Sponsors Link

7 Contoh Landasan Psikologi Dalam Bimbingan Konselling

Sponsors Link

Dunia psikologi baik psikologi kesehatan, remaja, anak – anak dan sebagainya membutuhkan salah satu cara yaitu konselling. Adapun tujuan konselling dimaksudkan untuk mengetahui sebab dan juga akibat yang dilakukan atau belum dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

ads

Baca juga :

Sebagai metode yang umum digunakan, sebuah bimbingan konselling tentu memerlukan beberapa dasar atau landasan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana seseorang dapat berdampak selanjutnya.

Berikut ini beberapa contoh landasan psikologi dalam bimbingan konselling bagi setiap orang yang memerlukannya :

1. Landasan Filosofi

Landasan filosofis adalah sebuah landasan yang bisa memberikan petunjuk dan pemahaman bagi seorang konselor dalam melakukan kegiatan bimbingan dan konselingnya. Semua itu agar dapat dipertanggungjawabkan secara logika, etika maupun estetikanya. Landasan filosofis dalam bimbingan dan konseling berhubungan usaha untuk mencari sebuah jawaban yang hakiki seperti apakah mahluk hidup itu ?.

2. Landasan Religi

Contoh landasan psikologis dalam bimbingan konselling dengan landasan religi, sebagai dasar mengenai hal antara manusia tuhan dan alam akhirat. Keyakinan seseorang bahwa dirinya sebagai makhluk Tuhan di muka bumi, yang memiliki kewajiban terhadap keyakinan dan Tuhannya. Unsur agama dalam konseling tidak memaksa seorang konselor sebagai ulama, semua diserahkan pada klien untuk menentukan sendiri nasibnya dan dilakukan secara wajar.

Baca juga :

3. Landasan Psikologis

Salah satu landasan yang sering digunakan adalah landasan psikologi, landasan ini digunakan untuk mengetahui tentang kepribadian seseorang yang menjadi klien. Sebagai contoh sasaran konselling seorang konselor mengaju pada hal berikut motivasi, pembawaan, lingkungan, belajar, serta perkembangan individu dari klien tersebut.

4. Landasan Pendidikan

Ragam contoh landasan psikologi dalam bimbingan konselling selanjutnya yaitu melalui landasan pendidikan. Dengan pendidikan seseorang akan mendapatkan pengetahuan dan juga wawasan yang luas, sehingga mampu untuk memperbaiki taraf hidupnya. Dalam landasan ini dapat dilihat dari beberapa segi contohnya :

  • Pendidikan sebagai upaya pengembangan diri sendiri
  • Pendidikan sebagai inti proses bimbingan konseling
  • Pendidikan sebagai proses memperkuat tujuan pendidikan

5. Landasan Teknologi

Landasan teknologi merupakan unsur yang digunakan dalam melakukan konselling berbasis pada teknoligi yang berkembang pada saat ini. Perkembangan teknologi seperti komputer, internet, handphone sudah psati sangat banyak membantu dalam bimbingan karier dan bimbingan dan konseling pendidikan. Dengan adanya teknologi tersebut, maka proses konselling lebih mudah, cepat, dan praktis karena melalui online pun sudah dapat berkonsultasi.

Baca juga :

6. Landasan Sosial

Satu contoh landasan psikologi dalam bimbingan konselling yang berpengaruh adalah landasan sosial. Setiap individu memiliki latar belakang sosial yang berbeda, mulai dari masalah ekonomi, pendapatan, pendidikan, status semua itu menjadi salah satu unsur yang perlu diperhatikan.

Tidak semua orang yang memiliki ekonomi mampu dapat melakukan bimbingan konselling, karena mereka menganggap biaya konselling yang cenderung mahal, belum lagi dengan alasan lainnya.

7. Landasan Budaya

Landasan budaya hampir sama dengan landasan sosial, dimana setiap orang dilahirkan dengan latar belakang yang berbeda. Setiap daerah di Indonesia umumnya memiliki budaya yang berbeda, dan daerah yang berbeda memiliki sudut pandang dan kebiasaan yang berbeda pula. Dalam hal ini salah satu metode yang dapat digunakan dalam bimbingan konselling ini yaitu dengan cara pendekatan multikultural, karena cara ini dianggap tepat untuk lingkungan berbudaya majemuk seperti Indonesia.

Baca juga :

Semoga penjelasan diatas mengenai 7 contoh landasan psikologi dalam bimbingan konselling bermanfaat untuk Anda sebagai pengetahuan dan ilmu bidang ilmu psikologi.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi