekurangan

1. Kurang sensitif

Individu tipe kepribadian ESTP memandang perasaan dan emosi sebagai hal kedua dibandingan dengan fakta dan realitas. Perasaan individu lain bisa terluka karena mereka kadang terlalu jujur dalam mengungkapkan sesuatu. Mereka bisa mendapatkan masalah dalam mengungkapkan perasaan mereka sendiri.

2. Tidak sabaran

Mereka berpindah-pinda untuk membuat diri mereka tetap bersemangan. Bersabar dalam menghadapi suatu hal yang tidak berjalan cepat sesuai dengan keinginan mereka menjadi tantangan berat bagi si tipe kepribadian ESTP.

3. Pengambil risiko

Ketidaksabaran yang dimiliki oleh individu tipe kepribadian ESTP bisa membuat mereka menjadi dekat dengan risiko. Mereka kadang-kadang mengambil risiko saat mencoba melawan kebosanan.

4. Tidak terstruktur

Tipe kepribadian ESTP melihat peluang untuk menyelesaikan masalah, dan bersenang-senang. Ia kadang mengabaikan peraturan dan norma sosial dalam prosesnya. Hal tersebut memang mungkin dapat terselesaikan namun dapat membuat kekacauan di sisi lain.

5. Kemungkinan tak melihat gambaran besar akan suatu hal

Hidup di saat ini dapat membuat tipe kepribadian ESTP melupakan hal-hal besar, seperti fokus pada satu pohon tapi melupakan hutannya. Individu dengan tipe kepribadian ESTP senang menyelesaikan masalah saat ini dan sekarang. Setiap bagian dapat menjadi sempurna, namun itu bisa gagal jika bagian tersebut digabungkan dan tidak sesuai.


6. Suka menantang

Tipe kepribadian ESTP tidak ingin dikungkung, mereka lebih pada senang mengerjakan sesuatu dan tak ingin dibatasi aturan. Lingkungan seperti sekolah dan pekerjaan awal dapat menjadi kurang sesuai dengaan pribadi mereka. Butuh usaha yang keras bagi individu tipe kepribadian ESTP untuk tetap fokus pada lingkungan tersebut sampai mendapatkan posisi yang lebih bebas.

Pekerjaan yang cocok

  • Pengusaha
  • Leader
  • Aktivis

Tokoh yang memiliki kepribadian ESTP

Ernest Hemingway, Jack Nicholson, Eddie Murphy, Madonna, Bruce Willis.

Sponsors Link
, , , , ,