Sponsors Link

Inilah 11 Alasan Mengapa Lupa Bisa Membuatmu Cerdas

Sponsors Link

Lupa merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan wajar atau memang seringkali terjadi pada setiap individu. Meskipun seseorang tersebut masih berusia muda, tidak jarang akan terkena yang namanya lupa. Meskipun hal tersebut bukan termasuk sebuah penyakit, namun jika terjadi secara terus menerus sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

ads

Beberapa ahli juga banyak yang berpendapat dimana menggambarkan hal – hal mengenai lupa yang merupakan ketidakmampuan dalam mengingat sesuatu dan juga otak yang tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga kehilangan informasi atau beberapa pengetahuan yang berhubungan dengan akal manusia.

Namun tidak jarang ketika seseorang tengah mengalami lupa secara mendadak, memang ditandai dengan sebuah gangguan memori. Namun Terkadang yang namanya lupa dalam taraf yang wajar membuat otak anda jauh lebih pintar. Di dalam psikologi ketika seseorang tengah mengalami lupa, hal tersebut juga dikarenakan adanya sebuah jeda dalam komunikasi yang dilakukan, sehingga dalam hal ini dapat mengganggu kemampuan dalam fokus pada sebuah hal.

Saat kita tengah berusaha keras untuk mengingat sesuatu biasanya terdapat jaringan baru di dalam otak yang membantu kita untuk mengingatnya. Itulah juga yang menjadi alasan mengapa lupa bisa membuatmu cerdas. Berikut beberapa alasan lainnya kenapa lupa juga memiliki sisi baiknya.

1. Membuat Otak Melakukan Penyesuaian Baru

Saat kita tengah lupa, otak akan bekerja jauh lebih keras. Adanya informasi yang dibuang kemudian tergantikan dengan informasi yang baru. hal tersebut juga lebih memudahkan kita untuk melakukan penyesuaian diri pada hal atau sesuatu yang baru. Dimana dalam sebuah arus informasi terbaru yang ada di dalam otak. Sehingga dengan kata lain kita juga tidak akan kebingungan ketika mendapatkan informasi yang ada di dalam otak.

2. Membantu dalam Menentukan Keputusan

Ketika kita lupa ada sebuah informasi penting atau detail yang kita buang di dalam otak, namun saat berusaha mengingat sesuatu kita akan jauh lebih fokus dan dapat membuat sebuah keputusan yang baru. ketika otak anda mencoba untuk bisa mengingat informasi yang lama, hal tersebut juga akan membuat anda kesulitan memutuskan sesuatu. Namun hal tersebut juga secara langsung bisa menampung berbagai informasi yang membuat otak bekerja jauh lebih baik. Sehingga tidak heran orang yang lupa terkadang memang jauh lebih cerdas.

Baca juga :

3. Mudah Melakukan Adaptasi Baru

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa orang yang pelupa biasanya akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini juga berkaitan ketika kita lupa atau kehilangan memori, kemudian aktivitas otak diberikan sebuah informasi yang baru di bagian hippocampus, informasi yang terkoneksi di dalamnya memenuhi bagian memori di dalam otak. Sehingga dari informasi hippocampus inilah yang membuat bagian otak lebih mudah beradaptasi dengan hal- hal yang baru dan juga menjadi alasan mengapa lupa bisa membuatmu cerdas.

4. Membuat Otak Bekerja Lebih Baik

Kita tentu saja pernah mengalami yang namanya lupa. Baik lupa terhadap nama orang, lupa menaruh kunci, atau bisa juga lupa ketika tengah menaruh dompet, namun bukan berarti anda teledor atau pikun, karena dengan lupa terhadap hal- hal yang seperti itu memang bisa dikatakan snagat wajar, apalagi dengan lupa membuat otak bisa menerima informasi yang baru dan sudah terbukti orang yang lupa memang biasanya membuat orang tersebut lebih cerdas.


5. Membuat Sistem Memori Menjadi Sehat

Alasan lain yang membuat orang lupa lebih cerdas adalah karena bisa membuat sistem memori menjadi jauh lebih sehat. Seperti kita ketahui, saat kita tengah lupa, hal ini juga bukan berarti anda dapat melupakan segala hal, karena biasanya hanya beberapa saja dari informasi penting yang membuat anda lupa, namun hal tersebut nyatanya akan membuat sistem memori menjadi jauh lebih sehat seperti hal yang pernah dikemukakan dalam bentuk- bentuk memori dalam psikologi.

Baca juga :

6. Dapat Mempertahankan Sebuah Informasi Penting

Lupa memang merupakan kebiasaan yang sulit dihindarkan dari kehidupan kita. Bahkan akibat lupa juga bisa membuat kita tertinggal dari sebuah informasi yang baru. namun kini anda tidak perlu khawatir, karena contoh kasus memori jangka pendek atau lupa ini nyatanya bisa membuat otak jauh lebih cerdas, hal ini juga dikarenakan ketika kita sedang lupa, memori yang lama akan berganti dengan yang baru.

7. Belajar dari Pengalaman

Ada yang namanya lupa karena sebuah kebiasaan, atau terjadi dengan sendirinya. Namun ada juga lupa yang dikarenakan kita memang sengaja membuang memori yang lama. Tentunya hal yang satu ini biasanya berhubungan dengan contoh memori jangka panjang. Misalnya kita tengah mengalami sebuah pengalaman buruk, sehingga berusaha untuk melupakan kenangan tersebut. Hal ini lah yang bisa membuat kita belajar jauh lebih baik dari pengalaman. Sehingga nantinya jauh lebih cerdas dalam mengambil sebuah keputusan.


8. Membuang Infromasi Menyesatkan

Alasan mengapa lupa bisa membuatmu cerdas juga dikarenakan ketika ada informasi yang sudah tidak berguna atau tidak terpakai, kita akan berusaha menyingkirkan hal tersebut, dan menggantikannya dengan sebuah informasi yang baru. dengan membuang segala jenis informasi yang menyesatkan akan membantu kita jauh lebih mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga keputusan yang tepat akan jauh lebih mudah untuk diambil.

9. Memberikan Tempat untuk Memori Baru

Lupa juga bisa membuat anda membuang berbagai jenis informasi yang dianggap sudah tidak relevan, sehingga dengan kata lain akan membuat kita mudah dalam menerima informasi yang lama. Karena yang namanya informasi yang tidak berguna memang sebaiknya kita buang atau disingkirkan, akan bisa memberikan ruang untuk informasi yang baru.

10. Mudah dalam Berfikir Lebih Objektif

Terkadang kita akan kesulitan untuk melupakan kenangan atau pengalaman masa lampau yang seharusnya kita lupakan. Namun dengan lupa anda akan jauh lebih mudah dalam berfikir lebih objektif, sehingga memudahkan anda juga saat menerima kenyataan dengan baik.

11. Belajar Tidak Emosional

Kecerdasan emosi juga bisa kita dapatkan dari seseorang yang lupa. Dengan lupa kita akan belajar menahan sisi emosional yang ada di dalam diri kita. Sehingga secara tidak langsung otak pun akan bekerja menjadi jauh lebih baik lagi.

Nah, berikut ulasan mengenai alasan Mengapa seseorang yang lupa memang dapat membuat anda cerdas. Penyebab lupa dalam psikologi sendiri memang cukuplah banyak, namun dengan lupa ternyata otak akan bekerja jauh lebih baik lagi, dan dengan kata lain akan bisa membuat anda jauh lebih cerdas.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi