Sponsors Link

5 Contoh Kasus Memori Jangka Pendek

Sponsors Link

Memori yang dimiliki setiap orang tentu dapat dibedakan dalam 2 kategori yaitu memori jangka panjang ( LTM ) dan juga memori jangka pendek ( STM ). Memori merupakan sebuah ingatan yang disimpan dalam otak untuk mengingat mengenai banyak peristiwa dimasa lalu atau yang baru saja terjadi. Ini dia beberapa contoh memori jangka panjang yang dapat kamu ketahui.

ads

Memori jangka pendek memiliki sifat yang terbatas baik dalam kapasitas maupun durasi. Informasi akan hilang dalam waktu 20-30 detik jika tidak diulang-ulang dan diingat. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh kasus memori jangka pendek :

1. Dalam Mengingat Nomor Telepon

Kasus pertama yang berhubungan dengan memori jangka pendek yaitu dalam mengingat sebuah nomor telepon atau handphone seseorang atau juga kerabat. Atau mengingat nomor sendiri,biasanya dalam beberapa menit atau detik Anda mampu mengingat nomor yang penting bagi Anda, hal ini bersifat memori jangka pendek. Hanya butuh waktu singkat untuk mengingat, dan juga bisa dilakukan beberapa kali pengulangan. Apa saja bagian dan juga bentuk bentuk memori dalam psikologi yang paling utama.

2. Kasus Dalam Memori Kerja

Contoh kasus memori jangka pendek selanjutnya yaitu memori kerja. Sebuah memori yang berkaitan dengan menyimpan beberapa informasi mulai dari hitungan menit hingga beberapa jam kemudian.

Umumnya, memori Kerja berfungsi mengubah informasi, menjejaki perubahan dan memperbarui suatu memori, pemanggilan ulang informasi, membuat perbandingan, sampai membagi perhatian.

Contohnya ketika seseorang diminta untuk menghitung atau mengingat serangkaian angka atau nomor tunggal dan kemudian ia kelompokan dalam rangkain yang lebih kompleks. Sebagai pengetahuan mengenai tahapan perkembangan memori pada anak mulai usia dini.

3. Kasus Dalam Memori Perantara

Memori perantara merupakan jenis memori yang ketiga antara memori jangka pendek dan memori kerja.

Dalam hal ini, informasi yang telah keluar dari kedua memori tersebut, kemudian masuk ke tempat penampungan yang bersifat sementara yang selanjutnya disebut memori perantara.

Umumnya orang menganggap bahwa apabila sebuah informasi telah diproses dan tidak dibutuhkan kembali maka informasi tersebut akan hilang. Namun kenyataannya, informasi tersebut akan ditransfer ke memori jangka panjang pada saat kita tidur atau beristirahat.

Contoh dalam kasus mengingat wajah seseorang yangbaru dikenal, apabila kita tidak ingin mengingatnya maka memori itu akan hilang dengan sendirinya, namun apabila memori tersebut diingat berulang akan semakin terkenang. Berikut ini wajib kamu ingat tentang perkembangan memori pada manusia yang wajib diketahui.

4. Model Memori Menurut Cowan

Salah satu contoh kasus memori jangka pendek menurut Cowan mengatakan bahwa sejumlah proses dapat menyimpan sebuah informasi berjumlah  terbatas yang dapat diakses untuk waktu  minim.

Contoh kasus seseorang yang mendapat tugas yang harus ia dikerjakan, maka ia menerima beberapa potong informasi yang akan digunakan dalam memori kerjanya.

Apabila seseorang memiliki beberapa potongan informasi dalam memori kerjanya pada satu titik waktu tertentu, maka hanya sebagian kecil dari informasi itu yang dapat difokuskan pada saat yang mampu dikerjakan.

Hal ini tentu menjadi salah satu memori pendek apabila ia tidak mampu mengulang kembali informasi itu secara berulang. Contoh beberapa macam dan juga jenis jenis memori dalam psikologi komunikasi.

5. Kasus Tentang Tugas Rentang Membaca

Materi ini dipopulerkan oleh Daneman & Carpenter, tahun 1980 mengenai  salah satu tugas rentang memori kerja yang pertama.

Peserta diminta untuk membaca kalimat secara keras dan diberitahu bahwa mereka diharapkan merecall kata terakhir dari masing-masing kalimat. Pada kesimpulan set itu, peserta merecall kata terakhir dari masing-masing kalimat. Jumlah kalimat semakin meningkat dari set ke set.

Namun, apakah proses tersebut dapat dilakukan dengan sempurna sesuai permintaan. Semua tergantung bagaimana ia mampu mengingat tugas dan informasi tersebut secara baik, dengan memori pendek yang berulang tentu hal tersebut dapat dilakukan. Berikut ini jenis-jenis memori dalam psikologi kognitif yang bisa kamu pelajari.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 contoh kasus memori jangka pendek yang dapat diketahui. Semoga bermanfaat.

 

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Faal