Sponsors Link

13 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Sponsors Link

Daya ingat memiliki fungsi untuk mengolah dan juga menyimpan berbagai informasi yang akan diserap oleh otak, sebenarnya daya ingat ini biasanya hanya terjadi sangat singkat dan akan jauh lebih spesifik untuk anak yang berusia dibawah 3 tahun.

ads

Dan memiliki hubungan perkembangan memori pada anak. karena pada usia anak begitu memang akan jauh lebih membutuhkan kesabaran agar dapat mengingatkan anak mehenai hal-hal yang bersifat umum, mislanya saja, saat kita harus mencuci tangan sebelum makan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya usia anak, nantinya akan semakin meningkat untuk daya ingatnya. namun dalam hal ini kita sebagai orang tua pun perlu lebih meningkatkan dan juga mencari cara untuk bisa meningkatkan daya ingat anak nantinya. karena memang perlu juga dilakukan pelatihan secara rutin dna melakukan pengulangan, agar nantinya anak akan lebih fokus dan mempunyai daya ingat yang kuat.

Untuk tua kita akan emnjelaskan secara detail mengenai  cara meningkatkan daya ingat anak dengan berbagai cara, sehingga nantinya ank akan terbiasa dan membuat anak memiliki daya ingat yang cukup kuat.

  1. Memberikan asupanan makanan yang sehat

Ibu bisa memulainnya dengan memebrikan asupan yang kaya akan vitamin dan juga kandungan lainnya yang sanagt penting untuk tubuh anak, sehingga nantinya bisa mmebantu anak untuk bisa melatih otaknya agar bisa mmemiliki daya ingat yang kuat dan tinggi. dengan meberikan makanan yang memiliki kandungan karbohdrat komplek juga bisa membantu anak dalam mmebantu dan mempengaruhi memorinya.

    2. Tidur yang teratur

Dengan melakukan tidur yang teratur ternyata bisa melakukan latihan pada mmeori ank agar memiliki ingatkan yang kuat dna juga tajam, untuk itu bantu anak agar bisa memiliki kualitas tidur yang nyamandan menyennagkan sehingga nantinya bisa melatih daya ingat dna juga memoeri anak untuk lebih baik lagi

        3. Melakukan permainan sambil belajar

Pada umumnya hampir semua anak menyukai kegiatan bermain, untuk itu sbeaiknya anda sbagai orang tua bisa meningkatkan daya ingat anak dengan sellau mengajaknya bermain dan juga belajar,s ehingga hal ini bisa meningkatkan daya ingatnya mendi lebih baik lagi dan cara meningkatkan kreativitas pada anak.  beberapa permainn juga diketahui ternyata bisa mmebantu merangsang ingatan anak emnjadi lebih baik lai, misalnya pada permainan puizzle, permainan mewarnai, menggambar, menempelkan angka dna juga jenis permainan lainnya.

           4. Memberikan aktivitas menulis

Dengan aktivitas menulis ternyata bisa membantu daya ingat anak menajdi lebih kuat, menurut psikologi anak juga, saat seorang anak memiliki aktivitas rutin setiap hari misalnay menulis, hal tersebut juga bisa membantu anak agar memiliki daya ingat yang kuatwalaupun hal tersebut terlihat sanagt sederhana namun ternyata memang snaat efektif dilakukan. menulis bisa mmebantu alirak oksigen, sehingga sesuatu yang kita utarakan mellaui tulisan akan lebih bisa diingat nantinya.


            5. Melakukan latihan otak

Dalam hal ini yang bisa nad alakukan adalah melaukan pancingan berbagai pertanyaan agar nantinya bisa memnacing otak anak untuk bisa bergerak dna juga memunculkan berbagai ide ide baru yang nantinya bisa mmebuat hubungan saraf ke otak menjaid lancar, anda juga bisa dengan mudah melkukan latihan ini pada anak dirumah.

6. Beri asupan omega 3 pada anak

Seperti kita ketahu asupan omega 3 pada anak bisa snagt bermanfaat dalam membantu otak anak dalam lebih aktif untuk bagian area otaknya sehingga nantinya bisa lebih meningktkan perhatian dan juga memori yang dimilki oleh anak lainnya. and ajuga bisa menambah denngan berbagai pemberian supleman makanan deperti minyak ikan dna jenis makanan lain yang sudha diperkaya dnegana sam lemak omega 3 dna juga DHA

   7. Aktivitas olahraga

Apabila kita membiasakan anak untuk untuk melakukan aktivitas fisik nantinya bisa membantu dalam menjaga kstabilan otak anak, karena menurut penelitian yang sudha dilakukan juga jika anak yang seringkali emlakuakn kegiatan olahra secara teratir nnatinya bisa membantu dalam hal perbaikan otak sistem koginitif, dan bisa mmepengaruhi dari sistem saraf pusat dan juga abgian otak anak menjaid memiliki daya tangkap yang kuat.

     8. Lakukan permainan edukatif

Permainan edukatif diketahui bisa merangsang otak anak sehingga anak bis alebih terampil dan juga meningkatkan memori serta melakukan penyelesaian masalah yang bisa dilakuakn oleh anak, dnegan melakukan permainan edukatif juga bisa membantu anak dalam membantu otaknya agar bisa menjalin berbagai hubungan saraf yang baru dan cara meningkatkan fokus pada anak.

     9. Memberi batasan pada anak untuk menonton televisi

Sebaiknya sebagi orang tua anda mmebrikan batasan pada anak agar tidaks selalu menonton televisi, dna juga memberikan berbagai batasan agar anak dibatasi dlaam hal aktivitas menonton tv karena dengan membatasi akan membuat anak lebih beraktifitas menggunakan otaknya, dan akan memunculkan daya ingat yang kuat.

   10. Memberikan aneka asupan vitamin dna sayuran

Seperti kita ketahui sayuran dan juga vitamin sanagt baik untuk perkembangan otak anak, sehingga and aharus mencukupi anak dnegan meberinya asupan yang baik, dari vitamin ataupun sayuran. karen asayuran dan vitamin bisa membantu melawan berbagai radikal bebas yang nantinya bisa melindungi otak anak agar lebih bisa berkembang.

               11. Membantu anak dalam mengatasi stres

Sebagai orang tua anda harus peka dan juga paham saat anak sedang menegalami stres, karena dnegan stres malah akan membuat perkembangan otak anak terganggu, dna hal tersebut juga bisa mempengaruhi kinerja dari otak anak, untuk itu ajak anak untuk melakukan berbagai hal yang emnyennagkan sehingga ank bisa tehindar dari stress

12. Mengajak anak liburan

Liburan merupakan hal yang snabat emnyenangkan, apalagi untuk anak-anak, dengan mengatur jadwal liburan anak akan membuat otaknya lebih fresh dna akan lebih berkembang, sehingga anak bisa lebih merasa bahagia dan tidka memikirkan hal yang tidka penting dan nnatinya malah akan membuatnya berkurang konsentrasi, untk itu lakukan penjadwalan setidaknya smeinggu seklai agar anak bisa liburan dengan menyenangkan

         13. Melakukan permainan otak

Dengan melakukan bernagai permainan yang bisa mengasah otak nantinya bisa mmebuat anak mmeiliki daya ingat yang kuat, sebenarnya banyak seklai ejnis permainan otak yang bisa ibu lakukan, agar nantinya otak akan terbiasa dan juga memunculkan sel-sel agar terdegenerasi dna anak pun tidak akan mudah lupa, dan malah meningkatkan daya ingat dan perkembangan atensi anak.

Demikian penjelasan terkait cara meningkatkan daya ingat anak. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak