Sponsors Link

5 Macam – Macam Apersepsi Secara Umum

Sponsors Link

Dalam dunia pendidikan, ada banyak cara dan metode yang digunakan untuk mengajar dan mendidik para siswa secara disiplin dan juga fokus pada materi. Namun, tidak sedikit ada pula siswa yang enggan untuk melakukan kegiatan sekolah didasarkan pada rasa malas dan juga motivasi yang tidak baik.

ads

Baca juga :

Untuk menanggulagi masalah tersebut, sebaiknya seorang guru juga memiliki cara untuk meningkatkan motif siswa belajar lebih serius dan antusias dalam mengikuti setiap pelajaran di sekolah.

Berikut ini beberapa contoh macam – macam apersepsi yang dapat dilakukan dalam dunia pendidikan :

1. Melakukan Senam SKJ

Salah satu kegiatan untuk memotivasi siswa agar lebih siap dan segar dalam memasuki dunia belajar adalah dengan melakukan gerakan senam SKJ. Senam ini bertujuan untuk melatih fisik dan juga psikis siswa agar lebih siap dan tidak tegang dalam kegiatan di sekolah. Senam ini sangat mudah dan juga gerakan yang ringan yang dapat diikuti oleh semua siswa dan para guru.

2. Melakukan Teka Teki

Contoh macam – macam apersepsi pendidikan lainnya yaitu dengan mencoba melakukan teka teki. Khusus untuk siswa dasar ataupun siswa menengah cara teka teki dapat disesuaikan dengan ragam tujuan dan kegiatannya. Ada banyak teka teki yang bisa memacu motorik dan juga daya pikir siswa untuk lebih terpacu dan menyemangi dalam proses belajar mengajar.

Baca juga :

3. Melakukan Kegiatan Bernyanyi Ringan

Salah satu trik yang dapat digunakan untuk memacu semangat siswa belajar dalam kelas adalah dengan menggunakan nyanyian. Sebuah nyanyian yang digemari pada zamannya dan diganti lirik lagu dengan kata – kata motivasi tentu lebih masuk untuk mengantarkan siswa belajar dengan fokus dan baik.

4. Melakukan Pantun

Satu dari macam – macam apersepsi dalam pendidikan yaitu dengan menggunakan sebuah pantun dalam mengajar. Hal ini mampu memompa semangat dan juga daya serap akan pelajaran lebih fokus dan juga terarah pada materi yang akan diterima. Lakukan pantun dengan cara melempar pantun secara bergantian secara acak.

5. Melakukan Quis

Contoh macam – macam apersepsi lain dapat menggunakan kegiatan quis, tentukan quis yang dapat ditebak oleh siswa. Cari acak nama siswa yang bisa dilakukan tebak quis secara bergantian. Hal ini sudah tentu mampu merangsang otak dan juga semangat siswa dalam mengawali pelajaran.

Baca juga :

6. Melakukan Tebak Kata

Melakukan trik dan juga cara dalam apersepsi bagi siswa dapat digunakan cara menarik lain yaitu dengan menebak kata. Cari kata yang asyik untuk dicoba, dan lakukan secara bergantian pada siswa di kelas. Hal ini bertujuan untuk memacu semangat dan juga siswa tidak mudah jenuh atau malas dalam belajar.

7. Menebak Gambar

Contoh macam – macam apersepsi lainnya dengan cara menebak gambar, selain menebak kata – kata ternyata dengan gambar juga akan cukup menarik. Cara ini juga cukup baik untuk dilakukan sebelum memulai pelajaran dikelas. Dengan begitu para siswa akan merasa terpacu dalam hal semangat dan juga otak akan terangsang untuk siap menerima materi selanjutnya.

Baca juga :

Demikianlah beberapa macam – macam apersepsi dalam dunia pendidikan. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan bagi Anda yang saat ini menjadi guru dalam bidang ilmu pengetahuan.

Sponsors Link
, , , ,