Sponsors Link

17 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Psikologi

Sponsors Link

Sekarang ini banyak orang yang tidak segan memelihara hewan, seperti kucing, anjing, atau mungkin yang ekstrim seperti ular dan reptil lainnya. Bahkan, tak jarang para pecinta hewan rela mengeluarkan kocek yang cukup dalam untuk merawat dan memelihara mereka. Belum makan dan perawatan kesehatannya yang terkadang lebih mahal dibanding kebutuhan kita sendiri.

ads

Jika ditanyakan apa alasan utama memelihara hewan, maka mereka tak jarang menjawab senang dengan hewan tersebut atau suka dengan hewan tersebut. Karena lucu, bisa menemani mereka bermain dan sebagainya. Untuk itu banyak orang yang memelihara hewan. Jika dilihat dari sisi psikologi apa keuntunganya ?

1. Menurunkan Stress

Ketika anda melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama hewan peliharaan ternyata menurut psikologi hal tersebut bisa membantu meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin. Sehingga hal ini membantu menimbulkan perasaan bahagia dan juga menenangkan.

Penelitian dari Virginia Commonwealth University sudah menyatakan bahwa dari 450 pegawai memiliki tingkat stress yang lebih rendah, bukan tanpa sebab hal ini karena mereka bisa membawa anjing mereka ke kantor dibandingkan dengan saat mereka meninggalkannya dirumah sendirian. Selain itu menurunkan tingkat stres, satu dari empat pegawai merasakan peningkatan dalam produktivitas kerja.

2. Jantung Mudah Beradaptasi

Tubuh yang sehat menghasilkan jiwa yang sehat. Manfaat Memelihara Kucing Menurut Psikologi namun tak hanya kucing, hewan lain juga bisa menghasilkan manfaat luar biasa. Hasil studi yang telah diterbitkan oleh orang yang menderita sebuah penyakit kronis serta merawat hewan ternyata jantungnya akan mempunyai kemampuan beradaptasi yang lebih baik dan lebih sehat lagi. Hal ini karena perasaan bahagia.

3. Mengurangi Kecemasan

Ketika anda membelai hewan peliharaan anda atau bermain-main dengan hewan peliharaan anda maka akan menimbulkan perasaan tenang. Hewan nyatanya bisa menurunkan kadar kepanikan atau kecemasan yang berlebihan pada manusia. Yap, efek menenangkan dari memelihara hewan terutama hewan berbulu halus layaknya anjing, kucing dan kelinci didapatkan setelah membelai tubuhnya yang halus.

4. Melatih Tanggung Jawab

Sebagai seorang manusia, kita harus memiliki sikap tanggung jawab. Tanggung jawab bisa menjadi salah satu Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri. Namun anda bisa melatih rasa tanggung jawab anda dengan cara memelihara hewan.

Hewan peliharaan mengharuskan anda untuk bertanggung jawab akan kesejahteraan hidup hewan. Kasarnya, karena ia anda kurung maka anda harus memenuhi segala kebutuhannya Mulai dari pemberian makan, minum, kebersihan tubuhnya, dan kebersihan kandangnya yang dilakukan secara rutin bahkan hingga kesehatan seperti vaksin agar bersih dan tidak berbahaya.

Sponsors Link

5. Memperbaiki Mood

Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa dengan memelihara hewan khususnya seperti anjing dan kucing akan memperbaiki mood seseorang. Seperti ada teman bermain dan ada yang memperhatikan, anda yang memiliki hewan dan tetap menjaganya dalam kondisi yang baik bisa memperbaiki suasana hati anda, Termasuk berinteraksi dengan si meong.

6. Menaikan Kekebalan Tubuh

Jika dari sisi kesehatan kembali, Seseorang yang merawat dan memiliki hewan peliharaan akan memiliki sistem imun yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Kenapa hal ini bisa terjadi ?  Hewan peliharaan ternyata bisa memacu tubuh untuk membentuk lebih banyak sel kekebalan tubuh sehingga lebih terlindungi dari alergi dan asma(khususnya). Sisanya untuk anda yang mudah sakit seperti flu, demam dan lainnya.

Menurut penelitian dari  University of Wisconsins’s School of Medicine and Public Health, jika ada seorang anak yang lahir dan memiliki anjing peliharaan besar ataupun kucing, maka ia kemungkinan terhindar dari alergi dibandingkan dengan yang tidak. Meskipun beberapa bilang penyakit akan menyerang hewan peliharaannya.

7. Mencega Alergi

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Clinical & Experimental Allergi menyatakan apabila anda memelihara hewan sejak anda masih baru melahirkan bayi dan sampai ia balita, maka ia akan terhindar dari alergi. KAlaupun ia terkena alergi ketika memelihara hewan maka alerginya dapat berkurang dengan baik.

8. Mengatasi Sakit Tulang dan Otot

Untuk mengatas sakit tulang dan otot khusus dimiliki oleh kucing. Ketika kucing mendengkur maka secara tidak langsung akan menenangkan untuk therapeutic di tulang dan otot manusia. Hal ini terkait frekuensi getaran yang dihasilkan oleh kucing dengan besaran  20-140 Hz. Pada getaran tersebut otot dan tulang mendapatkan sengatan yang cukup baik dan membuat tubuh terhindar dari sakit tulang dan juga otot.

