Sponsors Link

6 Penyebab Konflik Peran Ganda Dalam Psikologi

Sponsors Link

Anda pernah mengenal artinya konflik peran ganda dalam ilmu psikologi?. Hal ini umum digunakan dalam bidang psikologi, untuk mengetahui apa saja konflik yang terjadi pada diri seseorang. Karenanya dibutuhkan adanya sebuah metode dan cara agar masalah yang terjadi bisa diselesaikan. Berikut hubungan kecerdasan emosi dengan manajemen konflik.

ads

Untuk itu berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab konflik peran ganda dalam psikologi yang sering digunakan. Untuk mengetahui secara lengkap, simak penjelasannya di bawah ini:

Pengertian Konflik Peran Ganda

Yang dimaksud dengan konflik peran ganda dalam psikologi yaitu sebuah situasi yang terjadi pada seseorang saat dihadapkan pada pertentangan perilaku, pola pikir dan nilai akibat dengan adanya ekspektasi peran yang berlainan.  Sehingga orang tersebut akan mengalami kesulitan dalam melakukan sebuah tindakan atau mengambil keputusan yang tepat. Contoh penyebab konflik peran ganda dalam psikologi dan peran Psikologi dalam mengatasi konflik individu atau kelompok.

Baca juga:

Konflik peran umumnya timbul ketika seorang memiliki dua peran atau lebih yang harus dilakukan pada waktu yang bersamaan. Konflik peran juga menjadi salah satu gejala psikologis yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga bisa menurunkan motivasi kerja sehingga dapat menurunkan kinerja kerja dalam beraktivitas secara keseluruhan.

Jenis Dan Bentuk Konflik Peran Ganda Dalam Psikologi
Berikut beberapa contoh bentuk dan jenis konflik peran yang bisa saja terjadi:
  • Konflik berdasarkan waktu, yaitu konflik yang disebabkan karena adanya waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan salah satu tuntutan seperti keluarga atau pekerjaan yang dapat mengurangi waktu untuk menjalankan tuntutan yang lainnya. Jenis konflik ini biasanya berkaitan dengan hal berikut, seperti jumlah jam kerja, jam lembur, tingkat kehadiran, ketidakteraturan shift dan kontrol jadwal kerja yang padat. Penjelasan manajemen konflik dalam psikologi komunikasi definisi, ciri dan jenisnya.
  • Konflik berdasarkan tekanan, yaitu sebuah konflik peran yang terjadi akibat adanya tekanan dari salah satu peran yang mempengaruhi kinerja peran lainnya. Konflik jenis ini biasanya disebabkan faktor seperti adanya ketegangan, kecemasan, kelelahan, karakter peran kerja, kehadiran anak baru, ketersediaan sosial dari anggota keluarga dan sebagainya.
  • Konflik berdasarkan perilaku, yaitu konflik peran yang berhubungan dengan ketidaksesuaian antara pola perilaku seseorang dengan yang diinginkan oleh kedua bagian berbeda seperti pekerjaan atau keluarga.

Penyebab Konflik Peran Ganda Dalam Psikologi

Berikut ini beberapa penyebab konflik peran ganda yang bisa saja terjadi, yaitu :

1. Waktu

Apabila seseorang mengalami kepadatan dan juga tekanan selama ia melakukan aktivitas baik untuk keluarga dan pekerjaan. Maka hal tersebut bisa menimbulkan adanya konflik peran. Penyebab konflik peran ganda dalam psikologi dan gejala-gejala konflik stres trauma dan frustasi.

2. Stres

Stres yang dimulai dalam satu peran yang terjatuh ke dalam peran lain dan dikurangi dari kualitas hidup dalam peran baik dalam pekerjaan dan keluarga.

3. Perasaan

Adanya rasa cemas dan kelelahan yang disebabkan munculnya ketegangan dari satu peran yang dapat mempersulit untuk peran yang lainnya.

4. Keluarga

Semakin banyak waktu yang digunakan untuk bekerja maka semakin akan sedikit waktu yang dibutuhkan untuk keluarga. Ketahuilah penyebab terjadinya konflik Psikologi.

Baca juga:

5. Komunikasi

Komunikasi dapat menjadi sumber sebuah konflik karena diakibatkan adanya salah pengertian, bahasa yang kurang dipahami sampai informasi yang tidak sinkron.

6. Pribadi atau diri sendiri

Seperti nilai pribadi yang dimiliki oleh seseorang dan karakteristik kepribadian yang bertanggung jawab terhadap terjadinya sebuah penyimpangan.

Hal tersebutlah yang bisa membuat adanya sebuah konflik ganda dalam kehidupan sehari – hari. Dengan demikian konflik bisa saja dihindari atau diatasi selagi adanya pengertian dan saling terbuka.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab konflik peran ganda dalam psikologi yang bisa diketahui.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi