Sponsors Link

13 Cara Melupakan Seseorang Menurut Psikologi

Sponsors Link

Memiliki masalah dan dendam di hati membuat anda ingin melupakan seseorang. Sayangnya hal tersebut sulit dilakukan, dan anda membutuhkan cara, tips dan trik yang tepat untuk membantu melupakan seseorang. Berikut ini cara melupakan seseorang berdasarkan masukan dari psikologi.

ads

1. Sibukan Diri

Menyibukan diri merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh banyak orang. Bukan hanya melupakan seseorang, biasanya dengan menyibukan diri juga anda bisa menghindari hal-hal yang berkaitan dengan seseorang tersebut.

Sehingga menyibukan diri bisa jadi alasan dan pilihan yang tepat.  Menyibukan diri bisa dilakukan dengan banyak hal seperti melakukan hobi yang disenangi, atau mengerjakan pekerjaan yang nantinya menghasilkan untuk anda.

Dibanding harus berdiam diri anda bisa menggunakannya untuk hal yang lebih menguntungkan dan positif.

2. Mulai Menyukai Orang Lain

Meskipun sulit namun cara ini bisa dilakukan untuk bisa melupakan seseorang. Melupakan kekasih atau pasangan memang agak sulit jika harus berpindah ke lain hati atau menyukai orang lain.

Namun untuk pertemanan atau lingkungan rasanya akan lebih mudah, terutama jika mulai menyukai orang-orang baru yang nyatanya lebih cocok dan sesuai untuk anda.

Tips lainnya yakni jangan berpatokan dengan seseorang yang sudah lalu di kehidupan anda karena akan sulit menemukan orang lain, jangankan menyukainya mengenal saja akan sulit.

3. Terima Kenyataan

Seringkali setelah ditinggalkan atau anda meninggalkan sulit menerima kenyataan. Sayangnya hal tersebut tidak akan bisa diubah lagi.

Sehingga anda harus mulai bisa menerima kenyataan. Realitas memang menjadi hal yang paling sulit untuk diterima mengingat keinginan seringkali bersifat bersebrangan dengan kenyataan yang ada.

Namun seseorang tersebut sudah harus pergi dari kehidupan anda sehingga realitas tersebut pasti lebih baik meskipun tanpa anda setujui dan anda inginkan.

4. Olahraga

Olahraga memang hal yang paling dibenci banyak orang. Namun faktanya olahraga bisa membantu untuk melupakan pikiran jelek termasuk melupkan seseorang.

Dengan cara yang rutin olahraga bisa membantu menyehatkan anda namun menjernihkan pikiran juga. Karena menurut beberapa orang, faktor kesehatan tubuh juga membantu menyehatkan pikiran anda baik disengaja maupun tidak disengaja.

Olahraga bisa dilakukan dengan jenis apapun mulai dari jogging sederhana, treadmill, aerobic, pergi ke tempat fitness ataupun olahraga renang yang biasanya disenangi oleh banyak orang. Dengan begitu akan mudah melupakan orang-orang yang anda benci atau ingin anda lupakan.


5. Perbanyak Ibadah

Melupakan seseorang bukan menjadi negatif, terutama jika orang tersebut memang layak untuk dilupakan.

Jika anda melupakannya dengan hal negatif maka anda gagal untuk terlepas dari seseorang tersebut. namun berbeda jika anda bisa membuktikan kearah yang lebih positif. Salah satunya adalah perbanyak ibadah.

Biasanya melupakan seseorang seringkali membutuhkan ketenangan hati bukan hanya pikiran. Memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri dengan Tuhan agar ditenangkan dan bisa ditemukan dengan pengganti yang jelas lebih baik.

6. Me Time

Untuk melupakan seseorang anda harus bisa membahagiakan diri sendiri. Terutama untuk para perempuan anda bisa menggunakan waktu seperti “me time” agar bisa melupakan orang yang anda benci.

Selain itu, me time juga bisa menyegarkan pikiran setelah pusing atau bermalas-malasan akibat melupakan orang lain.

Me time bisa dilakukan selama anda bahagia dan senang, tidak perlu hal yang mahal atau rumit-rumit.

Bahkan bagi beberapa orang berkumpul bersama sahabat atau keluarga sudah cukup seperti me time untuk banyak orang.

7. Menanyakan Nasihat pada Orang Lain

Biasanya orang lain memiliki pengalaman berbeda, bisa jadi mereka pernah merasakan apa yang anda rasakan dan memiliki tips ampuh untuk bisa melupakan orang lain dengan mudah.

Jika sudah begini cara lainnya adalah dengan menanyakan nasihat pada mereka. Bagaimana melupakan orang lain versi mereka dan tipsnya.

Selain itu anda bisa ceritakan orang yang ingin anda lupakan, mana tahu orang lain lebih tahu keburukannya dan menambah daftar alasan mengapa anda melupakan seseorang tersebut.

8. Ceritakan jangan Dipendam

Banyak orang yang memendam masalah dan akhirnya mereka sendiri yang merasa sakit hati hingga sulit melupakan.

Agar lebih mudah melupakan orang tersebut coba ceritakan pada orang yang anda percayai, bagaimana pandangan anda dan apa alasan utama untuk melupakan orang tersebut.

Meluapkan sama halnya menumpahkan apa yang anda rasakan sehingga tidak lagi tertahan di pikiran dan hati.

Biasanya jika dipendam inilah yang menyebabkan masalah membengkak seperti depresi, rasa marah, kecewa bahkan adanya rasa ingin bunuh diri.  Bercerita, bisa menjadi Cara Mengatasi Stres dan Depresi Ringan & Berat

9. Lihat Sisi Buruknya

Melihat sisi baiknya dari orang tersebut tidak akan membantu anda untuk melupakan dengan cepat.

Sebaliknya coba anda telah dari sisi buruknya, lihat hal lain yang menyebabkan anda benci pada orang tersebut. jika ia baik tentu tidak akan meninggalkan anda dan mengharuskan untuk melupakan mereka.

Namun nyatanya mereka memiliki sikap buruk yang memaksa anda melupakan sikap atau karakter mereka.

Melihat sisi buruk ini bukan total meninggalkan namun lebih kepada membantu mempercepat anda dalam melupakan orang tersebut.

10. Hindari Akun Media Sosial

Seringkali kenangan dan memori datang akibat adanya peningat atau pemicu. Sekarang ini salah satunya adalah media sosial yang sering digunakan untuk berbagi momen menjadikan anda sulit melupakan orang yang ada pada momen tersebut.

Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental juga besar terutama Pengaruh Media Sosial Terhadap Psikologi Remaja.

Sehingga lebih baik rehat sejenak dan hindari akun media sosial. Selain itu jika perasaan sedang kacau banyak orang yang mencurahkanyya di media sosial sampai ke hal yang bersifat privasi ikut tersebar. Jika sudah seperti ini emosi sesaat justru bikin malu saja, lebih baik matikan media sosial anda sementara.

11. Jangan Berusaha Melupakannya Terlalu Keras

Berusaha melupakannya terlalu keras hanya akan menambah pusing dan sulit hidup anda. Berhenti memikirkan orang tersebut terlalu keras, nantinya anda akan bingung sendiri sudah berapa lama waktu yang digunakan hanya untuk memikirkan orang yang tidak jelas.

Bukan lupa justru sebaliknya anda akan lebih ingat momen dengan orang tersebut.

12. Pikirkan Hal Lain

Berlarut-larut tidak membuat anda tetap bertahan dengan seseorang yang sudah melupakan anda lebih dulu.

Baik itu teman, sahabat ataupun kekasih. Sedangkan anda sendiri memiliki kehidupan yang harus diteruskan sama halnya seperti mereka yang sudah melupakan anda terlebih dahulu dan meneruskan hidupnya seolah tidak memiliki masalah.

Untuk itu, pikirkan hal lain yang lebih bermanfaat untuk anda dan teruskan hidup dengan baik.

13. Tinggalkan Baik-Baik

Cara lainnya yaitu meninggalkan dengan cara yang baik-baik. jika masih ada masalah menggantung dijamin anda tidak akan bisa melupakan orang tersebut.

Selain karena sulit, anda juga akan merasa ada masalah yang belum selesai dan memicu penasaran untuk timbul. Maka dari itu selesaikan secara baik-baik.

Itulah ke-13 tips dan trik agar mudah melupakan seseorang berdasarkan analisa psikolog. Memang dari 13 tips diatas tidak semua bisa dilakukan secara bersamaan. Selain itu semua butuh proses termasuk melupakan orang.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif