Sponsors Link

7 Contoh Terapi Modalitas Dalam Keperawatan Jiwa

Sponsors Link

Dalam ilmu psikologi istilah terapi modalitas, terapi ini merupakan terapi utama dalam dan untuk digunakan dalam proses keperawatan jiwa seseorang atau pasien. Terapi ini memiliki tujuan yaitu mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku yang adaptif.

ads

Baca juga :

Menggunakan terapi ini ada banyak ragam yang dapat dipakai, salah satunya adalah yang akan disebutkan dalam penjelasan dibawah ini. Terapi ini selain dapat digunakan secara personal dapat juga diterapkan sebagai terapis kelompok seperti anggota keluarga. Berikut contoh terapi modalitas dalam keperawatan jiwa :

1. Terapi Lingkungan

Satu contoh terapi modalitas dalam keperawatan jiwa dengan menggunakan terapi lingkungan. Sebuah terapi yang bertujuan untuk memperbaiki pola suatu lingkungan agar terjadi perubahan perilaku pada pasien dari perilaku maladaptive menjadi perilaku adaptif. Contohnya dilakukan dalam sebuah lingkungan rumah sakit atau klinik, dalam arti terapeutik. Bentuknya adalah memberi kesempatan pasien untuk berlatih dan merubah perilaku dengan memfokuskan pada nilai terapeutik dalam aktivitas dan interaksinya.

2. Terapi Keluarga

Contoh terapi lain dengan cara terapi keluarga, yaitu  terapi yang diberikan kepada seluruh anggota keluarga baik dalam motivasi, spirit dan juga sebagai unit penanganan. Tujuan terapi keluarga adalah untuk mengalami disfungsi dan memenuhi fungsi sebagai keluarga. Satu sama lain akan diminta kerjasama dan mencari solusi yang terbaik untuk kearah perbaikan.

Baca juga :

3. Terapi Biologis

Contoh terapi modalitas dalam keperawatan jiwa dengan menggunakan terapi biologis, dimana terapi ini dilakukan untuk mendalami bagaimana penyakit jiwa dapat terjadi, apakah dari faktor biokimiawi atau faktor lainnya. Jenis terapi ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti melalui pemberian obat – obatan, melalui intervensi, dan juga electro terapi.


4. Terapi Kognitif

Terapi kognitif merupakan satu strategi merubah keyakinan dan sikap yang mempengaruhi perasaan dan perilaku pasien. Proses yang dilakukan adalah membantu mempertimbangkan tingkat stress dan kemudian dilanjutkan dengan mengenali pola berfikir. Gangguan perilaku yang terjadi pada pasien akibat mengalami suatu pola keyakinan dan berfikir yang tidak akurat atau tidak sinkron.

Baca juga :

5. Terapi Kelompok

Berbeda dengan terapi kelompok dimana terapi ini menggunakan metode terapi pada pasien dengan cara berkelompok, dengan tujuan memperbaiki perilaku yang abnormal menjadi normal. Fase terapi ini disebut juga dengan terapi orientasi atau permulaan, karena pasien akan diarahkan kepada fokus interaksi, kegiatan serta aktivitas yang dilakukan dengan maksud dan tujuannya.

6. Terapi Prilaku

Selanjutnya contoh terapi modalitas dalam keperawatan jiwa yaitu terapi perilaku. Terapi ini dikenal dengan tehnik role model, yaitu tehnik mengubah perilaku dengan memberi contoh perilaku adaptif untuk ditiru oleh pasien. Tujuan terapi ini agar pasien mampu belajar untuk tidak mengulangi perilaku agar terhindar dari konsekuensi negatif yang akan diterima akibat perilaku negatif tersebut.


7. Terapi Bermain

Terapi bermain dilakukan karena dengan terapi ini anak-anak akan dapat berkomunikasi dengan baik melalui permainan dari pada dengan ekspresi verbal. Dengan tujuan membina hubungan yang hangat dengan anak, merefleksikan perasaan anak, mempercayai kalau anak dapat menyelesaikan masalahnya, dan mampu menginterpretasikan perilakunya. Umumnya anak dengan tingkat depresi, anak dengan aniesitas, atau akibat dari penganiyaan berat membutuhkan terapi ini untuk pemulihan.

Baca juga :

Demikianlah 7 contoh terapi modalitas dalam keperawatan jiwa yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam perawatan pada pasien khusus kejiwaan. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi Anda.

Sponsors Link
, , , ,