Sponsors Link

12 Cara Hidup Bahagia Menurut Psikologi

Sponsors Link

Makna  hidup Sobat terbentuk melalui pikiran dan tindakan Sobat sehari hari. Bertanya  apa yang perlu Sobat pelajari dan lakukan agar  hidup Sobat semakin baik. Jangan pernah menyalahkan individu lain apabila keadaan tidak berjalan sesuai keinginan. Sobat bebas menentukan apa yang dimaksud dengan hidup, dengan 12 Cara Hidup Bahagia Menurut Psikologi dan mulai  mewujudkannya dengan membaca artikel ini.

ads

1. Ketahui  bahwa hidup ada  sebuah proses, bukan keinginan

Walaupun terdengar klise, memang benar bahwa  hidup pada dasarnya ada  cara meraih keinginan yang ingin Sobat capai. Hidup tenang dengan cara hidup bahagia menurut psikologi bisa tercapai melalui proses yang harus Sobat jalani seumur hidup. Jangan kecewa jika Sobat dituntut untuk mempelajari berbagai hal baru atau harus menghadapi kendala sebab semua ini ada  hal yang wajar dalam  hidup. (Baca juga mengenai tips bahagia dalam rumah tangga)

2. Bersikap  jujur kepada pribadi sendiri dan individu lain

Kebohongan akan menguras energi dan merusak cara hidup bahagia menurut psikologi. Membohongi pribadi sendiri berarti menghalangi kesempatan belajar dan berkembang bagi pribadi sendiri. Membohongi individu lain berarti merusak kepercayaan dan keakraban. (Baca juga mengenai cara membahagiakan diri sendiri)

3. Belajar  menerima pribadi sendiri

Kita lebih mudah melihat hal hal yang tidak kita sukai dari pribadi sendiri, apa yang ingin kita ubah, dan apa yang menurut kita seharusnya berbeda. Menghabiskan waktu hanya untuk berfokus pada apa yang tidak Sobat sukai atau pada kejadian di masa lalu bisa menunjukkan bahwa Sobat tidak mampu memikirkan masa depan. Ambil  keputusan untuk belajar mencintai pribadi sendiri apa adanya. (Baca juga mengenai cara keluar dari zona nyaman)

4. Tentukan prinsip yang Sobat yakini

Prinsip yakni keyakinan yang membentuk pribadi Sobat dan cara Sobat menjalani  hidup. Prinsip bisa berupa keyakinan spiritual atau keyakinan yang sudah tertanam kuat dan sangat penting bagi Sobat. Merenungkan nilai nilai keyakinan bisa membantu Sobat menentukan

keinginan yang selaras dengan prinsip yang Sobat pegang. Sobat akan merasa puas dan dapat melakukan cara hidup bahagia menurut psikologi apabila Sobat bisa menjalani  hidup yang sesuai dengan prinsip yang Sobat yakini. (Baca juga mengenai konsep sabar dalam psikologi)

5. Lawan  hal buruk tentang pribadi sendiri

Ada pendapat yang mencampuradukkan antara mengkritik pribadi sendiri dan memperbaiki pribadi. Riset membuktikan bahwa individu yang memusuhi dan mengkritik pribadi sendiri akan sama saja seperti individu individu yang lainnya. Pandangan buruk tentang pribadi sendiri dan kebiasaan mengkritik pribadi sendiri tidak membuat Sobat menjadi lebih baik dan tidak membantu Sobat mencapai keinginan. Alih alih, bersikap  baik dengan mengasihi pribadi sendiri (Baca juga mengenai gangguan konsep diri)

6. Jadi  pribadi yang fleksibel

Salah satu alasan yang membuat kita kecewa yakni adanya keinginan agar keadaan selalu sama. Namun,  hidup ini penuh dengan perubahan. Bersiap  menghadapi perubahan dan mengalami pertumbuhan. Belajar  menyesuaikan pribadi untuk menghadapi setiap situasi dan tantangan baru.

7. Rawat  tubuh Sobat

Cara menjalani hidup cara hidup bahagia menurut psikologi yakni  dengan merawat tubuh. Sobat hanya mempunyai satu tubuh selama Sobat hidup. Oleh sebab itu, pastikan tubuh Sobat selalu siap menjadi kendaraan yang bisa Sobat kendalikan untuk menjalani  hidup ini dan terus belajar.


