Sponsors Link

11 Cara Mengekspresikan Perasaan dengan Bijak

Sponsors Link

Komunikasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengekpresikan yang sedang atau tengah kita rasakan, dengan mengkomunikasikan segala sesuatu nya dengan baik maka akan terjalin sebuah komunikasi yang baik. Dalam melakukan komunikasi juga ada hal- hal yang memang sebenarnya cukup penting diperhatikan dan juga kita lakukan agar nantinya tidak salah dalam menyampaikan sesuatu.

ads

Sikap komunikasi yang baik juga biasa dikenal dengan istilah asertif. Dimana yang dimaksud disini adalah cara seseorang mengkomunikasikan segala perasaan dan juga keinginannya dengan cara yang jujur, sehingga tidak akan membuat orang lain tersinggung atau merasa tidak enak.

Perilaku asertif ini sebenarnya tidak hanya sebatas pada sebuah pengungkapkan sesuatu perasaan saja, namun juga ada hal- hal yang memang yang harus kita ungkapkan dan juga rasakan secara jujur. Dimana ketika kita mengungkapkan sebuah perasaan marah, atau tidak suka dengan cara yang jujur, secara tidak langsung hal tersebut hanya akan merugikan orang lain dan juga diri kita sendiri. Untuk itu berikut 11 cara mengekspresikan perasaan dengan bijak.

1. Berbicara dengan percaya diri

Cara yang satu ini merupakan hal yang cukup penting, dimana ketika kita mengkomunikasikan sesuatu hal memang sebaiknya dilakukan dengan penuh percaya diri, jangan bicara tanpa ada rasa yakin yang kita rasakan pada diri sendiri, untuk itu bicara dan ekspresikan apa yang anda rasakan tersebut dengan percaya diri, namun hal yang perlu diingat adalah untuk tetap bicara pada jalur yang seharusnya, dna juga tetap memperhatikan perasaan orang lain.

Baca juga:

2. Menyadari emosi di dalam diri

Biasanya kebanyakan orang- orang yang tidak mampu mengekpresikan sesuatu hal dengan bijak hal tersebut dikarenakan dirinya sulit menyadari emosi yang ada di dalam dirinya, sehingga mau tidak mau sebelum anda mengkepresikan segala sesuatu yang ada di dalam diri anda, sebaiknya sadari terlebih dahulu emosi yang ada di dalam diri kita.

Misalnya apakah anda sedang merasa kesal, takut atau pun merasakan senang, setelah kita sadari emosi yang ada di dalam diri kita nantinya kita bisa jauh lebih mudah mengepresikan sesuatunya dengan jauh lebih bijak.

3. Mengakui emosi yang ada di dalam diri

Cara mengekspresikan perasaan dengan bijak lainnya, sebaiknya akui terlebih dahulu emosi yang ada di diri anda sebelum mengungkapkannya. misalnya dengan mengetahui seberapa kuat emosi yang ada,dan juga cara mengendalikan emosi negatif. Sehingga nantinya akan jauh lebih mudah mengepresikan diri kita dengan bijak dan juga tidak merugikan orang lain.

4. Ungkapkan sesuatu dengan jujur

Perilaku jujur memang sangat baik, begitu juga halnya yang harus kita lakukan sebagai cara mengekspresikan perasaan dengan bijak. Mengungkapkan segala hal yang ada di dalam diri kita dengan jujur akan membuat anda jauh lebih bijak ketika mengungkapkan sesuatu hal.


5. Mendengarkan diri sendiri

Hal yang perlu anda lakukan dalam mengekspresikan sesuatu adalah dengan cara mengkomunikasikan dan juga mengekspresikan sesuatu dengan cara mendengarkan apa yang ada di dalam diri kita sendiri. Perasaan yang harus dilakukan juga harus dengan cara jujur, dan hal utama yang harus anda lakukan juga adalah dengan melakukan sesuatu dan tetap merespon situasi dengan tepat, sehingga keselarasan perasaan pun akan anda dapatkan nantinya.

Baca juga:

6. Mengetahui respon fisik pada diri anda

Yang satu ini bisa kita ketahui ketika tengah dalam keadaan emosional, dimana anda akan jauh lebih mudah untuk melihat ekspresi yang timbul saat ada sebuah respon kemarahan yang sedang terjadi pada diri anda. misalnya ketika tengah dalam kondisi macet, biasanya kita akan merasa kesal dan jengkel, namun dengan cara ini juga akan jauh lebih mudah untuk bisa melihat sejauh mana kita mengontrol ekspresi yang ada di dalam diri kita.

7. Ekspresikan dengan cara yang tepat

Ketika anda ingin mengekspresikan sesuatu, sebaiknya dilakukan namun dengan tanpa melukai perasaan orang yang ada di hadapan anda nantinya. Hal ini tentu sangat penting, kita juga harus tahu bahwa segala sesuatu yang kita ucapkan atau kita ekspresikan akan berdampak pada orang lain nantinya. Untuk itu lakukan segalanya dengan baik namun yang harus anda ketahui juga adalah untuk tetap menghargai perasaan orang lain.

8. Penggunaan kata dengan baik

Cara mengekspresikan perasaan dengan bijak lainnya adalah dengan memilih kata dengan baik. Misalnya ketika bicara dengan teman yang sudah dekat dan juga dengan teman yang tidak terlalu akrab tentu ada batasan yang harus kita lakukan.


Begitu pula dengan cara lainnya diantaranya dengan cara berbicara dengan orang yang jauh lebih tua dibandingkan dengan orang yang lebih muda pastilah ada hal- hal yang harus kita perhatikan di dalamnya.

9. Kendalikan emosi

Saat mengekspresikan sesuatu cara lainnya yang harus dilakukan adalah dengan selalu melatih emosi yang ada di dalam diri kita. Jangan pernah mengungkapkan sesuatu namun dengan tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan. Untuk itu sebelum kita mengetahui seberapa jauh emosi yang ada nantinya, harus mengetahui juga cara mengendalikan emosi yang ada di dalam diri kita. dengan cara ini juga berkaitan dengan regulasi emosi dalam psikologi.

Baca juga:

10. Ekspresikan dengan kreatif

Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam mengekspresikan sesuatu hal, nah begitupun pastinya dengan diri anda bukan. Saat kita tengah mengepresikan sesuatu sebaiknya memang dilakukan dengan bijak. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hal kreatif. Misalnya dengan mengekspresikan sesuatu melalui tulisan, melalui lukisan dan juga hasil karya yang kita miliki.

11. Menuliskannya

Beberapa orang yang memang gemar menulis, biasanya akan mengekspresikan perasaan yang ada di dalam disinya tersebut melalui tulisan. Hal ini juga termasuk ke dalam konsep diri dalam ilmu psikologi yang harus kita contoh.

Tidak semua hal harus kita ekspresikan dengan berlebihan, karena ada juga beberapa hal yang memang perlu dilakukan dengan bijak, sehingga sebelum kita melakukan sesuatu pun perlu difikirkan kembali secara matang. Untuk itu alangkah baiknya juga kita mengepresikan perasaan tersebut dengan bijak melalui tulisan yang kita buat.

Demikianlah 11 cara mengekspresikan perasaan dengan bijak yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari saat berkomunikasi.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kepribadian