Sponsors Link

12 Jenis Makanan Pemicu Demensia

Sponsors Link

Demensia merupakan gejala yang timbul pada hampir kebanyakan pasien lanjut usia. Demensia juga bisa dikatakan sebagai sebuah sindrom yang berkaitan dengan kemampuan fungsi otak yang menjadi menurun dan juga daya ingat yang semakin berkurang. Selain itu seseorang yang mengalami demensia juga umumnya tidak dapat memahami sesuatu dengan benar, tanpa melakukan pertimbangan dan juga bisa menurunkan kecerdasan mental.

ads

Biasanya untuk usia yang rentan terkena demensia adalah pada usia 65 tahun. Kebanyakan dari penderita penyakit ini mengalami yang namanya penyakit depresi, perilaku nya pun akan sangat mempengaruhi tentunya dengan suasana hati yang berubah- rubah secara terus menerus. Sehingga pada akhirnya kesulitan untuk melakukan sosialisasi. Jenis gangguan ini juga seringkali disebut sebagai gangguan mental organic.

Seseorang yang terkena demensia memang bisa disembuhkan dengan berbagai terapi. Meski tidak bisa disembuhkan dengan cepat, namun dengan terapi yang rutin bisa Mengurangi adanya gejala yang muncul dari si pasien demensia ini. Tidak hanya terapi yang dilakukan, pola hidup sehat juga perlu dilakukan untuk bisa menurunkan gejala yang muncul.

Selain itu anda juga bisa melakukan berbagai terapi serta Mengurangi jenis makanan yang bisa semakin memicu demensia. Nah, untuk itu dalam artikel ini kami akan membahas jenis makanan pemicu demensia ketika lanjut usia maupun pada lainnya. berikut penjelasannya.

1. Aneka Daging Olahan

Untuk anda yang sedang terkena demensia atau sedang merawat pasien demensia, sebaiknya kurangi asupan daging olahan. Asupan ini bisa berupa sosis, atau jenis daging lainnya. di dalam daging olahan terdapat nitrosamine di dalamnya, dimana kandungan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada bagian organ hati, hal ini juga dikarenakan produksi lemak yang tinggi, selain itu jenis makanan yang satu ini juga bisa sangat membahayakn otak, serta dapat menghambat memori seseorang.

Baca juga :

2. Keju Olahan

Jenis makanan keju olahan juga sebaiknya dihindari untuk anda yang memiliki penyakit demensia. Keju olahan merupakan salah stau jenis sumber protein dan juga kalsiun, namun jenis keju oahan seperti keju amerika dan juga mozarela memang sangat tinggi lemak jenih dan juga bisa membuat seseorang memiliki resiko kehilangan memorinya. Bahkan biasanya pada beberapa pasien demensia memang dilarang mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini.

3. Pemanis Buatan

Untuk anda yang seringkali mengkonsumsi jenis pemanis buatan sebaiknya memang lebih berhati- hati. Karena sangat memicu dari munculnya kehilangan memori pada seseorang. Misalnya saja jenis minuman dalam botol, biasanya minuman tersebut memang emngandung pemanis buatan. Bahkan efek sampingnya sendiri bisa menimbulkan depresi sampai dengan kehilangan memori. Seseorang yang terkena demensia juga biasanya memang dilarang Mengkonsumsi gula buatan, karena akan memiliki efek.

4. Roti Tawar

Untuk anda yang seringkali Mengkonsumsi makanan roti tawar sebaiknya ejak sekarang edikit agak dikurangi. Seperti kita ketahui. Mengkonsumsi roti tawar terlalu sering juga ternyata tidaklah baik, dimana dengan mengkonsumsinya bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Dari hal ini lah yang bisa menyebabkan penyakit demensia akan muncul ketika tua nanti.


