Sponsors Link

6 Fakta Tentang Ingatan Manusia Menurut Psikologi

Sponsors Link

Manusia menjadi mahluk paling tinggi derajatnya dibanding dengan mahluk hidup lainnya. Selain memiliki organ tubuh yang lengkap, secara fisik dikatakan sempurna. Setiap organ yang secara normal bisa berfungsi secara baik. Setiap organ memiliki fungsi yang berbeda, contohnya otak. Berikut tips meningkatkan daya ingat otak yang efektif.

ads

Sebagai pusat ingatan dan penggerak yang lain otak menjadi pusat ingatan yang istimewa. Nah, manusia tentu banyak memiliki ingatan atau memori mengenai kehidupannya, baik yang lalu dan saat ini. Untuk itu ketahuilah dibalik fakta tentang ingatan manusia menurut Psikologi berikut ini:

1. Ingatan Dapat Berubah Konstan

Tanpa disadari, memori manusia mampu untuk berubah seiring waktu berjalan. Dalam hal ini dapat tergantikan dengan peristiwa  baik masa lampau dan masa sekarang. Apabila seseorang konstan berada dalam peristiwa yang sama, ingatan akan cenderung menyimpan memori tersebut lebih lama. Dan jauh lebih signifikan dibandingkan dengan hal lainnya. Contoh jenis dan kandungan makanan yang memicu Alzheimer di usia tua.

2. Ingatan Dapat Membentuk Kepribadian Orang

Fakta tentang ingatan manusia menurut Psikologi adalah memori manusia yang pertama kali akan berkaitan dengan karakter dan sikap tentang diri Anda. Ingatan yang dimiliki akan dapat menentukan bagaimana Anda akan bersikap dan merespon suatu hal.

Baca juga :

Contohnya, saat Anda dihadapkan pada beberapa pilihan, sebagian besar keputusan yang Anda pilih akan dipengaruhi oleh kenangan di masa lalu dalam hal ini biasanya pengalaman, pengetahuan atau wawasan. Jadi ingatan dapat dikatakan sebagai salah satu faktor penentu dalam proses pengambilan keputusan Anda. Ingatan yang terekam dan dipenuhi dengan memori masa kecil sampai sekarang juga akan membentuk jati diri Anda secara perlahan.

3. Ingatan Merupakan Tempatnya Memori

Ada istilah yang disebut dengan Hipokampus yaitu bagian penting dari sebuah fakta dalam ingatan manusia pada otak. Hipokampus juga berfungsi sebagai gudang dari segala iangatan yang pernah dialami seseorang selama hidupnya. Di otak inilah yang tugasnya mengatur, menyimpan juga mengeluarkan ingatan kembali. Jenis makanan yang memicu demensia ketika usia lanjut.

Hipokampus dapat ditemukan di kedua belahan otak, apabila terjadi kerusakan pada hipokampus, maka ia dapat menghalangi kemampuan otak untuk membentuk ingatan baru, kemudian dikenal sebagai amnesia anterograde. Semakin bertambah usia, maka hipokampus akan kehilangan kemampuannya sebanyak 20 persen dari otak manusia.

4. Ingatan Jangka Pendek Terlalu Singkat Diingat

Selanjutnya fakta tentang ingatan manusia menurut Psikologi  yaitu tidak semua peristiwa yang pernah Anda hadapi bisa diingat dan disimpan di dalam otak secara menyeluruh. Para ahli mengungkap bahwa otak hanya mampu menyimpan sekitar 7 ingatan jangka pendek dalam waktu 20 sampai 30 detik saja. Jadi, jika Anda menjadi lupa mengatakan apa yang ingin Anda katakan, atau lainnya itu dikarenakan daya otak yang terbatas. Otak Anda juga akan memilih mana yang harus diingat lama dan mana informasi yang harus disingkirkan.

Baca juga :

5. Ingatan Bisa Juga Dilatih

Ingatan jika tidak pernah dilatih tentu dapat menyebabkan menurunnya kemampuan daya ingat. Untuk mencegah hal itu maka Anda perlu melatih beberapa cara seperti menghapal, bermain catur, mengisi teka teki silang dan sebagainya. Hal ini akan tetap menjaga kinerja otak secara sehat, dengan begitu daya ingat akan terus meningkat walaupun usia sudah lanjut. Dengan menghapal setiap hari juga menjauhkan Anda dari penyakit pikun dan amnesia jangka pendek. Selain itu dari segi pola makan juga bisa Anda coba, penuhi gizi untuk otak agar semakin sehat dan tajam. Berikut metode mengingat dalam Psikologi untuk memperkuat memori.

6. Mampu Mengingat Sesuatu Dari Bau

Fakta lain dari ingatan adalah keunikannya dalam mengenal suatu memori melalui bau sesuatu. Baik itu bau harum atau bau tidak enak, contohnya saat Anda mengenali seseorang tentu Anda pertama kali ingat dari bau parfumnya. Kebiasan orang yang menggunakan minyak wangi akan diingat orang lain. Atau saat Anda mencium aroma kopi, pasti Anda akan merasa inging meminum kopi di salah satu kedai langganan Anda.

Hal ini dapat terjadi karena saraf penciuman terletak begitu dekat dengan organ amigdala. Amigdala adalah area otak yang terhubung dengan sebuah pengalaman dan ingatan Anda yang melibatkan perasaan juga emosi.

Sekian mengenai contoh fakta tentang ingatan manusia menurut Psikologi, semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan Anda mengetahui keistimewaan ingatan Anda. Dan lebih menghargai sebuah memori saat ini dan masa lalu Anda.

Sponsors Link
, ,