9. Mengurangi Depresi

Hewan peliharaan tak hanya menjadi “mainan” atau sekedar hewan saja. Melainkan hewan piaraan tersayangmu pasti anda jadikan “seseorang” yang diurus dan disayang dengan sepenuh hati. Disitulah keterikatan muncul, dimana pemilik dan hewan sama-sama memiliki perasaan seperti sedih, sayang, marah dan sebagainya.

Beberapa ahli percaya bahwa dengan cara kita menyayangi hewan peliharaan ada zat tertentu dalam otak bereaksi dan mampu meredakan stress hingga membuatmu bahagia dan menghilangkan rasa depresi yang akan menyerang mereka yang sedang putus asa.

10. Menenangkan Pengidap AIDS

Ada hasil studi yang menyatakan bahwa  pengidap AIDS dan lansia juga menyatakan bahwa mereka yang mempunyai hewan piaraan lebih jarang mengalami depresi. Hal ini terjadi karena para penderita AIDS dan lansia seringkali ditakutkan pada kematian yang berada didepan mata mereka dengan jelas. Selain itu, para pengidap AIDS juga menyayangi hewan peliharaan dan membuat mereka lebih tenang karena jika bertemu seseorang ia khawatir akan menularkan AIDS nya.

ads

11. Lebih Percaya Diri

Sebuah penelitian dalam Journal of Personality dan Social Psychology telah menyatakan bahwa dengan memiliki hewan piaraan akan merasa lebih percaya diri. Sehingga tidak akan terus terhinggap rasa kesepian ataupun perasaan asing jika ada orang lain disekitar anda dengan cara memelihara hewan peliharaan.

Baca juga:

12. Membuat Seseorang Lebih Terbuka

Sebuah tulisan pada Daily Mail menyatakan bahwa biasanya, mereka yang menjadi pemilik hewan peliharaan jauh lebih berani, ekstrovert dan juga lebih terbuka dibandingkan teman-teman mereka yang tidak memilikinya. Hal ini terjadi karena ia sudah terbiasa ditemani oleh makhluk hidup lain dan terbiasa wilayah privasinya dimasuki oleh hewan peliharaan. Bisa jadi hewan peliharaan membantu anda menjadi lebih terbuka dalam hal yang baik.

13. Meningkatkan Rasa Peduli

Ketika seseorang memilih untuk memasukan orang lain dalam hidup mereka meskipun hanya hewan namun anda bisa menilai seseorang tersebut sebagai seseorang yang peduli pada makhluk lainnya. Bagi mereka yang tidak memelihara hewan bisa saja karena mereka memang tidak mau hidup sulit dan mempedulikan orang lain. Namun ada juga yang tidak bisa akibat sakit, kehamilan dan lainnya tidak semua.

14. Mengalihkan Rasa Sayang 

Pernah anda merasa anda orang yang hangat namun beberapa orang tidak menerima kasih sayang anda dengan baik ? Nah dengan cara ini anda bisa mengalihkan perasaan dengan sangat baik. Dimana rasa sayang bisa anda berikan pada hewan peliharaan anda. Jangan kira bahwa hewan tidak mengerti. Ia bisa memahami perasaan anda bahkan kasih sayang sekalipun.

15. Bertemu Teman Baru

Dengan memelihara hewan anda bisa bertemu teman baru. Kok bisa ? Dalam psikokogi diinfokan bahwa kita bisa mengenal orang lain dan nyaman dengan orang lain karena ada alasan kesamaan baik hobi, makanan atau apapun atau sama-sama mencintai hal yang sejenis. Anda yang memiliki hewan peliharaan bisa menemukan orang lain yang memiliki hewah peliharaan dan bisa sharing banyak hal denganya. Tentu menambah teman kan ?

16. Merasa di Dengar 

Seringkali beberapa orang sulit mengutarakan atau mengungkapkan perasaannya karena satu dan lain hal. Nah fungsi hewan sebagai tempat anda yang sulit bercerita untuk mulai mengungkapkan perasaan anda. Memang hewan peliharaan tidak akan menjawab atau mengerti masalah anda, namun mereka memahami apakah anda sedang bahagia, sedih atau sejenisnya. Seringkali orang yang sulit bercerita memang hanya ingin didengar tanpa diceramahi atau mendapat feedback buruk

17. Meningkatkan Rasa Aman 

Ketika anda tinggal dirumah sendiri maka akan ada rasa cemas. Ataupun ketika anda mengalami hal-hal yang tidak aman maka anda akan merasa takut. Hewan peliharaan bisa membuat rasa aman anda timbul. Khususnya jika hewan peliharaannya seperti anjing, kucing atau bahkan angsa. Hewan tersebut akan tahu mana pemiliknya dan mana manusia yang memang ingin melakukan niat jahat.

Itulah 17 manfaat memelihara hewan jika dilihat dari sisi psikologi. Memang beberapa hal tidak dilihat atau dirasakan efeknya langsung saat itu juga. Namun mereka yang pernah dan selalu memelihara hewan tahu bagaimana rasanya mendapatkan ketenangan secara mental dan dari sisi psikologis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :