Sponsors Link

6 Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Kecerdasan

Sponsors Link

Pengertian dari kesehatan mental merupakan ilmu yang meliputi mengenai sistem, prinsip, peraturan – peraturan, serta prosedur – prosedur yang tujuannya untuk mempertinggi kesehatan rohani. Seseorang yang sehat mentalnya merupakan orang yang didalam jiwanya atau dalam hatinya selalu merasa tenang, aman dan tenteram. Tidak merasa panik, cemas, takut, gundah dan tertekan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi jiwa seseorang. Contoh pengaruh gizi terhadap perkembangan mental dalam Psikologi.

ads

Kesehatan mental sangat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Terutama pada kecerdasannya, mengenai pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan, pikiran, memang besar sekali. Nah, untuk mengetahui apa saja pengaruhnya, di bawah ini contoh dan penjelasannya:

1. Mudah Lupa

Seringnya apabila seseorang mengalami kondisi fisik yang capek, kurangnya istirahat menyebabkan mental menjadi drop. Hal ini mempengaruhi daya ingat tidak dapat bekerja secara maksimal, hasilnya seseorang mudah lupa. Karena itu pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan bernilai gizi agar kondisi tubuh bisa terjaga dengan prima, sehingga bisa meningkatkan kinerja otak yang berpengaruh kepada mental. Berikut perubahan mental pada remaja laki – laki di masa pubertas.

2. Sulit Berkonsentrasi

Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan berikutnya adalah sulit berkonsentrasi atau gagal fokus. Hal ini dikarenakan mental yang tidak siap menerima kondisi indera lainnya. Bisa diakibatkan karena mental penat, lelah, suntuk atau stres. Sebab itu, disarankan apabila kondisi seperti itu semakin memburuk, berkonsultasi kepada seorang psikolog atau mencoba mencari hobi dan berlibur untuk menghilangkan kondisi mental yang buruk. Namun, tidak semua orang memiliki cara yang sama. Ketahuilah faktor eksternal dalam perkembangan mental remaja.

3. Kemampuan Berpikir Menurun

Sulitnya kondisi mental yang menurun, bisa juga berdampak kepada daya pikin menurun. Sehingga ia sulit fokus juga berkonsentrasi, merasa fisiknya lelah, malas dan akibatnya mental menjadi terganggu. Seseorang akan mudah menjadi stres, depresi, tertekan, cemas, takut dan sebagainya. Kondisi akan diperparah apabila kondisi fisik tidak mendukung, hal ini diperlukan sebuah terapi khusus untuk memperbaiki fisik terlebih dahulu. Setelah fisik sehat, maka berikutnya perbaiki kondisi mentalnya. Beberapa contoh proses mental dalam Psikologi.

4. Mudah Emosi

Selanjutnya pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan yaitu mudah menjadi emosi. Karena merasa tertekan dan terpojok, maka orang dengan gangguan mental sangat rentan memiliki emosi yang buruk. Perasaannya yang tidak stabil sehingga membuat emosi naik turun, apabila kondisi ini tidak segera diperbaiki justru akan berdampak kepada penyakit fisik. Seperti kepala pusing, mudah mengantuk, malas beraktivitas, jantung berdebar dan sebagainya. Yang pasti bisa berdampak kepada penyakit dalam tubuh yang berbahaya. Ketahuilah manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial.

5. Tidak Sabar

Umumnya seseorang yang memiliki mental buruk juga bisa berdampak kepada sikap yang tidak sabaran. Segalanya dianggap harus sesuai dengan keinginannya, tidak jarang terjadi kekerasan fisik apabila ia tidak sabar mengendalikannya. Karena itu, penting untuk mengetahui apakan kondisi mental seseorang sedang sehat atau tidak. Karena memiliki teman, kerabat, keluarga dengan sikap tertekan dan emosian sulit untuk diajak berkomunikasi dengan baik. Berikut contoh manfaat pembinaan mental bagi atlet olahraga.

6. Mudah Stres 

Kemudian pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan lainnya adalah seseorang mudah terserang penyakit stres. Dikarenakan banyak faktor salah satunya kondisi psikis yang menurun, bisa dikarenakan juga karena ia sakit secara fisik. Maka bisa berdampak kepada psikologinya yang buruk, hilangnya rasa semangat, putus asa, tertekan, cemas, takut, galau dan sebagainya. Indikasi tersebut sudah mengarah kepada mental yang tidak sehat dan terganggu. Hal inilah yang perlu dilakukan pencegahan dengan cara menghibur diri, agama, berlibur, melakukan hobi dan berkonsultasi ke dokter. Beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan mental.

Demikianlah penjelasan dan contoh mengenai pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan. Semoga dapat dijadikan sebagai manfaat dalam menjaga kesehatan mental lebih sehat dan positif.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Kecerdasan Manusia