Sponsors Link

4 Landasan Filosofis Psikologi Pendidikan

Sponsors Link

Masih bersama penulis yang selalu setia menemani anda nih sobat. Tak bosan –  bosannya penulis akan memberikan artikel yang tentunya menarik untuk anda simak dan pastinya juga akan menambah wawasan dan informasi anda. Baca juga mengenai peranan pendidikan agama dalam psikologi sosial.

ads

Sama seperti artikel sebelumnya, pada kesematan kali ini penulis juga masih akan membahas mengenai psikologi nih sobat, karena memang psikologi ini cakupannya begitu luas. Namun yang akan kita bahas dalam artikel kali ini khususnya mengenai psikologi pendidikan.

Apakah sobat semua sudah pernah mendengar atau sudah mengetahui tentang psikologi pendidikan serta landasan filosofi yang terdapat di dalamnya? Jika belum pernah atau bahkan anda ingin menambah wawasan dan informasi, tidak ada salahnya anda menyimak ulasan berikut ini ya sobat. Yuk mari kita simak dengan seksama.

Sebelum kita membahas mengenai psikologi pendidikan ada baiknya kita membahas pengertian landasan filosofi terlebih dahulu. Landasan dapat diartikan sebagai alas, dasar atau tumpuan. Istilah landasan ini juga dapat diartikan sebagi fundasi, pijakan, titik tumpu atau titik tolak, tempat berdirinya suatu tertentu. Baca juga mengenai implementasi-psikologi pendidikan dalam sistem pendidikan nasional.

Sedangkan filosofi  sendiri berasal dari bahasa Yunani dan terbentuk dari dua kata, yaitu philo yang artinya cinta dan shopos artinya kebijaksanaan. Dengan demikian filosofis ini dapat diartikan sebagai cinta terhadap kebijaksanaan.

Dan dari kedua pengertian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa landasan filosofis adalah landasan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yang tujuannya untuk mencapai kebenaran atau kebijaksanaan. Adapun landasan filosofis ini adalah landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang didalmnya mengandung makna cinta akan kebijaksanaan. Baca juga mengenai cara kerja psikologi pendidikan.

Adapun pengertian psikologi pendidikan adalah sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam linkgungan pendidikan. Adapun bidang psikologi pendidikan ini banyak mengandalkan pengujian dan pengukuran dengan metode kuantitaif, untuk meningkatkan aktivitas pendidikan. Nah sobat semua itulah pengertian psikologi pendidikan ya.

Nah sobat didalam menjalankan fungsinya sebagai psikologi pendidikan, ada beberapa landasan filosofis yang juga memberikan peran penting dalam menjalankan fungsi psikologi pendidikan tersebut. Seperti yang sudah dijelaska diatas, landasan filosifi merupakan landasan yang bersumber dari pandangan –  pandangan dalam filsafat pendidikan,yang menyangkut keyakinan terhadap hakekat manusia, keyakinan tentang sumber nilai, hakekat pengetahuan, dan tentang kehidupan yang lebih baik yang dijalnakan dengan kebijaksanaan. Adapun landasan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

1. Landasan Esensialisme

Landasan esensialisme yaitu landasan dimana mashab pendidikan yang mengutamakan pelajaran teoritik ( liberat arts ) atau bahan ajar esensial. Baca juga mengenai pengaruh-psikologi pendidikan terhadap perkembangan anak.

2. Landasan Parenialisme

Landasan parenialisme yaitu landasan dimana aliran pendidikan yang mengutamakan bahan ajaran konstan ( parenial ) yakni kebenaran, keindahan, kebaikan, kenyamanan, dan cinta kepada kebaikan universal.

ads

3. Landasan Pragmatisme dan Progresifme

Yaitu landasan yang memandang segala sesuatu dari nilai kegunaan yang bersifat praktis di bidnag pendidikan. Selain itu aliran ini juga melahirkan progresivisme yang menentang adannya pendidikan tradisional. Baca juga mengenai konsep perkembangan dalam konstelasi psikologi dan pendidikan.

4. Landasan Rekontruksionisme

Yaitu landasan mazhab filsafat pendidikan yang menempatkan sekolah atau pendidikan sebagai pelopor perubahan masyarakat. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan dalam segala aspek, misalnya perubahan mindset, perubahan perilaku, perubahan sikap, maupun perubahan tingkat pengetahuan atau kecerdasan setiap individu dalam suatu kelompok masyarakat tertentu.

Peranan landasan filosofi pendidikan ini adalah memberikan rambu –  rambu apa dan bagaimana seharusnya pendidikan tersebut dilaksanakan. Adapun rambu –  rambu tersebut bertolak pada kaidah metafisika, epistemology, dan aksiology pendidikan sebagaimana studi dalam filsafat pendidikan.

Landasan filosofis pendidikan tidaklah satu, melainkan ragam sebagaiman terdapat beragam aliran filsafat tersebut. Oleh karena itu, dikenal adanya landasan folosofis pendidikan idealisme, landasan filosofis pendidikan pragmatisem dan lain sebagainya.

Oke sobat semua itulah beberapa point yang menjadi landasan filosofi psikologi pendidikan. Nah selain itu sobat, kita juga akan membahas mengenai filosofi pendidikan yang ada di Indonesia. Semua negara negara tentunya mempunyai landasan pendidikan nasional di setiap negaranya masing –  masing ya sobat, begitupun dengan negara kita tercinta Indonesia ini tentuya juga memiliki filosofi pendidikan nasionla tersendiri.  Apakah sobat semua sudah tau apa yang menjadi landasan pendidikan nasional di Indonesia? Berikut penjelasannya untuk anda.

Pada umumnya landasan filosofi pendidikan nasional di Indonesia adalah Pancasila dan Undang –  Undang Dasar 1945, beserta Undang –  Undang lainnya yang mengatur masalah pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pasal 2 UUD RI No. 2 Tahun 1989 yang menetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Sedangkan Undang –  Undang lain yang mengatur masalah pendidiakn di Indonesia adalah Ketetaoan MPR RI No. II / MPR /  1978 tentang P4, yang mana dalam hal ini ditegaskan pula bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, kepribadian bangsa Indonesia , pandangan hidup bangsa Indonesia,  dan juga dasar negara kesatuan republik Indonesia. Nah sobat, susah jelas ya sekarang tentang landasan silosogi pendidikan yang ada di Indonesia tersebut. Adapun landasan filosofi yang dimaksud sudah tercatat semuanya dalam Undang –  Undang.

Adapun tujuan landasan pendidikan ini adalah untuk memastikan landasan pendidikan tersebut bisa berdiri kokoh sebagai tumpuan, titik tumpu atau tempat berdirinya pendidikan tersebut. Karena pendidikan yang diselenggarakan dengan suatu landasan yang kokoh, maka bisa dipastikan dalam praktekknya pendidikan tersebut akan efektif, baik, benar, dan sesuai dengan yang seharusnya.

Selain itu, bisa dipastikan juga relative tidak akan terjadi kesalahan –  kesalahan yang dapat merugikan, sehingga praktek pendidikan dapat dirasakan manfaatnya untuk merubah semua aspek dalam kehidupan setiap individu. Karena pada umumnya pendidikan ini sangatlah berperan penting dalam pembangunan, pengembangan, dan juga perluasan akan mindset atau pengetahuan setiap individu tentunya.

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis bagikan pada sobta semua mengenai landasan filosofi psikologi pendidikan pada kesempatan kali ini ya. Terima kasih kasih buat sobat semua yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua dan tentunya bisa menambah wawasan serta informasi buat sobat semua. sampai ketemu diartikel selnajutnya sobat, salam hangat salam psikologi pendidikan.

Sponsors Link
, , , , ,