Sponsors Link

6 Alasan Mengapa Kita Harus Sarapan Pagi Menurut Psikologi

Sponsors Link

Salah satu pentingnya menjaga tetap sarapan di pagi hari adalah untuk mengisi energi selama Anda berkegiatan selama 1 hari penuh. Sarapan tidak bisa diremehkan begitu saja, karena ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Memiliki kebiasaan tanpa sarapan juga bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Contoh jenis makanan yang menyebabkan Alzheimer yang perlu diketahui.

ads

Karena itulah mengapa dalam dunia kesehatan sarapan menjadi sangat disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan juga kuat. Untuk itu ketahuilah alasan mengapa kita harus sarapan pagi secara rutin:

1. Menutrisi Tubuh

Dalam beraktivitas sepanjang hari dan dalam bekerja sangat penting untuk memberikan tubuh dengan nutrisi baik di pagi hari. Karena itu pentingnya sarapan di pagi hari yang dapat membantu Anda dalam menambah energi guna menunjang aktivitas sepanjang hari.

Sesibuk apapun Anda usahakan untuk menyempatkan diri sarapan pagi. Karena dengan sarapan tubuh akan memiliki ‘energi juga nutrisi’ yang dapat meningkatkan kekuatan selama Anda beraktivitas. Contoh pengaruh diet terhadap kesehatan mental manusia.

Baca juga :

2. Mencegah Penyakit Maag

Berikutnya alasan mengapa kita harus sarapan pagi yaitu mencegah terjadinya penyakit maag. Maag merupakan penyakit lambung yang diakibatkan karena telatnya Anda mengkonsumsi atau sarapan.

Rutin sarapan pagi juga baik untuk mengatasi maag, karena maag memiliki resiko tinggi apabila meninggalkan kebiasaan sarapan pagi. Usahakan rutin untuk sarapan pagi walau hanya dengan segelas susu dan roti.

3. Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Saat kondisi Anda tidur,  tubuh tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga di pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Makanan yang berkarbohidrat baik dikonsumsi di pagi hari karena sebagai sumber energi untuk beraktivitas, namun jika sarapan terlewatkan maka tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut dengan glycogen.

Apabila kekurangan zat tersebut akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang dan akhirnya bisa berdampak pada timbulnya berbagai penyakit seperti keluhan di lambung juga maag. Contoh jenis makanan pemicu Demensia.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Alasan mengapa kita harus sarapan pagi yaitu mampu meningkatkan kinerja otak. Sarapan dapat memperbaiki kadar gula yang menurun selama semalaman Anda tidur. Otak membutuhkan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik dan fokus.

Sarapan merupakan bahan asupan bagi otak untuk permulaan kegiatan Anda bisa berjalan baik. Penelitian telah menunjukan hasil positif dengan sarapan dapat membantu daya konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir lebih optimal.

Baca juga :

5. Kesehatan Jangka Panjang

Manfaat sarapan pagi lainnya yaitu dalam jangka panjang merupakan salah satu faktor yang paling penting agar tubuh tetap sehat sampai tua. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes memiliki korelasi yang sangat kuat dengan sarapan pagi.

Dengan sarapan pagi dapat mengurangi berbagai penyakit dan tidak menyerang dalam waktu jangka panjang. Berikut pengaruh makanan terhadap mental dalam Psikologi.

6. Menjaga Mood

Dari beberapa penelitian mengenai sarapan pagi terungkap ada perbedaan diantaranya. Yaitu kebiasaan orang yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki perbedaan pada mood.

Orang yang rutin sarapan umumnya memiliki mood yang lebih baik ketimbang orang yang tidak sarapan sebelumnya. Hal inilah yang utama selama Anda melakukan aktivitas agar suasana pekerjaan berjalan sukses.

Nah, sekian mengenai contoh dan penjelasan alasan mengapa kita harus sarapan pagi secara rutin. Semoga menjadikan satu kegiatan harian Anda setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga.

Sponsors Link
, , ,