8. Pelajari cara menenangkan pikiran

Belajar menenangkan pikiran bisa membantu Sobat menjalani hidup yang dengan cara hidup bahagia menurut psikologi dengan memusatkan perhatian pada apa yang sedang terjadi saat ini. Latihan menenangkan pikiran yang berasal dari tradisi Buddha ini dilakukan dengan membebaskan pribadi dari kebiasaan menilai pengalaman Sobat. Latihan ini membuat Sobat mampu menerima semua yang Sobat alami apa adanya.

9. Berhenti  “mengharuskan” pribadi sendiri

Hal ini digunakan oleh individu psikolog bernama Clayton Barbeau. Hal ini merujuk pada perilaku manusia yang cenderung mengatakan kepada pribadi sendiri bahwa kita “harus” melakukan sesuatu, sekalipun tidak sesuai dengan keinginan atau sistem nilai kita sendiri. Pernyataan “harus” bisa menimbulkan ketidakpuasan dan kesedihan. Sobat bisa hidup dengan cara hidup bahagia menurut psikologi dengan menghilangkan kebiasaan membuat pernyataan tersebut.

10. Tinggalkan zona kenyamanan Sobat

Riset selalu membuktikan bahwa individu individu harus memaksakan pribadi untuk meninggalkan zona kenyamanan mereka agar bisa mencapai performa terbaik. Ini  yang disebut mengalami “kecemasan optimal”. Kesimpulannya, semakin besar kemauan Sobat menantang pribadi sendiri, Sobat akan mendapatkan pengalaman baru dengan lebih nyaman.

  • Mengambil risiko bisa terasa menakutkan sebab kita cenderung merasa tidak nyaman jika memikirkan kegagalan. Banyak individu yang takut menghadapi risiko jangka pendek. Namun, individu individu yang menghindari risiko dan tidak mau memaksakan pribadi biasanya merasa kecewa di kemudian hari karena tidak pernah melakukannya.
  • Sekali sekali meninggalkan zona kenyamanan bisa meningkatkan fleksibilitas yang Sobat butuhkan untuk menghadapi rintangan yang tidak terduga dalam  hidup sehari hari.
  • Mulai  dari hal hal kecil. Pergi  ke restoran yang padat pengunjung tanpa memesan tempat terlebih dahulu. Ajak  keluarga Sobat bepergian jauh tanpa persiapan. Kerjakan hal hal baru yang belum pernah Sobat lakukan.

11. Bersikap  realistis

Buat  rencana yang bisa dicapai sesuai kemampuan dan bakat Sobat. Lakukan setiap usaha yang mendukung tercapainya keinginan. Capai  satu demi satu untuk meraih kemapanan dan ketenangan hidup.

  • Tentukan keinginan yang bermakna bagi Sobat dan jangan membandingkannya dengan keinginan individu lain. Jika keinginan yang bermakna personal bagi Sobat ada  ingin bisa memainkan lagu favorit dengan gitar, jangan merasa bodoh apabila Sobat tidak pernah menjadi gitaris rok ternama.

12. Capai Keinginan

  • Capai  keinginan Sobat berdasarkan performa. Sobat harus bekerja keras, berdedikasi, dan termotivasi agar bisa mencapai keinginan. Namun, pastikan dahulu bahwa Sobat bisa mencapai keinginan tersebut dengan usaha Sobat sendiri sebab Sobat tidak bisa mengendalikan individu lain.
  • Contohnya, “menjadi bintang film” ada  keinginan yang tergantung pada tindakan individu lain (agen yang memberikan Sobat peran, individu individu yang akan menonton film Sobat, dll.) Akan tetapi, “Mengikuti audisi peran sebanyak mungkin” bisa dicapai sebab Sobat mampu mengendalikan tindakan ini.
  • Meskipun tidak pernah mendapatkan peran, Sobat bisa melihat keinginan ini sebagai kesuksesan sebab Sobat sudah melakukan apa yang harus dilakukan untuk mencapai keinginan yang Sobat inginkan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa jalani hidup yang hanya sekali ini dengan bahagia ya sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi