Sponsors Link

5 Contoh Memori Jangka Panjang

Sponsors Link

Setiap manusia dikaruniai otak yang berfungsi untuk menggerakkan banyak saraf untuk berpikir, mengulas memori dan juga menyimpan banyak data atau ingatan. Biasanya memori yang dapat diingat berupa kenangan dalam waktu yang lama atau jangka panjang. Hal berikut mengenai bentuk bentuk memori dalam psikologi paling utama.

ads

Setiap memori memiliki kenangan baik yang manis ataupun yang buruk, namun jenis memori apa saja yang dimiliki oleh setiap orang. Berikut ini akan dibahas mengenai contoh memori jangka panjang yang dapat diketahui :

1. Episodic Memory

Yang dimaksud dengan episodic memori adalah memori yang memuat atau berisi tentang peristiwa dalam kehidupan seseorang. Baik peristiwa dalam hal yang baik juga hal yang buruk. Contoh dalam kasus ingatan selama bersekolah dulu, memori mengenai pertemuan reuni dengan teman sekolah dan masih banyak lagi lainnya.

Tentu ingatan tersebut dapat diingat dalam jangka waktu yang lama, apalagi memori tersebut menyimpan banyak kenangan yang manis atau bahkan kenangan yang amat buruk dan membuat trauma pada seseorang. Berikut ini contoh tahapan perkembangan memori pada anak yang dapat Anda ikuti.

2. Procedural Memory

Berikut ini contoh memori jangka panjang selanjutnya adalah procedural memory. Yaitu memori yang berkaitan dengan sebuah prosedur, yang merujuk pada pengetahuan tentang cara mengerjakan sesuatu atau dalam sebuah dunia pekerjaan.

Contoh memori prosedur seperti SOP dalam mengerjakan sebuah mesin operasional dalam sebuah pabrik, prosedur dalam melakukan sebuah praktek kimia atau biologi di laboratorium dan masih banyak lagi lainnya. Yang perlu diketahui mengenai perkembangan memori pada manusia.

3. Semantic Memory

Sebuah memori yang berkaitan dengan arti kata. Yang menjelaskan mengenai pengelolaan terhadap pengetahuan tentang kata-kata dan informasi non personal yang berbeda.

Berikut contoh  yang  termasuk dalam semantic memory, seperti  istilah – istilah dalam alkana, alkena, dan alkuna dalam senyawa hidrokarbon dan sebagainya.

Dimana dalam setiap arti kata memiliki makna yang berbeda satu sama lainnya. Memori ini tentu banyak dijumpai dalam dunia pengetahuan dalam berbagai ilmu. Antara lain contoh dari jenis jenis memori dalam psikologi komunikasi.

4. Memori Otobiografis

Satu lagi contoh memori jangka panjang lainnya memori otobiografis yaitu memori yang mengenai seseorang mengenai masa lalunya.

Walaupun memori pribadi telah ada sejak lama menjadi minat kaum awam, sesungguhnya sejumlah studi dalam ilmu psikologi telah membahas topik tersebut. Salah satu alasan yang menarik mengenai memori pribadi adalah karena memori ini berkaitan dengan individu beserta seluruh sejarah hidupnya yang unik dan sangat bernilai.

Memori otobiografis pada umumnya begitu akurat nyaris sempurna. Contoh dari beberapa jenis – jenis memori dalam psikologi kognitif.

5. Memori Sensoris

Memori sensoris adalah ingatan yang berhubungan dengan penyimpanan informasi sementara yang dibawa oleh pancaindera seseorang. Setiap pancaindera memiliki satu macam memori sensoris yaitu informasi sensoris yang masih tersisa sesaat setelah stimulus dimulai.

Dalam diri manusia ada beberapa macam sensori-motorik antara lain yaitu sensori-motorik visual atau disebut dengan penglihatan, sensori-motorik audio yaitu pendengaran, dan lain sebaganya.

Memori sensorik cukup pendek, dan umumnya akan menghilang segera setelah apa yang akan kita rasakan berakhir. Sebagai contohnya, ketika anda melihat.

Anda melihat ratusan hal ketika berjalan selama beberapa menit yang lalu. Meski perhatian tertuju pada sesuatu yang anda lihat, segera akan hilang oleh sesuatu yang lebih menarik perhatian. Berikut ini mengenai memori dalam psikologi pengertian dan juga fungsinya.

Demikianlah penjelasan mengenai hal penting mengenai 5 contoh memori jangka panjang. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk Anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Faal