Sponsors Link

13 Peran Metode Kualitatif dalam Analisis Psikologi

Sponsors Link

Metode kualitatif ialah pemaparan yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan yang induktif. Deskriptif artinya upaya untuk menggambarkan peristiwa atau fenomena atau subjek yang khusus atau mengenai hal itu saja, tidak menjelaskan mengenai kesimpulan yang dibuat buat atau menarik kesimpulan sendiri.

ads

Misalnya ialah membuat deskripsi mengenai satu orang di kelas yang tidak bahagia, tentu tidak boleh diambil kesimpulan bahwa seluruh orang di kelas tersebut semuanya tidak bahagia. Deskripsi tersebut tentunya dilakukan dengan menggunakan ilmu dan teori psikologi untuk dapat menentukan hasilnya atau info yang dicari. Selai  itu, apa saja perannya? Yuk simak peran lainnya dalam artikel 13 peran metode kualitatif dalam analisis psikologi.

1. Memaparkan Sesuai Fenomena

Metode kualitatif artinya memaparkan atau menjelaskan sesuai kenyataan yang ada, dalam analisis psikologis, hal ini sangat berperan sebab dapat digunakan sebagai metode untuk menggambarkan keadaan atau fenomena sesuai kenyataan yang ada dan memberi contoh secara nyata dan jelas sehingga makna yang dimaksud lebih mudah untuk dipahami.. (Baca juga mengenai faktor psikologi dalam lingkungan).

2. Penjelasan Suatu Masalah

Peran metode kualitatif dalam analisis psikologis juga memudahkan untuk menjelaskan sesuatu yang belum diketahui menjadi gambaran yang dapat dimengerti dengan mudah karena diceritakan sesuai fenomena asli yang ada dan dapat menjadi cara untuk menjelaskan suatu masalah secara lebih detail serta mendalam. (Baca juga mengenai masalah psikologis pada anak tunarungu).

3. Baik Atau Tidak Suatu Keadaan

Menjelaskan suatu keadaan yakni baik atau buruk keadaan tersebut dapat dicapai dengan metode kualitatif yang dilakukan dengan cara memaparkan sejelas mungkin. Mudah dibuat berua gambaran atau contoh yang bermakna baik atau buruk dan dengan mudah dapat dinilai secara langsung oleh orang yang membaca atau mengetahui analisis yang disampaikan. (Baca juga mengenai cara menyikapi gaya hidup modern dengan baik).

4. Penyebab Sesuatu

Penyebab terjadinya sesuatu juga dapat dicapai dengan menggunakan metode kualitatif dalam analisis psikologi. Misalnya ialah megenai pemahaman karakter terhadap anak yang nakal dengan terlebih dahu diceritakan dipaparkan secara kualitatif mengenai kehidupan dan lingkungan anak tersebut.  (Baca juga mengenai penyebab lupa dalam psikologi).

Seiring cerita yang disampaikan secara kualitatif tersebut dapat diketahui apa penyebab anak itu menjadi nakal karena segala fenomena dan keadaan telah dijelaskan dengan nyata dan apa adanya sehingga secara langsung dapat diambil pelajaran seperti penyebab dari masalah yang terjadi dalam bidang yang dianaliss tersebut.

Sponsors Link

5. Kecenderungan di Masa Depan

Sebuah pemaparan tentu akan dapat disimpulkan bagaimana prosesnya di masa depan sesuai dengan yang diceritakan saat ini. hal tersebut dapat terbantu dengan adanya peran metode kualitatf dalam analisis psikologi, dengan diceritakannya sesuatu sesuai kenyataan dan dengan kejelasan serta kesungguhan, semua akan paham kemungkinan apa yang terjadi di masa depan. (Baca juga mengenai prospek kerja untuk lulusan psikologi di masa depan).

6. Cara Mengetahui Permasalahan

Mengetahui titik inti dari suatu permasalah dalam analisis psikologi dapat dicapai dengan menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif akan memudahkan setiap analisa untuk mengetahui titik permasalah karena apa yang diteiti tidak berdasarkan statstika atau hitungan yang harus diolah dan dipikirkan, namun dapat ditelaah secara langsung.

ads

7. Penanaman Rasa Ingin Tahu

Peran metode kualitatif dalam analisis psikologi akan menimbulkan rasa ingin tahu bagi pihak pihak yang berhubungan dengan analisa tersebut, hal ini terjadi karena jalan analisa yang disampaikan memiliki alur yang nyata yang tidak bisa diperkrakan atau dihitung seperti halnya matematika, sehingga memberikan rasa ingin tahu dan minat yang lebih tinggi.

8. Pemberian Makna

Peran metode kualitatif dalam analisis psikologi ialah memberi makna yang jelas atau gambaran karakter yang nyata dari apa yang telah diuraikan. Makna tersebut ialah sebuah pelajaran atau intisari yang terkandung dalam analisis yang mengandung titik penting untuk mencapai pemahaman yang maksimal dalam pemaparan.

9. Peran Pemahaman

Pemahaman lebih mendalam akan didapatkan dari metode kualitatif dalam analisis psikologi karena dijelaskan dari sesuatu yang nyata dan sesuatu yang jelas sesuai fenomena yang ada sehingga pemahaman yang didapat dapat mengena dengan tepat dan sesuai apa yang diharapkan dan membuat analisis mudah dipahami.

10. Pengamatan

Peran metode kualitatif dalam analisis psikologi sering sekali digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan nyata, misalnya ialah mengenai biografi yang merupakan gambaran dari kisah orang orang sukses yang diceritakan secara mendalam dan nyata yang juga di dalamnya terdapat analisis mengenai karater dari orang tersebut untuk diambil pelajaran kebaikan dan teladan darinya.

Biografi ialah sebuah kisah yang berisi cerita deskriptif sekaligus cerita yang mengandung analisis psikologi karena setiap cerita yang terkandung di dalamnya disampaikan secara nyata sesuai fenomena yang ada dan analisis yang dilakukan sesuai kenyataan sehingga bagi pembaca terasa sangat nyata dan jelas seperti melihat suatu kejadian secara langsung.

11. Deskripsi Utuh

Dekripsi yang utuh dpat dicapai dengan menggunakan metode kualitatid dalam analisis psikologi dimana metode tersebut memang menjelaskan secara rinci dan memberi paparan yang lengkap dalam cerita atau analisis yang disampaikan. Deskripsi yang utuh akan memberikan pemahaman yang sejelas jelasnya dibandingkan menggunakan metode lain dalam analisis psikologi.

12. Pendekatan Fenomena

Penilaian tentang sikap alami yang dipaparkan dengan menggunakan metode kualitatif ialah sebuah pendekatan kepada fenomena yang terjadi dalam cerita atau kasus yang diceritakan. Akan dicapai gambaran yang jelas mengenai sikap sikap yang ada dalam analisis sehingga memudahkan untuk memberi pengaruh dan pemahaman sejelas mungkin yang juga dapat enimbulkan perubahan perilaku atau perubahan karakter menuju arah yang lebih baik.

13. Kesadaran Subjek

Peran metode kualitatif dalam analisis psikologi ialah dijelaskan atau dipaparkan sesuai keadaan yang nyata dengan kesadaran dari subjek yang diceritakan, misalnya mengenai bigrafi yang berisi cerita lengkap perjalanan seseorang, cerita akan terasa hidup sebab deskripsi dan analisis psikologi yang dingkapkan mengandung cerita yang jelas dan mengandung gambaran mengenai hidup dan karakter subjek secara langsung tanpa sesuatu yang diuat buat atau sesuatu yang tidak nyata.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami oleh anda dan dapat menjadi wawasan yang bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, semoga hari anda menyenangkan. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sastra