5. Bir

Selain jenis minuman ini dilarang di agama islam, bir juga merupakan salah satu jenis minuman yang dapat memicu penyakit demensia. Bahkan seseorang yang masa muda nya sering Mengkonsumsi bir secara umum bisa memicu datangnya penyakit demensia atau Alzheimer ketika tua nanti, sehingga sedari dini memang sebaiknya Mengurangi dan menghilangkan bir dari salah satu jenis makanan atau minuman yang seringkali anda konsumsi setiap harinya

6. Jenis Makanan yang Digoreng

Secara umum cara mengatasi demensia pada lansia memang bisa dilakukan dengan berbagai terapi. Salah satunya dengan Mengurangi jenis makanan yang bisa memicu penyakit demensia. Salah satunya adalah dengan Mengurangi jenis makanan yang digoreng, selain berbahaya untuk kesehatan apalagi untuk jenis makanan gorengan yang dipanaskan secara berulang bisa mengingkatkan peradangan di dalam syaraf. Sehingga meskipun anda menyukainya memang sebaiknya jenis makanan ini dibatasi dalam konsumsinya.

Baca juga :

7. Karbohidrat Berlebih

Mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat berlebih tentu saja tidak dianjurkan. Selain bisa berakibat buruk bagi kesehatan, Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan juga bisa memicu gula darah yang tinggi. Sehingga untuk penderita demensia dan juga Alzheimer memang sebaiknya Mengurangi karbohindrat yang anda konsumsi setiap harinya.

8. Makanan dengan MSG

Selain terapi aktivitas kelompok pada lansia yang bisa dijadikan terapi, Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung MSG juga sangat perlu dilakukan. Biasanya MSG sangat sering kita temui pada jenis makanan olahan keripik, bumbu makanan, makanan beku dan jenis penyedap rasa. Sayangnya Mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG berlebihan sidah dipastikan akan memicu gejala Alzheimer, dalam MSG juga dapat emnstimulasi sistem syaraf yang berlebihan, dan juga biasanya pada paisen demensia bisa mengalami hipersensitivitas pada stimulus eksternalnya.


9. Lemak Jenuh

Lemak jenuh memang sudah diketahui cukup bahaya bagi kesehatan, tidak hanya bagi penderita demensia saja, namun untuk anda anda yang tidak memiliki penyakit apapun sangat beresiko tinggi, jenis makanan ini dapat Mengurangi asupan oksigen yang ada di dalam otak, sehingg anntinya menyumbat bagian pembuluh vena dan juga arteri, sheingga pada akhirnya bisa mengakibatkan seseorang terkena resiko penyakit demensia. Untuk itu memang sebaiknya kita lebih membatasi asupan jenis makanan yang satu ini, karena selain bisa menimbulkan penyakit stroke dna jantung, resiko demensia juga bisa dikhawatirkan muncul.

10. Makanan yang Mengandung Merkuri

Untuk anda yang sudah membaca artikel ini tentu sudah paham betul jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari, nah, untuk jenis makanan lainnya yang sebaiknya and ahindari adalah makanan dengan kandungan merkuri. Dimana merkuri ini bisa merusak otak, bahkan ebberapa penelitian sudah mengungkapkan bahwa dari beberapa studi yang dilakukan, ada keterkaitan antara seseorang yang etrkena Alzheimer dengan makanan mengandung merkuri. Biasanya jenis makanan ini berupa ikan laut yang sudah tercemar logam berat. Untuk itu sebaiknya anda juga berhati- hati dalam memilih makanan.

11. Makanan dengan Kandungan Alumunium

Alumunium termasuk ke dalam metal berat yang bisa berbahaya untuk tubuh. Biasa jenis kandungan ini terdapat pada makanan seperti keju, susu formula, dan juga jenis makanan gorengan. Untuk itu sebaiknya dihindari untuk jenis makanan yang seperti ini.

12. Margarin

Iming- iming termasuk jenis makanan rendah lemak, padahal margarin juga tidak baik, khususnya untuk anda yang seringkali emngkonsumsi secara berlebihan. Bahkan ebberapa peneliti sudah menemukan hubungan diantara bahan Diacetyl dan juga penyakit demensia. Membatasi penggunaan margarin juga memang harus dilakukan, agar nantinya bisa Mengurangi resiko penyakit demensia.

Sponsors Link
, ,