Sponsors Link

13 Fakta Unik Sigmund Freud, Bapak Psikologi Sepanjang Masa

Sponsors Link

Sigmund Freud adalah Bapak Psikoanalisa, salah seorang yang paling kontroversial dan orang berpengaruh sepanjang masa. Hasil kerjanya dalam tahap psikoseksual dan teori psikoanalitis membuatnya sangat terkenal. Neurologis dan psikiatris asal Austria ini lahir pada 6 Mei 1856 dan meninggal pada tahun 1939 sebagai Sigismund Schlomo Freud. Ayahnya adalah seorang pedangang wol berusia 41 tahun yang telah memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya. Ibunya, Amalia berusia 20 tahun lebih muda dari ayahnya.

ads

Kegagalan bisnis ayahnya memaksa keluarga Freud pindah dari rumah mereka di Freiberg, Moravia ke Wina. Sejak pertama kali ia memperkenalkan teori luar biasa mengenai perkembangan masa kanak – kanak, secara bertahap teorinya diterima oleh banyak pihak sehingga banyak dari ide – idenya bercokol di psikologi populer. Freud adalah seorang pria menarik yang tumbuh di keluarga yang pada umumnya miskin. Apa yang tidak Anda ketahui mengenai Freud adalah hal yang paling menarik dan unik. Beberapa fakta unik Sigmund Freud, Bapak Psikologi Sepanjang Masa antara lain akan dibahas berikut ini.

1. Proses kelahirannya langka dan anomali

Ia lahir sebagai anak pertama dari Jacob dan Amalia Freud dengan kondisi memprihatinkan: sebuah membran menutupi wajah dan kepalanya. Caul adalah suatu kejadian yang sangat tidak biasa, tetapi dapat dihilangkan oleh dokter atau bidan. Ibunya justru senang dan percaya pada dongeng yang menyatakan bahwa kejadian tersebut pertanda bahwa anak yang terlahir dengan caul akan ditakdirkan untuk pencapaian besar. Ketahui juga mengenai teori psikoanalisis dalam psikologi sosial, teori psikoanalisis klasik dan teori gunung es dalam psikologi yang juga dikemukakan Freud.

2. Ia adalah penemu psikoanalisis

Tidak sering bahwa satu pokok pikiran dapat dikaitkan pada seorang individu saja. Dalam kasus Freud, teori – teorinya berperan sebagai dasar sekolah psikologi yang akan naik dengan cepat untuk menjadi kekuatan dominan selama tahun – tahun pertama dari penelitian pikiran dan perilaku. Publikasi bukunya The Interpretation of Dreams pada 1899 mendirikan dasar pemikiran untuk teori dan ide yang membentuk psikoanalisis, yaitu teori psikososial Freud. Pada 1902, Freud sedang mengadakan diakusi mingguan di rumahnya di Wina berupa pertemuan informal yang pada akhirnya tumbuh menjadi Vienna Psychonalytic Society.

3. Freud hanya menemui satu pasien anak – anak dalam penelitiannya tentang psikoanalisis.

Walaupun ia mengeluarkan teori ekstensif mengenai perkembangan masa kanak – kanak, dan mengemukakan teori bahwa anak – anak adalah makhluk seksual yang akan berkembang menjadi orang dewasa dengan isu – isu yang tidak disadari, Freud hanya menemui satu pasien selama sejarah hidupnya yang benar – benar seorang anak. Anak tersebut bernama Little Hans, adalah anak berusia 5 tahun dari teman dekat Freud yaitu Max Graf seorang komposer dan sejarawan musik yang terkadang menghadiri pertemuan psikoanalisis mingguan di rumah Freud. Hans mengalami fobia, menolak meninggalkan rumah karena takut digigit seekor kuda.

Freud mengembangkan studi kasus tunggal ini menjadi teori yang didasarkannya kepada seluruh karirnya. Karena tidak dapat memprotes persaingan dengan ayahnya untuk mendapatkan perhatian ibunya, Hans harus menekan amarah dan agresinya terhadap ayahnya. Penekanan ini dilakukan karena takut dicelakai oleh ayahnya yang memang selalu memegang kontrol dan semua kekuatan. Ketakutan kepada ayahnya tersebut dialihkan kepada ketakutan terhadap kuda. Takut kepada kuda adalah cara Hans dari bawah sadarnya untuk mengelola ketakutan terhadap ayahnya.

4. Freud menikmati kokain selama 13 tahun dan menulis mengenai manfaat kesehatannya.

Freud bereksperimen dengan kokain sejak 1887 hingga 1900. Ia menggunakan kokain sebagai cara untuk membantu dengan depresi, kekurangan energi, masalah perut dan sebagai perangsang birahi. Ia juga menulis empat makalah mengenai kokain tetapi kemudian mengesampingkan makalah – makalah tersebut dari koleksi penelitiannya. Setelah tahun 1900 Freud sepertinya beralih kepada cerutu, yang pada akhirnya mengakibatkan kanker mulut yang didiagnosa pada 1923, hingga menjadi penyebab kematiannya pada 1939.

5. Kematian Freud terindikasi melibatkan bantuan dokter

Pada musim panas 1939, Freud mengalami kesakitan intens dari kanker mulut mematikan dan tidak dapat dioperasi. Pada tanggal 21 September 1939, Freud mengingatkan teman dan dokternya bernama Max Schur akan janji awalnya untuk tidak menyiksanya secara tidak perlu. Ia menambahkan bahwa saat itu ia sudah merasakan siksaan yang tidak masuk akal. Setelah menerima izin dari Anna, putri Freud, Schur kemudian menyuntikkan dosis pertama dari tiga dosis morfin tinggi. Freud jatuh koma dan tidak pernah bangun lagi.

6. Kebiasaan merokoknya menyebabkan lebih dari 30 kali operasi kanker

Freud menjadi kecanduan akan tembakau setelah pertama kali mencobanya di akhir usia 20 tahunan. Kegiatan rutinnya sehari – hari selalu melibatkan mampir di toko tembakau lokal, dan setelah beralih kepada cerutu, kerap menggunakannya lebih dari 20 batang sehari. Mengabaikan peringatan dokter akan kebiasaan merokoknya, Freud percaya kebiasaan tersebut meningkatkan produktivitas dan kreativitasnya. Setelah penemuan tumor yang bersifat kanker didalam mulut Freud pada 1923, dokter menghilangkan bagian besar dari rahangnya. Walaupun melewati 33 operasi tambahan selama 16 tahun dan mengalami prostesis besar dimasukkan untuk memisahkan sinus dan rahangnya, Freud tidak pernah berhenti merokok.

7. Ia menolak Hollywood

Menyusul publikasi dari beberapa buku terkait teorinya, termasuk terbitan 1899 Interpretation of Dreams, popularitas Freud bertambah besar. Pada 1925, kepala MGM Samuel Goldwyn mendeklarasikan Freud sebagai spesialis cinta terbesar di dunia dan meminta konsultasi akan naskah dari beberapa kisah cinta dari sejarah termasuk Anthony dan Cleopatra. Freud sama sekali tidak tertarik pada film itu atau yang lainnya walaupun pernah menyediakan waktu untuk pengujian informal dari aktor Charlie Chaplin.

8. Menjadi seorang Dokter untuk menikahi wanita yang dicintai

Ketika Freud berusia 26 tahun, ia jatuh cinta mati – matian dengan wanita berusia 21 tahun bernama Martha Bernays dan mereka bertunangan dua bulan kemudian. Sebagai pelajar miskin yang masih tinggal dengan orang tuanya, pekerjaan ilmiah Freud di sebuah laboratorium tidak dapat membiayai sebuah keluarga. Enam bulan setelah bertemu, Freud menghentikan karir ilmuwannya dan menjadi seorang doktwr. Ia menghabiskan tiga tahun berlatih di Rumah Sakit Umum Wina dan sangat jarang menemui tunangannya yang telah pindah ke Jerman. Setelah empat tahun menunggu, Freud dan Martha menikah pada 14 September 1886 dan memiliki enam anak. Para sejarawan telah lama berspekulasi bahwa kemudian Freud memiliki affair dengan adik iparnya, Minna Bernays. 


9. Bukunya dibakar Nazi dan diusir dari Austria

Walaupun ia seorang atheis, Freud lahir di keluarga Yahudi dan menjadi target khusus dari Nazi ketika mereka mulai mendapatkan kekuasaan yang meningkat. Buku – bukunya menjadi salah satu yang dibakar Nazi pada 1933, dan setelah Jerman menguasai Austria, Gestapo menahan dan menginterogasi putrinya, Anna. Dengan bantuan dari teman dan pasiennya, Princess Marie Bonaparte, Freud lari ke Paris dan London dengan istri dan Anna.

10. Keempat saudarinya masuk kamp Yahudi Nazi

Walaupun Freud mampu mengeluarkan keluarga intinya termasuk pengurus rumahnya dari Wina pada 1938, ia meninggalkan empat saudari yang lebih muda. Bonaparte mencoba dan gagal mendapatkan visa keluar untuk keempat saudari Freud. Empat saudarinya ditinggal di Wina saat melarikan diri sehingga masuk ke kamp konsentrasi Yahudi yang dibuat oleh Nazi. Pada 1939, mereka diusir dari rumah secara paksa setelah uang yang dipakai untuk membayar Nazi habis. Selama tahun 1942 mereka dikirim secara individu ke kamp tersebut dan meninggal disana.

11. Putrinya menjadi bahan psikoanalisa seumur hidup

Bagaimanapun aneh kedengarannya, Freud secara teratur menemui putrinya Anna untuk sesi psikoanalis. Karena Anna tidak menikah dan tinggal dengan orang tuanya selama itu, Freud menemui putrinya pada pukul 10 malam sebelum tidur. Ia mulai menganalisa Anna sejak berusia 23 dan belanjut sampai kematiannya. Freud mendorong para pelamar menjauh dari Anna juga dengan keeksentrikannya. Anna Freud memulai karirnya dibawah pengaruh teori – teori ayahnya, dan membuat kontribusi penting dalam bidang psikologi. Ia mendirikan psikoanalisis anak dan menyimpulkan mekanisme pertahanan ego dalam bukunya The Ego and The Mechanisms of Defense.

12. Ia mengembangkan kegunaan terapi bicara

Sementara teori Freud seringkali dikritik atau ditolak oleh para psikoterapis masa kini, banyak yang tetap melanjutkan metode terkenal dari psikoanalis pada tahap tertentu. Terapi bicara  adalah salah satu fakta unik Sigmund Freud, bapak psikologi sepanjang masa yang memainkan peranan utama dalam terapi psikoanalisis dan menjadi bagian penting dari banyak teknik terapeutik. Menggunakan terapi bicara, penyedia terapi mencari pola atau kejadian signifikan yang mungkin memegang peranan dalam kesulitan klien terkini. Psikoanalis percaya bahwa kejadian saat masa kecil dan perasaan yang tidak disadari. Pikiran dan motivasi juga memegang peranan penting dalam penyakit mental dan perilaku maladaptif.


13. Sofanya yang terkenal adalah pemberian seorang pasien

Freud menggunakan hipnotis ketika ia membuka praktek medis di Wina pada 1886 dan ia menemukan bahwa lebih mudah membuat pasien berada dalam keadaan trans apabila mereka berbaring. Ketika memulai terapi bicara dalam psikoanalisis, sofa yang digunakan berasal dari pemberian seorang pasien bernama Madame Benvenisti. Ketahui juga mengenai teori psikologi perkembangan, teori mimpi dalam psikologi dan psikologi sastra yang juga menggunakan teori psikoanalisa Freud.

Itulah beberapa fakta unik Sigmund Freud, bapak psikologi sepanjang masa yang mungkin belum Anda ketahui. Sangat menarik untuk mengetahui bahwa Freud memulai tradisi pasien berbaring di atas sofa sementara ia mencatat di kursi yang berada di luar pandangan pasien. Setelah kematiannya, abunya disimpan dalam guci Yunani kuno yang diberikan oleh Princess Bonaparte. ketika istrinya Martha meninggal pada 1951, abunya ditambahkan pada vas yang disimpan pada London’s Golders Green Crematorium. Pada Januari 2014, polisi London melaporkan bahwa ada pencuri berusaha mengambil abu Freud. Walaupun gagal, guci berusia 2300 tahun yang menyimpan abunya mengalami kerusakan berat.

Sponsors Link
, ,