Sponsors Link

Manajemen Konflik Dalam Psikologi Komunikasi – Definisi, Ciri dan Jenisnya

Sponsors Link

Definisi

Manajemen konflik memiliki pengertian dari sebuah sekumpulam reaksi dari seseorang  dari dalam pihak internal maupun eksternal yang berada di dalam suatu konflik. Manajemen konflik sendiri dalam suatu pendekatan kelompok dalam psikologi klinis yang berorentasi dalam proses pengarahan ke dalam bentuk komunikasi termasuk di dalamnya  hubungan tingkah laku dari dalam maupun pihak luar dengan melihat cara seseorang tersebut dapat mempengaruhi kepentingan dan juga intrepretasi.

ads

Untuk pihak luar yang sedang dalam suatu konflik menjadi pihak ketiga, membutuhkan suatu informasi yang mendetail mengenai keadaan yang terjadi di dalam konflik tersebut, hal ini dapat terjadi apabila terdapat kepercayaan dari pihak ketiga.

Manajemen konflik di dalam psikologi komunikasi dapat dipengaruhi oleh anggota organisasi yang terdapat di dalamnya, apabila terdapat pemimpin organisasi di dalamnya diharapkan dapat menjadi penengah dintara manajemen konflik tersebut agar bisa berdampak dan menimbulkan hal yang positif, sehingga dapat terjadi peningkatan mutu di dalam organisasi yang ada di dalamnya.

Di dalam psikologi komunikasi terjadinya interaksi sosial karena terdapat kontak dan juga komunikasi, komunikasi juga bisa diartikan sebagai suatu kejadian maupun  peristiwa sosial yang dimana apabila dilakukan pendekatan psikologis akan menimbulkan psikologi sosial di dalam masyarakat. Sehingga psikologi komunikasi dapat dijelaskan bagian dari psikologi sosial, maka dari itu dari pendekatan psikologi soisal juga merupakan pendekatan psikologi komunikasi.

Ciri

Adapun ciri pendekatan dalam psikologi komunikasi memiliki tanda- tanda yang efektif diantaranya:

  • Pengertian

Merupakan suatu penerimaan yang memiliki kecermatan dari isi stimuli seperti apa yang disampaikan oleh komunikator.

  • Kesenangan

Merupakan sebuah komunkasi fatis yang dapat menimbulkan sebuah kebahagian atau kesenangan  suatu komunikasi yang dapat membuat sebuah hubungan menjadi lebih hangat.

  • Mempengaruhi sikap

Merupakan sebuah komunikasi persuasif yang dibutuhkan pemahaman mengenai faktor yang terpat di dalam diri seorang komunikator, sehingga pesan yang akan disampaikan nantinya dapat menimbulkan suatu efek komuikate dimana sebuah proses yang dapat mempengaruhi  pendapat, sikap dan juga sebuah tindakan dengan menggunakan manipulasi psikologis.

  • Hubungan sosial yang baik

Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain, tentu siapapun ingin memiliki hubungan yang positif dengan orang lain seorang peneliti bernama abaslow menyatakan kebutuhan akan cinta atau juga blongingness

  • Tindakan

Merupakan sebuah bentuk persuasi yang memiliki tujuan menimbulkan suatu pendapat dan juga tindakan yang diinginkan, sebuah tindakan yang nyata memang merupakan indikator yang sangat penting. Dimana kita haruslah terlebih dahulu menunjukan sebuah tindakan, sikap dan juga hubungan yang baik.


Jenis Konflik

Beberapa jenis konflik yang terdapat dalam psikologi komunikasi

  1. Perbedaan Individu (Perbedaan pendirian dan perasaan)

Misalnya saja apabila di sutau kelompok perumahan atau pemukiman sedang ada dilakukan sebuah acara musik, dari beberapa warga diantaranya tentu saja ada yang merasa senang, gembira dan ada juga yang merasa terganggu karena musik yang keras.

  1. Perbedan Latar Belakang (Kebudayaan yang membentuk sebuah kepribadian)

Apabila di suatu kelompok terdapat pola-pola pemikiran tertentu sehingga banyak yang terpengaruh dan pada akhirnya terjadilah konflik diantara perbedaan tersebut karena kurangnya komunikasi diantara mereka.

  1. Perbedaan Kepentingan (Individu dan kelompok)

Misalnya saja di dalam sekelompok masyarakat terdapat perbedaan dalam pemanfaatan hutan, untuk sebagian tokoh masyarakat, pohon merupakan bagian dari kebudayaan yang diwariskan sehingga tidak boleh ditebang dan harus dijaga, untuk para petani pohon bisa menjadi penganggu saat mereka akan mebuat ladang sehingga harus ditebang, bagi pengusaha pohon ditebang untuk kayunya dijadikan ekspor dan menjadi bahan baku pembutan kertas ataupun tisu sehingga mendatangkan keuntungan ekonomi, bagi pecinta lingkungan pohon tidak boleh ditebang karena akan merusak lingkungan sehingga harus dilestarikan, nah dimana setiap kelompok memiliki kepentingannya masing-msing seingga nnatinya akn menimbulkan konflik di masyarakat.

  1. Perubahan-Perubahan Nilai

Contohnya saja di dalam suatu pesan terdapat kelompok masyarkat dimana industrialissai memunculkan sebuah konflik dan nilai-nilai traditional masyrakat banyak nilai-nilai yang berubah seperti kegotongroyongan menjadi kontrak kerja dengan bayaran yang disesuaikn jenis pekerjaannya, kekerabatan berubah jadi hubungan struktural menjadi formal pperusahaan, nilai kebersamaan menjdi sebuah individulisis, pemanfaatan waktu yang cenderung tidak ketat bergeser menjadi jadwal kerja dan istirahat dalam industri.

Jenis-Jenis Manajemen Konflik

Adapun jenis-jenis manajemen konflik diantaranya

  1. Konflik yang terdapat di dalam diri individu
  2. Konflik di dalam individu dalam kelompok yang sama
  3. Konflik antar individu dan sebuah kelompok
  4. Konflik antara kelompok yang terdapat di dalam organissi yang sama
  5. Konflik antara organisasi.

Di dalam ruang lingkup psikologi komunikasi secara umum membahas tentang suatu karakter manusia dan juga di dalam aspek bologis yang terdapat di dalam diri manusia untuk melakukan sebuah komunikasi. Psikologi juga dapat membantu seluruh komponen untuk terlibat di dalam proses sebuah komunikasi, komunikator, pesan, penerimaan dan juga pengolahan pesan.

Pendekatan Komunikasi

Adapun beberapa pendekatan  memiliki ciri dengan disiplin ilmu yang dipelajari di dalam komunikasi dintaranya:

  • Peneriman stimuli secara inderwi atau juga sensory reception of stimuli
  • Proses stimuli atau internal mediation of stimuli.
  • Prediksi respon atau prediction of response
  • Peneguhan respon atau reinforcement of respons

Apabila di dalam sebuah komunikasi terdapat individu yang saling mempengaruhi satu sama lainnya melalui proses belajar, dari proses  yang di sampaikan dan juga penerimaan yang di dapat terdapat mekanisme penyesuaian diri misalnya saja di dalam sosialisasi, permainan peranan , identifikasi, proyeksi, agresi dan lain sebagainya. Dalam membentuk sebuah kepribadian pun sangat dibutuhkan yang dinamakan psikologi komunikasi agar tercipta kualitas hidup,  miasalnya saja kita harus dapat menyampaikan suatu pesan terhadap orang lain dengan cara yang tepat, dan apabila penyampaian pesan yang kita lakukan tidak dipahami oleh orang lain, hal ini berarti komunikasi yang kita lakukan mengalami kegagalan atau juga tidak efektif.

Adapun pesan-pesan yang akan kita sampaikan diantaranya harus memperhatikan beberapa hal diantaranya:

  • Kita harus lebih berhati hati dengan yang dinamakan anstrkasi, dimana merupakan sebuah proses pemilihan unsur realitas agar dapat membedakan hal-hal yang dapat menyebabkan penggunanya menjadi tidak cermat
  • Diperlukan perhatian mengenai dimensi waktu agar dapat berdiri statis dan juga realistis yang bersifat dinamis
  • Sebaiknya jangan mengacaukan sebuah kata dengan rujukan, belum tentu orang lain juga mengunankan rujukan yang sama
  • Sebaiknya jangan pernah mengacaukan sebuah pengamatan dengan sebuah kesimpulan.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :