Sponsors Link

8 Contoh Metode Angket Dalam Psikologi

Sponsors Link

Bidang dan dunia psikologi memang sangat indentik dengan ilmu mencari sisi kepribadian seseorang, apakah untuk digunakan sebagai bukti psikis, kesehatan, bakat, pendidikan dan lainnya pada diri orang. Dalam ilmu psikologi ditekankan bahwa kepribadian merupakan sesuatu yang unik dan juga beragam karakter.

ads

Baca juga :

Untuk melengkapi sebuah data dalam tes kepribadian seseorang membutuhkan berbagai macam cara, salah satunya dengan menggunakan metode angket atau disebut juga questioner. Metode ini merupakan sebuah daftar atau list yang isinya berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh orang yang menjadi sasaran tes tersebut. Semua pertanyaan dalam ditujukan sebagai maksud dan tujuan yang ingin dicapai.

Sebagai penjelasan, berikut contoh metode angket dalam psikologi yang dapat kamu ketahui seperti dibawah ini :

1. Pertanyaan Tertutup

Salah satu contoh metode angket dalam psikologi yaitu berupa pertanyaan yang sifatnya tertutup. Dimana setiap pertanyaan sudah diberikan jawabannya, sehingga peserta tes tinggal memilih dan menyelesaiakan dengan mudah. Metode ini hampir sama dengan model pertanyaan pilihan ganda, hal ini tentu peserta tidak dapat menjawab sesuai dengan keinginannya sendiri.

2. Angket Terbuka Secara Langsung

Metode angket ini sama dengan metode pertanyaan secara terbuka, dimana pertanyaan yang digunakan bisa digunakan secara langsung dan tertuju pada peserta. Hal ini dapat juga berupa tulisan atau pertanyaan yang harus diisi atau dalam bentuk langsung menjawab. Metode ini cukup mudah dan tentu tidaklah sulit bagi peserta yang sudah mempersiapkan diri sebelumnya.

Baca juga :

3. Angket Terbuka Secara Tidak Langsung

Berikut ini contoh metode angket dalam psikologi yang menggunakan pertanyaan melalui perantara atau orang lain selain peserta. Namun, hal ini ditujukan untuk mengetahui hasil dari si peserta tersebut, contohnya orangtua yang mewakili anaknya untuk memberikan jawaban, dosen mewakili mahasiswa untuk memberikan jawaban dan lain sebagainya.

4. Angket dalam Bentuk Pilihan Ganda

Cara ini sama dengan metode pertanyaan secara tertutup dan metode lain, dengan menggunakan pertanyaan yang diberikan pilihannya sendiri atau pilihan ganda. Pilihan ini mudah dan dapat dijawab oleh setiap peserta tes sesuai dengan pilihan yang diinginkan. Namun, kelemahannya jawaban tidak bisa bebas dan harus berdasarkan pilihan yang sudah ada.

5. Angket Dengan Cara Lisan

Contoh metode angket dalam psikologi selanjutnya dapat menggunakan cara pertanyaan secara lisan atau disebut dengan wawancara. Contoh pertanyaan ini dapat dijawab sesuai dengan pilihan yang sudah ditentukan sebelumnya, setiap peserta tentu harus memilih jawaban yang sesuai dengan yang sudah disediakan. Dan hal ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.

Baca juga :

6. Metode Angket Dengan Menggunakan Check List

Dengan cara ini setiap peserta dapat menggunakan jawaban sesuai dengan daftar jawaban yang ada di kolom atau daftar check list. Atau mengisi pertanyaan dengan menggunakan sebuah daftar yang sudah disediakan dan peserta tinggal membutuhkan tanda check pada kolom yang sesuai pilihannya.

7. Metode Angket Dengan Menggunakan Rate Scalling

Suatu contoh metode angket dalam psikologi yaitu sebuah pertanyaan yang diberikan dengan membuat kolom, dimana setiap kolom-kolom yang menunjukkan tingkatan-tingkatan, misalnya mulai dari yang sangat setuju sampai sangat tidak setuju dan sebagainya.

8. Angket dengan Cara Pertanyaan Campuran

Metode yang merupakan percampuran dari kedua macam pertanyaan secara terbuka dan secara tertutup, baik langsung ataupun tidak langsung. Bentuknya dapat secara tertulis dengan jawaban yang sudah disediakan sebelumnya.

Baca juga :

Masih banyak metode lain yang umum digunakan dalam ilmu psikologi untuk mengetahui tentang pribadi seseorang. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menjadi pilihan Anda untuk mempelajari ilmu psikologi dengan contoh metode angket dalam psikologi.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi