Sponsors Link

5 Ketrampilan Yang Harus Dimiliki Psikolog Profesional

Sponsors Link

Menjadi seorang Psikologi profesional tidak bisa sembarang saja, diperlukan beberapa pendidikan juga ketrampilan yang menunjang profesionalisme. Hal ini memang menjadi satu syarat wajib jika ingin menjadi Psikolog. Karena menangani pasien perlu ilmu dan juga kiat jitu. Berikut ini citra diri dalam Psikologi, gambaran secara singkat.

ads

Apapun keluhan pasien tentu seorang psikologi membutuhkan ketrampilan guna mendukung proses penyembuhan pasien. Berikut ini beberapa contoh ketrampilan yang harus dimiliki Psikolog profesional:

1. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Mampu berkomunikasi dengan baik merupakan satu dari ketrampilan yang harus dimiliki Psikolog profesional. Anda harus bisa memberikan masukan pada pasien tanpa terkesan menggurui mereka. Anda juga harus tahu jenis komunikasi yang efektif untuk setiap pasien, karena setiap orang tentu berbeda – beda. Jangan sampai cara Anda berkomunikasi membuat pasien lebih emosi. Hal itu bisa mengakibatkan konseling menjadi tidak berjalan denngan baik. Simak fungsi bahasa dalam Psikologi secara umum.

Baca juga:

2. Mampu Menyimpan Rahasia Pasien

Berikutnya ketrampilan yang harus dimiliki Psikolog profesional yaitu kemampuan untuk bisa menyimpan rahasia pasien. Karena tidak semua orang suka apabila keburukan atau pembicaraan saat konselling menjadi tersebar. Hal ini tentu membuat malu pasien, karena itu seorang psikologi harus benar – benar menjaga kerahasiaan, apapun itu bentuknya. Memiliki ketrampilan ini menjadi hal penting karena berhubungan dengan kredibilitas dan kode etik profesi yang harus dijalankan.

3. Memiliki Kesabaran Yang Lebih

Kesabaran seorang Psikolog juga dituntut harus memiliki tingkat sabar yang luar biasa tinggi. Tanpa kesabaran Anda tidak bisa melakukan pengobatan pada pasien. Malahan pasien akan takut dan segan untuk datang kepada Anda. Menghadapi pasien dengan tipekal yang berbeda menjadi ujian tersendiri bagi Psikolog profesional. Karena itu jika Anda belum memiliki kesabaran untuk menjadi Psikolog disarankan untuk belajar lagi managen emosi dan menata perasaan emosi menjadi lebih sabar. Berikut karakteristik komunikator dalam Psikologi komunikasi yang efektif.

4. Kemampuan Mendengarkan Yang Baik

Ketrampilan yang harus dimiliki Psikolog profesional lainnya adalah menjadi seorang pendengar yang baik. Karena menjadi pendengar itu memang terkadang membosankan, karena itu alangkan pentingnya dengan mendengar keluhan pasien yang beragam dengan gaya yang santai, menyenangkan juga nyaman.

Baca juga:

Tentu saja pasien akan merasa lebih rileks dan semua keluhan tersalurkan dengan maksimal. Mendengar merupakan salah satu cara agar konseling yang dipercaya bisa mengurangi beban mental seseorang. Dengan didengarkan, seseorang merasa lebih plong dan merasa bebannya akan berkurang.

5. Memiliki Jiwa Support Tinggi Pada Pasien

Selanjutnya Psikolog juga harus bisa memiliki jiwa penyemangat tinggi demi kesembuhan pasiennya. Mengapa seseorang berobat ke Psikologi karena butuh adanya satu motivasi secara psikis, dengan harapan ia akan pulih dari perasaan dan jiwa yang tidak nyaman. Jika seorang Psikolog tidak bisa memberikan semangat pada pasien, bagaimana pasien bisa sembuh secara total. Karena itu ketrampilan ini sangat dibutuhkan seorang psikologi profesional. Kenali beberapa konsep psikologi proyektif dalam studi kepribadian.

Demikianlah beberapa ketrampilan yang harus dimiliki Psikolog profesional. Semoga tips di atas menjadi manfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi